Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sudah Saatnya Melepas Pergi Seseorang dari Hidupmu

Fimela.com, Jakarta Memutuskan untuk melepaskan seseorang dari kehidupan memang tidak mudah. Tapi, terkadang ada situasi di mana kamu perlu melakukannya untuk kebahagiaan dan kesehatan mentalmu sendiri, atau justru untuk kebaikan dan kesehatan mentalnya sehingga kamu tidak menghalangi kebahagiaannya. Seringkali ada ketentuan di luar kendalimu yang kemudian memberikan petunjuk-petunjuk kapan sebaiknya kamu melepas seseorang untuk pergi, dan semesta seringkali menjadi wakil-Nya untuk menyampaikan pertanda itu.

Jika dilihat dan diperhatikan, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sudah saatnya kamu melepas pergi seseorang dari hidupmu.

1. Terus-menerus membuatmu merasa tidak bahagia

Hubungan yang sehat seharusnya membawamu pada kebahagiaan dan dukungan, bukan kesedihan dan kekecewaan. Jika kamu lebih sering merasa sedih, marah, bingung, kesal dan kecewa saat bersama seseorang, mungkin itu pertanda bahwa orang tersebut tidak baik lagi untukmu. Akan selalu ada 'red flag' atau tanda jelas yang perlu diperhatikan ketika seseorang sudah tidak lagi kompatibel denganmu.

2. Tidak menghormati batasan-batasanmu

Rasa saling menghormati dan menghargai adalah kunci dalam setiap hubungan yang baik, entah pertemanan, rekan kerja maupun percintaan. Jika seseorang tidak lagi menghormatimu, aturanmu maupun batasanmu, itu pertanda bahwa ia tidak menghormati dan menghargaimu sebagai individu. Kamu tidak perlu mentoleransi perilaku yang tidak sopan. Jika pasangan atau teman melakukan hal-hal yang sudah keterlaluan, sudah saatnya diperingatkan, dan jika masih tetap sama, sebaiknya lepaskan.

3. Terus-menerus memanipulasi dan mengendalikanmu

Hubungan sosial yang baik seharusnya tidak saling menjathuhkan, menipu atau mengendalikan dengan paksaan. Kenali dengan baik sikap-sikap buruk ini. Baik dalam hubungan cinta, keluarga maupun pertemanan, perilaku mengintimidasi, mengecilkan harga diri, menjatuhkan martabat, hingga kekerasan emosional untuk mengendalikanmu bukanlah hubungan yang perlu dipertahankan. Perilaku ini tidak sehat dan dapat merusak ketenangan batinmu.

4. Tidak mendukung impian dan tujuanm

Teman, keluarga maupun pasangan yang suportif akan selalu dibutuhkan oleh semua orang, termasuk dalam mendukungmu mencapai mimpi dan tujuanmu. Mereka akan menjadi cheerleader terbesarmu dan membantumu melewati masa-masa sulit. Tapi jika mereka meremehkan mimpimu atau mencoba menghalangimu untuk mencapainya, maka mereka tidak sejalan dengan tujuan hidupmu. Bukan hanya menyebabkan lelah fisik tapi juga lelah hati, orang seperti ini sebaiknya tak perlu dipertahankan lagi dalam hidupmu.

5. Energi terkuras habis dan lelah secara emosional

Berada di sekitar orang-orang yang negatif dan penuh drama sudah pasti dapat menguras energimu secara emosional. Jika kamu merasa lelah dan energi justru terkuras habis setelah menghabiskan waktu bersama seseorang, itu pertanda bahwa sebaiknya kamu melepasnya pergi karena selama ini ternyata mereka membawa energi negatif ke dalam hidupmu. Bukan berarti kamu harus membenci mereka, tapi batasi saja interaksinya.

6. Tidak lagi merasa tenang dalam hubungan

Relasi sosial yang baik seharusnya menciptakan ketenangan hati, baik percintaan, kekeluargaan maupun pertemanan. Namun jika kamu kehilangan kebahagiaan dan kepuasan dalam hubunganmu, bahkan menjadi mempertanyakan kemampuan dan pencapaianmu setelah komentar buruk mereka, itu pertanda bahwa mereka bukan circle yang kamu butuhkan. Hubungan yang sehat seharusnya membawamu pada kebahagiaan dan kegembiraan, bukan kesedihan dan kekecewaan apalagi tidak tenang di hati.

7. Intuisi yang kuat menyuruh untuk pergi

Terkadang, kamu tidak perlu alasan logis untuk mengetahui bahwa seseorang sebaiknya dilepas pergi atau sesuatu tidak pada tempatnya lagi. Dengarkan intuisimu. Jika kamu memiliki firasat kuat bahwa kamu harus melepaskan seseorang dari hidupmu, percayai naluri itu. Ada kalanya kamu hanya perlu mendengarkan kata hatimu untuk membuat keputusan yang baik untuk hati dan pikiranmu. Ingatlah bahwa kamu berharga dan pantas dicintai dengan cara yang benar.

Melepaskan seseorang memang sulit, tapi itu bukan berarti kamu salah. Kamu berhak bahagia dan dicintai dalam hubungan yang sehat. Jika seseorang tidak dapat memberikan kebahagiaan dan dukungan yang kamu butuhkan, jangan ragu untuk melepaskan mereka dan membuka diri untuk cinta yang lebih baik.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading