Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang yang Mudah Disukai Tapi Kurang Dihargai

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa menjadi orang yang mudah bergaul dan membaur, tampak punya banyak teman dan disukai banyak orang, namun ternyata tidak merasa dihargai? Banyak orang merasa seperti ini ketika bersosialisasi dengan banyak orang di luar sana. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, dan terkadang sikap dari dalam diri sendiri menjadi alasan dirimu mudah disukai tapi tidak merasa dihargai. Berikut adalah tanda-tanda jika orang mudah disukai tapi tidak dihargai.

1. Terlalu Baik dan Penurut

Orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain dan menjadi menurut pada permintaan orang lain biasanya merasa bahwa dirinya kurang dihargai lingkungan sosial di sekitarnya. Bersikap baik itu harus, tapi tegas juga perlu sehingga kamu tidak selalu jadi penurut tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan batasan diri sendiri. Lama-kelamaan kamu akan diinjak dan dimanfaatkan saja oleh orang lain karena dianggap lemah.

2. Terlalu Pemaaf

Kamu mungkin lebih pilih memaafkan ketimbang memperpanjang urusan. Ini sikap yang baik, tapi perlu ada batasan, karena terlalu pemaaf dan permisif akan membuat orang lain menggampangkan perilaku buruknya padamu. Saat melakukan kesalahan, mereka akan berpikir, "ah nanti juga dimaafkan" sehingga mereka tak ragu menyakitimu. Istilah "terlalu baik" itu memang ada, dan sebaiknya kamu tidak menjadi salah satunya. Karena pada akhirnya kamu hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

3. Kurang Menghargai Diri Sendiri

Orang yang tidak menghargai dirinya sendiri akan secara alami tidak dihargai orang lain. Hal ini dapat dilihat dari sikap orang yang mudah meremehkan, memanipulasi atau mengintimidasimu. Kamu membiarkan orang lain bersikap buruk padamu sehingga orang lain akan take it for granted atas kebaikanmu, alias menganggap sudah seharusnya kamu melakukan itu tanpa perlu diapresiasi. Jadi sebaiknya bersikap tegaslah, dan bersikap baik secukupnya saja.

4. Banyak Bicara dan Kurang Mendengarkan

Orang lain mungkin menyukaimu karena kepribadianmu yang ramah, mudah bergaul, punya banyak cerita dan suka berbicara. Tapi terlalu egois dan mementingkan diri sendiri sehingga tak mau mendengarkan orang lain bicara juga tak baik.Ketika kamu selalu ingin mendominasi percakapan, awalnya memang akan disukai karena kemampuanmu mengisi kekosongan dan mencairkan suasana, tapi lama-lama orang akan kesal, tidak nyaman dan merasa diabaikan.

5. Mudah mengingkari janji

Mungkin kamu orang yang ramah, murah senyum, enak diajak ngobrol dan selalu punya hal menyenangkan untuk dibahas, tapi ternyata kamu tukang ingkar janji setiap ada ketemuan atau persetujuan melakukan sesuatu. Kamu kabur dari tanggung jawab kemudian muncul lagi saat urusannya sudah selesai. Kamu mungkin akan minta maaf, tapi kepercayaan orang lain terhadapmu sudah tak sama lagi. Kamu mungkin masih akan disukai di momen tertentu, tapi bukan jadi orang yang bisa dipercaya lagi.

6. Memberikan Pujian yang Berlebihan

Memberikan pujian yang berlebihan kepada orang lain tanpa alasan yang jelas, bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman dan curiga bahwa kamu memiliki maksud tersembunyi. Padahal kamu sudah melakukan yang terbaik tapi nyatanya kamu tak pernah cukup di mata orang lain. Sebaiknya jadilah orang yang apa adanya, jujur dan tanpa kepalsuan sehingga orang lain bisa menghargaimu. Jika memang ada hal yang perlu dipuji, pujilah dengan tulus.

7. Haus Perhatian Orang Lain

Kamu bisa jadi sangat disukai banyak orang karena keceriaanmu, tapi selalu haus cari perhatian. Orang yang selalu mencari validasi, pengakuan dan persetujuan orang lain seringkali menyebalkan karena ia ingin selalu dilihat dan dipedulikan. Tidak semua orang punya waktu untuk mengurusmu, jadi urus sendiri hidupmu. Bahagiakan dirimu dan penuhi kebutuhanmu agar tak bergantung pada pengakuan orang lain. Tunjukkan kepercayaan diri sehingga orang bisa menghargaimu.

Itu dia sekian tanda bahwa kamu orang yang mudah disukai tapi tidak dihargai banyak orang. Cek apakah kamu memiliki tanda-tanda di atas, perbaiki diri sehingga kamu tak hanya sekadar baik tapi bisa dihargai orang lain.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading