Sukses

Lifestyle

9 Ide Bisnis untuk Para Ibu Rumah Tangga

Fimela.com, Jakarta Ibu rumah tangga biasanya sangat mengetahui bagaimana mengelola keuangan di dalam rumah tangganya dan terbiasa menjadi seseorang yang terorganisir dalam mengerjakan sesuatu. Sekarang, mencari pendapatan tidak harus berasal dari bekerja 9-5 di kantor, tetapi pendapatan juga bisa datang dari tempat lain. Salah satu pertimbangan besar para ibu rumah tangga ketika ingin menambah pendapatan adalah pekerjaan rumah yang tidak bisa ditinggal.

Tidak perlu khawatir, terdapat beribu cara yang dapat dilakukan untuk mencari penghasilan lebih dari rumah. Pada era digital, Sahabat Fimela dapat mempromosikan bisnis yang sedang dirintis. Kini, hampir tidak ada halangan untuk siapapun, bahkan perempuan untuk membuat sebuah bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan mereka. Dilansir dari Business Standard, berikut adalah 9 ide bisnis yang dapat menjadi inspirasi para ibu rumah tangga.

Membuat paket hadiah

Jika Sahabat Fimela memiliki kemampuan-kemampuan kreatif dan gemar merakit hadiah sebagai buah tangan, bisnis ini cocok sekali untuk dilakukan. Sekarang banyak sekali kesempatan untuk seseorang memberikan hadiah kepada orang lain, sehingga banyak kesempatan yang dapat diambil sebagai peluang bisnis. Sahabat Fimela dapat membuat kado berupa buket yang berisi berbagai macam hal atau kado yang dikemas dengan balon atau berbagai hal kreatif lainnya.

Membuat lauk-pauk

Bagi Sahabat Fimela yang gemar memasak, ide bisnis ini mungkin cocok untuk dilakukan. Sahabat Fimela dapat menjual lauk yang dimasak untuk keluarga sendiri, sehingga tidak perlu bekerja dua kali. Sahabat Fimela dapat membuatnya dalam porsi yang agak lebih banyak untuk dijual. Biasanya, ibu rumah tangga lain tertarik untuk membelinya karena sudah yakin dengan rasa yang ditawarkan. Bisa saja nanti ada permintaan untuk katering atau permintaan pesanan untuk sebuah acara.

Membuat lilin

Banyak sekali tipe lilin yang bisa dijadikan hadiah di berbagai kesempatan, seperti untuk ulang tahun atau acara sosial. Jika Sahabat Fimela kreatif dan membutuhkan bisnis yang dapat menyalurkan kemampuan kreatif, membuat lilin dapat menjadi pilihan bisnis yang baik. Tidak memerlukan dana yang besar untuk memulai, tetapi cukup banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Menerbitkan e-book

Menerbitkan buku elektronik merupakan cara yang bisa diambil untuk menambah penghasilan sebagai ibu rumah tangga. Proses penerbitan buku elektronik tidak sesulit dan serumit penerbitan buku cetak. Sahabat Fimela dapat menerbitkan buku melalui Kindle atau tempat lain. Sahabat Fimela tidak memerlukan modal apapun dan keuntungan diraih sesuai dengan apa yang dikerjakan.

Membuat paper bag

Salah satu ide bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuat kantong kertas. Permintaan pasar terhadap barang tersebut sangatlah tinggi mengingat kebijakan menjaga lingkungan yang semakin digencarkan beberapa waktu ke belakang. Paper bag adalah sebuah barang yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali. Kantong tersebut biasa digunakan untuk membawa atau membungkus barang dari toko.

Salon atau bisnis di dunia kecantikan

Sahabat Fimela yang memiliki keterampilan di dunia kecantikan dapat mempertimbangkan untuk memulai membuka salon atau jasa lainnya yang menawarkan potong rambut hingga riasan. Pada dasarnya, bisnis tersebut membutuhkan sertifikasi, tetapi Sahabat Fimela dapat mencoba berlatih melalui video-video yang tersebar di internet. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat membuka kelas untuk mengajarkan orang lain keterampilan yang sudah dimiliki.

Kelas memasak

Jika Sahabat Fimela suka memasak, tetapi enggan untuk menjual hasil masakannya, mungkin kelas memasak dapat menjadi ide bisnis yang baik. Sahabat Fimela dapat memulai bisnis ini baik secara online maupun offline. Sahabat Fimela dapat membagikan keterampilan memasak yang dimiliki dengan orang lain serta mendapatkan keuntungan darinya. 

Instruktur tari

Perempuan biasanya memiliki kemampuan menari yang baik, sehingga cocok untuk menjadi instruktur atau pelatih tari. Sahabat Fimela dapat membuka kelas tari dan mengajarkan orang lain tanpa membutuhkan modal yang besar atau waktu yang banyak. Bisnis ini cukup menguntungkan karena semakin banyak orang yang ingin mendalami tari dan menjadikan tari sebagai profesi.

Merancang busana

Perempuan senang sekali untuk membeli pakaian, terutama pakaian-pakaian dari merek ternama. Jika Sahabat Fimela pandai dalam merancang sesuatu, mungkin perancang busana menjadi opsi yang menarik. Sahabat Fimela dapat mencoba membuka bisnis rancangan busana sendiri dan menawarkan berbagai pakaian dengan harga terjangkau. Salah satu ide yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah merancang busana yang digemari oleh masyarakat.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading