Sukses

Lifestyle

Menarik, 8 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga yang bisa Menghasilkan Tambahan Cuan

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang ibu rumah tangga yang berfokus pada tumbuh kembang anak di rumah, kamu tetap memiliki kesempatan untuk mengasah keterampilan dan meraih penghasilan tambahan melalui berbagai ide bisnis menarik.

Memulai bisnis rumahan bukan hanya menambah pemasukan keluarga, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menabung demi masa depan anak-anak. Hal ini bisa menjadi langkah untuk menciptakan finansial merdeka tanpa harus mengorbankan waktu berharga bersama buah hati.

Jika Sahabat Fimela merasa bingung untuk memulai bisnis apa, ada banyak opsi yang bisa dipertimbangkan. Kamu bisa melihatnya dari keahlian yang dimiliki, olah keterampilan tersebut menjadi sumber cuan. Berikut adalah delapan ide bisnis yang berpotensi menghasilkan pendapatan jangka panjang, dilansir dari Parenting Firstcry. Disimak sampai habis ya!

1. Layanan katering

Memasak telah menjadi hal yang melekat pada diri seorang ibu. Rasa yang dihasilkan oleh masakan ibu dijamin tidak pernah gagal. Nah, Sahabat Fimela bisa mencoba membuka bisnis catering. Kamu bisa menawarkan kepada tetangga, keluarga, atau kerabat ibu-ibu di sekolah. Mintalah kepada mereka kritik dan saran untuk terus mengembangkan bisnis. Buatlah menu katering yang unik dan enak. 

2. Pembuatan Kue

Apakah Sahabat Fimela hobi membuat kue dan mendekorasinya. Kamu bisa menjadikannya ide bisnis. Seperti yang kamu ketahui, bahwa kue menjadi bagian yang cukup penting dalam setiap perayaan. Sahabat Fimela bisa mencoba memasarkannya melalui online. Kue ulang tahun, kue kering, kue mangkuk, atau macaroon bisa menjadi ide untuk menu jualan, menarik bukan? Jangan lupa untuk membuat konten menarik agar banyak pembeli yang datang.

3. Pembuatan Candle (Lilin)

Candle atau lilin ini biasa digunakan untuk untuk ulang tahun, acara pindah rumah, acara sosial, dan kumpul-kumpul. Bisnis penjualan candle ini cocok bagi perempuan yang artistik dan imajinatif. Lilin hias juga digunakan untuk menghiasi ruang rumah dan kantor, sehingga bisnis ini bersifat jangka panjang karena ketika habis orang akan membelinya kembali. Kamu bisa mendapatkan ide kreatif membuat berbagai jenis lilin dari internet. Bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat lilin juga mudah  didapatkan. 

4. Seni dan Kerajinan Tangan

Bagi ibu rumah tangga, bakat seni dan kerajinan tangan  menjadi aset yang berharga. Tidak hanya sekadar hobi, keterampilan ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, lho! Sahabat Fimela bisa mengasah keahlian seperti melukis, menganyam tali temali, atau membuat kerajinan lainnya, ibu rumah tangga dapat menciptakan produk-produk unik yang memiliki nilai estetika dan fungsional. Barang-barang tersebut bisa dijual secara online atau melalui pasar lokal, memberikan kesempatan untuk meraih penghasilan tambahan. Yuk, mulai cari ide unik untuk dijadikan peluang cuan. 

5. Bimbingan Belajar

Terkadang, belajar tambahan diperlukan oleh siswa. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki pengatahuan dan kemampuan yang ahli dalam beberapa mata pelajaran bisa mencoba membuat kelas bimbingan. Sahabat Fimela bisa membuat penawaran bimbingan online maupun privat di rumah. Kamu juga bisa membuat video pembelajaran yang diupload ke YouTube, menarik bukan? 

6. Pemasaran Affiliate

Seperti yang Sahabat Fimela ketahui, bahwa saat ini media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar. Hal ini bisa dimanfaatkan lho, kamu bisa mengikuti program afiliasi. Tidak perlu menyiapkan toko atau memproduksi barang. Kamu hanya memerlukan  koneksi internet dan akun media sosial yang aktif untuk memasarkan produk orang lain. Jangan meremehkan ya, penghasilan ini cukup besar jika kamu berhasil membuat branding baik di media sosial. Bahkan jika kamu sudah memiliki banyak pengikut, banyak merek yang akan mengajukan kerjasama.  Ambil ponsel dan cobalah membuat konten pemasaran. 

7. Salon Kecantikan

Bagi Sahabat Fimela yang memiliki keahlian dalam bidang kecantikan, ide bisnis ini bisa dicoba. Namun, bisnis ini memerlukan rencana bisnis yang pasti, pelatihan khusus sebagai ahli kecantikan, dan modal yang besar. Kamu bisa saja bisa saja membuat salon kecil-kecilan di rumah. Jika modal membuka ruko khusus sudah tercapai, kamu bisa langsung mengembang bisnis tersebut. 

8. Membuka Penitipan Anak

Tempat penitipan anak untuk balita atau anak prasekolah bisa menjadi ide bisnis investasi rendah yang layak untuk ibu rumah tangga. Apalagi bagi Sahabat Fimela yang menyukai anak. Kebanyakan pasangan saat ini sedang bekerja. Mereka membutuhkan seseorang untuk menjaga anak mereka saat mereka sedang bekerja. Kamu dapat mengenakan biaya per jam atau menawarkan paket bulanan.

Itulan delapan ide bisnis yang bisa dicoba untuk Ibu rumah tangga. Kamu bisa memaksimalkan dengan melakukan pemasaran online. Selamat memilih ide bisnis yang akan kamu coba.

Penulis: Naela Marcelina

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading