Sukses

Lifestyle

Rekomendasi Itinerary Liburan di New Zealand yang Ramah Anak dan Cocok untuk Orangtua Selama 9 Hari

Fimela.com, Jakarta New Zealand atau Selandia Baru memiliki keindahan lanskap yang wajib dijelajahi setidaknya sekali seumur hidup. Menjelajahi negeri ini bersama keluarga akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan, terutama karena kota-kotanya sangat ramah untuk anak-anak dan orangtua. 

Bagi Sahabat Fimela yang bingung ingin memulainya dari mana. Ini beberapa tempat wisata keluarga terbaik di New Zealand dalam itinerary road trip 9 hari yang membawa Anda dari kota yang semarak, Auckland, ke perbukitan indah di Waikato hingga rumah para Hobbit di Middle‐earth. 

Yuk simak artikel ini sampai habis, dan mulailah menabung untuk berlibur ke New Zealand. Selamat membaca. 

Hari Pertama, Auckland

Auckland merupakan kota terbesar di Selandia baru yang menawarkan banyak hal. Sahabat Fimela bisa mengunjungi pelabuhan Virraduct, merupakan lokasi di tepi laut yang menyenangkan, banyak restoran yang berkembang pesat di mana keluarga dapat menikmati makan siang dengan pemandangan laut. Selanjutnya, SEA LIFE Kelly Tarlton’s Aquarium yang  memiliki tempat perlindungan kuda laut hingga Terowongan Hiu terkenal. Akuarium ini menampung ribuan biota laut dari ratusan spesies. Anak-anak dapat menjelajahi dunia bawah air yang unik dan bermain di Tidal Touch Pools.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Tur Kuliner: Auckland dikenal karena sifat kosmopolitannya dan beragam pilihan makanan yang mencerminkan hal tersebut. Bagi mereka yang antusias dengan bahan-bahan segar dan musiman, Auckland menawarkan pengalaman gastronomi yang luar biasa – ikuti tur dengan The Big Foody dan kenali kuliner Auckland.
  • Akarana Eatery: Terletak di Okahu Bay, restoran ramah keluarga ini cocok bagi anak-anak segala usia. Ketika para orangtua menikmati hidangan lezat seperti tiram segar dan waffle parfait hati ayam, anak-anak dapat bermain di halaman depan dan memilih berbagai makanan seperti fish and chips, pizza margherita, es krim, dan donat mini Nutella.

Rekomendasi Tempat Menginap

Hotel Britomart, menawarkan kenyamanan maksimal. Lokasinya yang strategis memudahkan Sahabat Fimela dan keluarga menjelajahi pusat perbelanjaan premium dan restoran terbaik di Auckland. Kamar-kamar yang terhubung dan desain yang baik, Hotel Britomart menjadi tempat ideal bagi keluarga kecil yang mencari tempat istirahat tenang dari hiruk-pikuk kota.

 

Hari Kedua, Hamilton-Waikato

Sahabat Fimela bisa menjelajahi wisata menarik dengan kereta Northern Explorer. hari. Pengalaman Great Journeys Scenic Plus telah dibuka pada Mei 2024 dengan gerbong open-air yang eksklusif dan pengalaman makan malam mewah. Selain itu, kamu juga bisa mengendarai campervan saat menjelajahi Hamilton-Waikato. 

Story of Gardens di salah satu destinasi paling populer di wilayah ini. Telusuri koleksi fantasi untuk masuk ke dalam pemandangan imajinatif atau jelajahi pemandangan indah untuk melihat tata letak taman yang unik. Hamilton Gardens mendapatkan penghargaan membanggakan di Travelers’ Choice Best of the Best Awards dari TripAdvisor dan menempati posisi teratas di 1% dari delapan juta daftar di seluruh dunia.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Rüdi’s Bakehouse: Toko roti pop-up terkenal dari Whangamatā kini membuka toko permanen di Riverbank Lane. Jika Sahabat Fimela menyukai roti buatan tangan, kamu pasti akan menyukai tempat ini!
  • Hayes Common: Terletak di pusat kuliner Victoria Street yang ramai, restoran ini menawarkan hidangan lezat dengan sentuhan unik.

Rekomendasi Tempat Menginap

  • Cambridge TOP 10 Holiday Park (Pilihan Campervan): Tempat yang cocok untuk menginap di Hamilton-Waikato. Tempat ini menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk Sahabat Fimela dan keluarga. Dengan adanya taman bermain anak hingga ruang rekreasi untuk bersantai, Cambridge TOP 10 Holiday Park adalah tempat yang tepat untuk beristirahat bersama keluarga.
  • Distinction Hamilton Hotel: Jika Sahabat Fimela membutuhkan ruangan tipe suite yang luas untuk mengakomodasi seluruh keluarga, Distinction Hamilton Hotel dapat menjadi pilihan Anda. Hotel ini menawarkan total 147 kamar dan suite yang nyaman dan ber-AC, serta banyak diantaranya baru direnovasi.

Hari Ketiga, Hamilton-Waikato

Masih dalam kota yang sama, kamu bisa tur sehari ke Hobbiton™ Movie Set Tours. Anda akan terpesona dengan lubang hobbit yang direkonstruksi secara detail dan pengaturan ikonik yang membuatnya terlihat hidup. Untuk pertama kalinya, Anda dan keluarga dapat menjelajahi lebih jauh dan masuk ke dalam Bagshot Row™ untuk menemukan bagian dalam Hobbit Hole™ yang otentik.

Selanjutnya, Sahabat Fimela bisa menjelajahi Made. kawasan kuliner baru yang menyenangkan di Hamilton, terinspirasi oleh Riverside Market di Christchurch. Made menghadirkan berbagai penjual lokal, produsen, dan pengrajin. Ini adalah tujuan tepat bagi Anda yang mencari berbagai pilihan kuliner menarik.

Hari Keempat, Hamilton-Waikato

Hamilton-Waikato memang banyak memiliki tempat indah, salah satunya Gua Glowworm Waitomo. Sahabat Fimela akan merasakan perjalanan dengan perahu melewati langit-langit di bawah gua dengan ribuan cacing bercahaya yang berkelap-kelip, menciptakan pengalaman ajaib yang tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk terpesona oleh keajaiban alam yang tersembunyi di bawah tanah Waitomo.

Setelah itu, kamu bisa mengunjungi Cornerstone Alpacas untuk bertemu langsung dengan kawanan alpaka yang ramah. Jika berkunjung di musim semi, Anda sekeluarga bahkan bisa bertemu dengan bayi alpaka!

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

Selain dua tempat yang telah disebutkan diatas, Hamilton-Waikato masih memiliki tempat makan yang recomended.

  • Banh Mi Caphe:  Sebuah restoran Vietnam di Victoria Street yang menawarkan berbagai street food klasik Vietnam, hidangan mi, dan salad.
  • Madam Woo: Terkenal dengan hidangan yang terinspirasi dari masakan Asia dan pengalaman makan yang menyenangkan, Madam Woo adalah restoran dengan dua lokasi di Selandia Baru – Queenstown dan Hamilton.

Hari Kelima, Rotorua

Sahabat Fimela bisa berkendara Hamilton-Waikato ke Rotorua di mana Sahabat Fimela akan menghabiskan 2 hari yang menyenangkan. Perjalanan yang indah ini mencakup jarak 105 kilometer dalam waktu sekitar 1 jam 21 menit.  Saat kesini, kamu wajib mengunjungi Te Puia, keajaiban  geothermal di Selandia Baru. Di sini, keluarga Sahabat Fimela akan menemukan pemandangan yang memukau dengan geyser yang dramatis, kolam lumpur yang mendidih, dan keahlian para pengukir dan penenun tradisional Māori di sekolah nasional Selandia Baru.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Artisan Cafe: Salah satu tempat brunch terbaik di Rotorua, Artisan Cafe menawarkan menu yang penuh dengan makanan sehat dan lezat. Komitmen mereka terhadap kesegaran terlihat dari penggunaan bahan-bahan yang dihasilkan secara lokal dan regional, menyajikan menu yang dapat berubah sesuai dengan musim.
  • Patrick's Boutique Bakery: Saat mencoba makanan khas Kiwi, pai daging dan keju atau steak dan keju adalah yang wajib dicoba! Patrick adalah pembuat pai yang paling banyak mendapat penghargaan di Selandia Baru dengan memenangkan tujuh kali penghargaan Bakels Supreme Pie Awards. 

Rekomendasi Tempat Menginap 

  • Holdens Bay Holiday Park (Pilihan Campervan): Dapat ditempuh dalam 10 menit berkendara dari pusat kota dan memiliki berbagai fasilitas umum seperti kolam renang outdoor, trampolin, dan taman bermain petualangan yang menyenangkan untuk anak-anak dan Anda dapat bersantai sepanjang hari.
  • Ramada Resort by Wyndham Rotorua Marama: Apartemen luas dan nyaman berkapasitas hingga enam orang, Ramada Resort by Wyndham Rotorua Marama menyediakan tempat menginap yang nyaman untuk keluarga Anda

Hari Keenam, Rotorua

Masih di Rotorua, Sahabat Fimela mengunjungi Rotorua Canopy Tours untuk bisa menikmati petualangan luar biasa selama 3,5 jam melalui hutan purba asli. Selanjutnya, kunjungilah Skyline Rotorua untuk menikmati petualangan ramah keluarga seperti wahana gravitasi di trek Luge, Zoom Zipline yang mendebarkan, dan Skyswing yang memacu adrenalin. Akhiri hari Anda dengan makan malam yang lezat di Stratosfare Restaurant milik Skyline.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

Fat Dog Café: Dengan menu makanan dan minuman yang dibuat secara kreatif dari bahan-bahan lokal yang segar, tidak mengherankan jika Fat Dog memiliki banyak penggemar yang setia dan antusias.River’s Catch – Terletak di jalan dengan pepohonan yang rimbun di Sunnybrook, River’s Catch menyajikan perpaduan menarik dari makanan tradisional Kiwi seperti fish-n-chips yang lezat dan hidangan klasik lainnya dengan sentuhan Filipina.

Hari Ketujuh, Napier, Hawke’s Bay

Seminggu sudah berada di New Zealand, masih banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sahabat Fimela bisa memulai h perjalanan indah dari Rotorua ke Napier, dengan jarak 220 kilometer dan perkiraan waktu tempuh sekitar 2 jam 58 menit. Di sini kamu bisa ke Puncak Te Mata yang legendaris dengan bersepeda, mendaki, atau berkendara. Nikmati pemandangan Bukit Te Mata yang memukau, di mana pemandangan menakjubkan yang menyimpan kisah menarik dari berabad-abad yang lalu ini terbentang di segala arah. Tak hanya itu, temukan warisan kaya Napier melalui tur mobil vintage yang dipandu di Art Deco Trust, di mana Anda akan menjelajahi arsitektur Art Deco yang memikat dan menyelami sejarah kota yang menarik.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Napier Urban Farmers Market : Kunjungi Napier Urban Farmers Market yang berlokasi di pusat kota Napier di Sabtu pagi.
  • Bistronomy : Salah satu restoran terbaik di Hawke’s Bay dengan menu yang dapat berubah sesuai musim untuk menampilkan hasil lokal terbaik dalam suasana santai dan nyaman.

Rekomendasi Tempat Menginap 

  • Kennedy Park Resort Napier (Pilihan Campervan) : Sebuah taman liburan yang luar biasa untuk keluarga, lengkap dengan berbagai hiburan dan fasilitas. Dari teater langit hingga kompleks renang yang menawarkan kolam renang air hangat dan kolam khusus untuk anak-anak, taman ini menyediakan opsi akomodasi untuk anggaran dan kebutuhan yang bervariasi.
  • Te Mānia Retreat: Hanya beberapa menit dari Havelock North, Te Mānia menawarkan pengalaman yang tak tertandingi. Saat ini, Te Mānia memiliki satu rumah yang terdiri dari dua kamar tidur mewah dengan kamar mandi dalam yang luas dan pemandangan Lembah Tuki Tuki. Per 1 Maret 2024, Te Mānia dapat mengakomodasi empat pasangan dengan nyaman di empat kamar tidur, dengan opsi tempat tidur untuk 4 anak.

Hari Kedelapan, Wellington

Sahabat Fimela bisa berkendara dari Napier ke Wellington. Mulailah perjalanan indah yang mencakup jarak sekitar 325 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam 8 menit. Kamu bisa mengunjungi Hannah’s Laneway, yang terletak  di jantung kota, Hannah’s Laneway terkenal sebagai jalan paling lezat di dunia—surga untuk menikmati cita rasa lokal dan membeli souvenir unik.

Sahabat Fimela juga bisa naik kereta gantung dan mendapat pengalaman klasik dengan Wellington Cable Car yang ikonik berwarna merah cerah.  Selanjutnya kamu bisa menghabiskan hari  di Museum of New Zealand Te Papa Tongarewa. Masuklah ke dalam kekayaan lingkungan alam yang unik, budaya Māori, seni, warisan, dan sejarah Selandia Baru yang memikat melalui pameran interaktif.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Mr. Go’s:  Jika Sahabat Fimela ingin menikmati makanan Asia, kunjungi Mr. Go’s untuk masakan Asia modern yang berkualitas, cepat, dan lezat. Mr.Go’s memiliki ruangan Eva Street yang berkapasitas 140 tempat duduk yang sesuai untuk kelompok besar dengan suasana meriah.
  • Chocolate Fish Cafe: Nikmati sandwich dan fritters yang lezat yang dibuat dari ikan lokal, scallop, dan pāua yang paling segar. Dengan pemandangan laut, taman bermain khusus untuk anak-anak, dan kopi yang luar biasa, ini adalah tempat yang ideal untuk makan siang yang santai dan memuaskan bagi seluruh keluarga.

Rekomendasi Tempat Menginap 

  • Wellington TOP 10 Holiday Park & Motels (Pilihan Campervan): Rasakan kenyamanan kota tanpa keramaian. Terletak hanya 15 km dari pusat kota dan 11 km dari terminal feri Interislander, mereka menyediakan akses transportasi umum yang sangat baik dan layanan antar-jemput yang dapat membawa Anda ke mana saja.
  • Novotel Wellington: Terletak tepat di jantung CBD Wellington dekat dengan destinasi populer seperti Wellington Cable Car dan Wellington Botanic Garden, Novotel Wellington menawarkan kamar twin yang ideal untuk keluarga kecil. Keluarga juga dapat memesan kamar yang bersebelahan untuk lebih banyak ruang.

Hari Kesembilan, Wellington

Hari terakhir untuk menjelajahi selandia baru, Sahabat Fimela bisa mengikuti tur di balik layar di Wētā Workshop  yang memenangkan Academy Award. Tur ini menawarkan pengalaman sekilas ke dalam seni luar biasa, inovasi Kiwi yang mengagumkan, dan beberapa rahasia di  industri tersebut. Bagi para penggemar Middle‑earth™, kunjungan ke lokasi syuting The Lord of the Rings adalah hal yang wajib. Terjunlah ke dalam keajaiban dan keterampilan yang menghadirkan film ikonik ini ke kehidupan nyata.

Kamu juga bisa menemui  reptil prasejarah bermata tiga dan burung asli Selandia Baru (kiwi) di cagar alam Zealandia. Mengelilingi sebuah reservoir yang indah, Zealandia Te Māra a Tāne menampung koleksi satwa liar paling langka dan luar biasa di Selandia Baru.

Rekomendasi Destinasi Kuliner 

  • Harbourside Market: Pada hari Minggu di Harbourside Market Wellington, petani lokal dari Manawatu menawarkan berbagai hasil bumi segar. Sahabat Fimela dan keluarga dapat menjelajahi food trucks di sepanjang tepi laut yang menyajikan berbagai hidangan mulai dari chai India homemade hingga pancake Cina.
  • The Botanist: Sebuah restoran yang santai dan ramah keluarga ini terletak di pantai selatan Wellington yang indah. Anda dan keluarga dapat menikmati hidangan vegetarian dan vegan populer, burger, dan makanan penutup dengan pemandangan laut yang tenang.Pada hari kesepuluh, Sahabat Fimela bisa mengambil penerbangan domestik kembali ke Auckland untuk pulang dengan penerbangan internasional. 

Berkendara adalah cara yang luar biasa untuk menjelajahi dan menikmati pemandangan spektakuler yang berada di Selandia Baru.  Sahabat Fimela bisa menggunakan campervan untuk memperkaya memori indah saat berkunjung kesini. Namun, ada hal yang perlu dipersiapkan, simak panduan berikut ini. 

Apa yang Perlu Sahabat Fimela Ketahui Sebelum Memesan Campervan?

Sebelum berkendara di Selandia Baru, Sahabat Fimela harus mempelajari dasar-dasar berkendara demi keselamatan dan legalitas. Di Selandia Baru, pengemudi berkendara di sisi kiri jalan. Medan yang beragam dan kondisi cuaca yang cepat berubah memerlukan kewaspadaan, terutama di jalan yang sempit, berbukit, dan berkelok. Gunakan NZTA Journey Planner untuk informasi terbaru tentang waktu perjalanan dan kondisi jalan, serta cek prakiraan cuaca sebelum berangkat karena cuaca bisa berubah drastis dalam sehari.

Selandia Baru indah dikunjungi sepanjang tahun, namun perjalanan darat sangat mempesona selama musim gugur dan musim semi. Hari-hari musim semi yang sejuk dan sore-sore musim gugur yang cerah adalah waktu yang sempurna untuk perjalanan santai, jauh dari keramaian.

Tiaki – Peduli untuk Selandia Baru

Janji Tiaki adalah komitmen untuk merawat dan melestarikan Selandia Baru. Menghormati janji ini, Sahabat Fimela berkomitmen untuk melindungi tempat-tempat di Selandia Baru, baik sekarang maupun di masa depan.

Cara Memesan Campervan

Ada beberapa opsi untuk memesan campervan:

  • Melalui paket perjalanan dari agen perjalanan lokal untuk dukungan tambahan.
  • Melalui situs web operator penyewaan mobil/campervan jika Sahabat Fimela berpengalaman dan percaya diri.
  • Melalui situs web maskapai penerbangan untuk mendapatkan penawaran khusus.
  • Melalui situs web agen perjalanan online pihak ketiga untuk membandingkan berbagai penawaran.

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memesan:

  • Pastikan Sahabat Fimela memiliki lisensi mengemudi yang valid dan sesuai dengan persyaratan untuk mengemudi campervan di Selandia Baru.
  • Sesuaikan pilihan campervan dengan anggaran dan kebutuhan Sahabat Fimela.
  • Periksa cakupan asuransi dan pastikan Sahabat Fimela memahami detailnya.
  • Pesanlah lebih awal 
  • Ketahui durasi minimum penyewaan 
  • Periksa Peringkat Qualmark, program jaminan kualitas untuk penyedia akomodasi dan aktivitas pengunjung, layanan, dan penyedia transportasi.

Hal yang perlu diperhatikan saat memeriksa campervan/motorhome

  • Periksa kontrak dengan cermat dan pastikan Sahabat Fimela memahami sepenuhnya syarat & ketentuan sebelum menandatangani. 
  • Perhatikan kemungkinan biaya tambahan yang mungkin tidak dijelaskan dengan lengkap.
  • Jika Sahabat Fimela memiliki pertanyaan atau membutuhkan penjelasan, konsultasikan dengan perusahaan penyewaan.
  • Penting untuk menyimpan salinan kontrak yang ditSahabat Fimelatangani dan mengetahui siapa/dimana untuk menghubungi jika situasi yang tidak terduga muncul.
  • Seringkali, sejumlah uang jaminan akan ditahan pada kartu kredit yang Sahabat Fimela berikan.
  • Periksa kendaraan secara menyeluruh untuk memastikan kondisinya baik sebelum menyewa.

Tips Pro: Bepergian dari Selatan ke Utara, seperti memulai di Christchurch dan mengakhiri di Auckland, secara signifikan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan kendaraan dan penawaran yang lebih murah.

Tips dan Trik Penting Saat di Jalan

Mengemudi di Selandia Baru bisa menjadi petualangan yang menyenangkan, berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keselamatan dan keamanan Sahabat Fimela selama berada di Selandia Baru. Sahabat Fimela  perlu mengetahui peraturan di Selandia Baru, kenali aturan jalan di Selandia Baru, dan familiarisasi dengan kode jalan. Hal-hal penting yang harus diketahui:

  • Pasang sabuk pengaman dan pastikan penumpang lain juga mengenakannya.
  • Selalu mengemudi dari sebelah kiri jalan.
  • Perhatikan pengguna jalan lain dan hewan ternak yang melintas.
  • Pelajari tSahabat Fimela-tSahabat Fimela jalan umum.
  • Berikan waktu yang cukup untuk perjalanan Sahabat Fimela dan hindari tergesa-gesa.
  • Istirahat secara teratur dan hindari mengemudi saat lelah.
  • Jangan minum alkohol sebelum mengemudi.
  • Simpan salinan perjanjian sewa kendaraan Sahabat Fimela.
  • Sesuaikan kecepatan Sahabat Fimela dengan kondisi cuaca, terutama saat musim dingin.a memberi Sahabat Fimela rantai salju, pastikan Sahabat Fimela tahu cara memasangnya sebelum berangkat

Mengemudi Campervan

  • Perhatikan ukuran dan tinggi campervan untuk menghindari potensi kecelakaan.
  • Kenali dasbor campervan sebelum memulai perjalanan.
  • Berikan diri ruang ekstra saat berbelok.
  • Jika merasa kurang percaya diri, minta bantuan.
  • Pastikan semua barang terkunci dengan aman sebelum perjalanan.
  • Selalu kunci kendaraan dan parkir di area yang ditentukan.
  • Hormati lingkungan dengan membuang sampah dengan benar dan hindari produk pembersih yang merusak.

Tips Dasar Lainnya:

  • Ketahui jenis bahan bakar sebelum mengisinya
  • Jangan lupa untuk mematikan kulkas saat malam hari
  • Pastikan tangki air penuh
  • Selalu buang air kotor di stasiun pembuangan yang ditentukan
  • Ingat untuk memonitor indikator baterai - jika berada di bawah 50%, matikan semua peralatan elektronik dan isi daya di stop kontak atau kendarai campervan Sahabat Fimela untuk mengisi dayanya.

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading