Sukses

Lifestyle

4 Tipe MBTI yang Langka tapi Unik dan Berkarisma di Lingkungan

Fimela.com, Jakarta Tipe MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah sebuah alat psikologi yang digunakan untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang. MBTI mengklasifikasikan kepribadian menjadi 16 tipe berbeda yang didasarkan pada empat dimensi utama. Dimensi dari MBTI ini adalah ekstrovert (E) atau introvert (I), intuitif (N) atau rasional (S), berpikir (T) atau merasa (F), dan pengaturan (J) atau perseptif (P).

Meskipun setiap tipe memiliki perwakilan di masyarakat, ada beberapa tipe MBTI yang cenderung lebih langka daripada yang lain. Penting untuk diingat bahwa setiap individu unik dan beragam dalam kepribadian. Tipe MBTI hanya memberikan gambaran umum tentang preferensi dan kecenderungan seseorang. Bisa jadi masih ada individu dengan tipe MBTI yang langka lainnya yang belum disebutkan di sini.

Dalam mengenali kepribadian kita sendiri dan orang lain, baik yang umum maupun yang langka dalam MBTI, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki keunikan dan potensi yang tak ternilai. MBTI hanya merupakan alat bantu yang dapat membantu kita memahami dan menghargai perbedaan dalam cara individu berinteraksi dengan dunia ini. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa tipe MBTI yang langka dan apa yang membuat kepribadian ini unik:

Tipe MBTI yang Langka

1. INFJ (Introvert, Intuitive, Feeling, Judging)

Tipe MBTI ini sering dianggap sebagai salah satu tipe yang langka. Akronim INFJ merujuk pada kecenderungan individu yang memiliki orientasi introvert, lebih intuitif dalam memproses informasi, cenderung merasa dalam mengambil keputusan, dan suka dalam mengatur dan merencanakan kehidupan mereka. INFJ dikenal sebagai pembela yang penuh perhatian, visioner, dan memiliki empati yang dalam. Mereka sering menjadi motivator dan penginspirasi bagi orang di sekitar mereka.

2. INTJ (Introvert, Intuitive, Thinking, Judging)

INTJ adalah tipe MBTI yang juga dianggap sebagai salah satu tipe langka. Yang membedakan mereka adalah kecenderungan mereka untuk berpikir dan berorientasi pada perencanaan. Mereka cenderung serius, analitis, rasional, dan cenderung memiliki pandangan jauh ke depan. INTJ sering menjadi pemimpin yang strategis, inovatif, dan gigih dalam mencapai tujuan mereka.

Tipe MBTI yang Langka

3. ENTJ (Ekstrovert, Intuitive, Thinking, Judging)

ENTJ adalah tipe MBTI yang lebih jarang ditemukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi ekstrovert, intuitif, terfokus pada pemikiran rasional, dan konsisten dalam membuat keputusan. ENTJ cenderung menjadi pemimpin yang tangguh, tegas, dan proaktif. Mereka memiliki kecenderungan yang kuat dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengkoordinasikan.

4. ENFJ (Ekstrovert, Intuitive, Feeling, Judging)

ENFJ adalah tipe MBTI yang juga dianggap langka. Karakteristik mereka meliputi ekstrovert, intuitif, cenderung merasa dalam pengambilan keputusan, dan suka mengatur dan merencanakan kehidupan mereka. ENFJ adalah sosialis yang ada di antara orang lain, peduli, dan mampu memahami perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka sering menjadi pemimpin yang karismatik dan membawa semangat positif kepada orang-orang di sekitar mereka.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading