Sukses

Lifestyle

Ingin Membeli Rumah? Ini 10 Tips Investasi untuk Karyawan agar Dapat Mewujudkannya

Fimela.com, Jakarta Memiliki rumah adalah impian bagi banyak orang, termasuk Sahabat Fimela yang sedang membaca tulisan ini. Namun, hal ini membutuhkan usaha yang cukup keras. Seperti yang kita tahu bahwa harga rumah makin melambung tinggi. 

Bagi karyawan, mengandalkan gaji perbulan saja tidak cukup. Perlu melakukan beberapa taktik seperti menabung dan berinvestasi. Apalagi saat ini teknologi semakin pesat, kamu bisa mengandalkan teknologi dengan mencari ilmu pengetahuan dan kesempatan untuk menambah cuan. 

Investasi menjadi salah satu cara untuk bisa membeli rumah. Berikut beberapa tips Investasi untuk para karyawan yang ingin membeli rumah, dilansir dari Investopedia dan Groww. Simak sampai habis dan jangan lupa untuk diterapkan. 

Tips Investasi untuk Karyawan agar Dapat Membeli Rumah

1. Nilai situasi keuangan 

Sahabat Fimela bisa mencari tahu kondisi finansial yang tengah melanda. Tentukan apakah ada kesalahan langkah finansial, kebiasaan, atau keadaan yang perlu diatasi. Ini mungkin termasuk mengejar keterlambatan pembayaran, memperbaiki laporan kredit, atau membayar sejumlah utang untuk memperbaiki situasi keuangan.  Hal ini juga akan mengevaluasi pendapatan, pengeluaran, dan utang untuk menentukan berapa banyak rumah yang mampu Sahabat Fimela beli dan berapa biaya uang muka dan biaya penutupan yang terkait dengan rumah dalam kisaran harga tersebut.

2. Tetapkan tujuan penghematan yang jelas

Selanjutnya, Sahabat Fimela bisa melakukan cara untuk menentukan jumlah maksimum utang yang harus dimiliki suatu rumah tangga. Gunakan panduan seperti aturan 28/36, yang menyarankan untuk tidak menghabiskan lebih dari 28% dari pendapatan kotor bulanan untuk biaya perumahan dan tidak lebih dari 36% untuk pembayaran total utang, termasuk hipotek dan utang lainnya.

3. Buat anggaran bulanan 

Buat anggaran bulanan yang rinci untuk mengelola pengeluaran dan memastikan dapat menabung secara konsisten. Mulailah dengan mencatat semua sumber pendapatan dan mengidentifikasi semua pengeluaran, baik yang tetap maupun variabel. Prioritaskan pengeluaran yang penting, seperti kebutuhan pokok, tagihan bulanan, dan cicilan utang. Selanjutnya, cari cara untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seperti makan di luar, hiburan berlebih, atau langganan yang jarang digunakan.

4. Manajemen utang 

Menurut laporan, lebih dari separuh generasi milenial memiliki utang jangka panjang, terutama mereka yang baru memulai karier. Jenis utang yang umum meliputi pinjaman rumah, pinjaman mobil, pinjaman pribadi, dan pinjaman mahasiswa. Sayangnya, seringkali kita memiliki utang yang melampaui kemampuan finansial, yang mungkin disebabkan oleh keinginan untuk mempertahankan gaya hidup tertentu. Oleh karena itu, Sahabat Fimela perlu lebih berhati-hati dalam mengelola utang mereka. Ubahlah gaya hidup menjadi lebih sederhana sesuai kemampuan untuk menggapai rumah impian. 

Gapai Rumah Impian dengan Bijak Berinvestasi

5. Masukkan uang ke deposit tetap 

Deposito adalah produk keuangan yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan non-bank yang memberikan investor tingkat bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan pada umumnya hingga tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Menginvestasikan uang ke dalam deposito tetap merupakan langkah bijak karena menawarkan imbal hasil yang lebih baik dengan risiko yang lebih rendah, membantu menumbuhkan tabungan secara aman dan terencana.

6. Pelajari dan pilih investasi yang sesuai 

Sahabat Fimela bisa mempelajari berbagai pilihan investasi yang tersedia dan memilih yang sesuai dengan tujuan keuangan serta tingkat kenyamanan risiko.  Berinvestasi bukanlah tugas yang mudah, tetapi pengetahuan yang baik tentang berbagai instrumen investasi dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas. SahabaT Fimela dapat memulai dengan mempelajari dasar-dasar investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan properti. Setelah memahami karakteristik masing-masing jenis investasi, kamu dapat mengevaluasi mana yang cocok dengan profil risiko dan tujuan keuangan. Hal-hal yang harus diperhatikan saat berinvestasi: 

  • Toleransi resiko
  • Biaya dan pajak
  • Lakukan analisis perusahaan yang akan diivestasi
  • Jangan mengejar tip menarik

7. Berinvestasi di reksa dana

Reksa dana mengumpulkan dana dari berbagai investor untuk membeli portofolio sekuritas yang beragam. Diversifikasi ini membantu mengurangi risiko, dan dengan adanya manajer dana yang ahli, uang Sahabat Fimela akan dikelola oleh profesional yang berpengalaman. Tidak ada batasan besar untuk memulai, dan Sahabat Fimela bisa mulai berinvestasi bahkan dengan jumlah kecil. Seiring berjalannya waktu, kekuatan bunga majemuk dapat membantu investasi reksa dana tumbuh menjadi jumlah yang signifikan. 

Jangan Khilaf dan Pantau Rencana Tabungan

8. Tingkatkan penghasilan 

Tingkatkan pendapatan untuk mempercepat kemajuan tabungan. Beberapa ide untuk meningkatkan penghasilan antara lain:

  • Mencari promosi di pekerjaan
  • Mengubah pekerjaan untuk posisi bergaji lebih tinggi
  • Lakukan pekerjaan sampingan
  • Mulailah bisnis kecil-kecilan Jual barang-barang di sekitar rumah untuk mendapatkan uang tambahan

9. Menghemat rejeki nomplok dan penghasilan tambahan 

Mendapat rejeki yang cukup banyak pastinya akan membuat Sahabat Fimela khilaf sewaktu-waktu. Kamu bisa menyimpang uang yan tidak terduga tersebut pengembalian pajak, bonus liburan, penyelesaian hukum, atau warisan, untuk meningkatkan tabungan Anda untuk membeli rumah. erbarui rencana keuangan setiap kali menerima rezeki tambahan untuk memastikan bahwa Sahabat Fimela tetap berada pada jalur untuk mencapai tujuan.

10. Pantau dan sesuaikan rencana tabungan 

Saat Sahabat Fimela menabung untuk rumah, kamu harus secara teratur meninjau kembali rencana pengeluaran dan kemajuan dalam mencapai tujuan. Jika keluar jalur, Sahabat Fimela dapat melakukan lebih banyak penyesuaian. Setiap kali Sahabat Fimela mencapai suatu pencapaian, kamu dapat merayakannya dengan memperbarui pelacak tabungan, misalnya termometer utang atau diagram lingkaran yang dapat dicetak.

Itulah 9 tips untuk karyawan dalam berinvestasi agar bisa membeli rumah. Jangan ditunda-tunda ya, Sahabat Fimela. Terapkan mulai dari sekarang dan gapailah rumah impianmu. 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading