Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap Orang yang Mudah Dibenci dan Dijauhi Banyak Orang

Fimela.com, Jakarta Ketika bertemu dengan seseorang yang baru kita kenal, mungkin sekilas kita sudah bisa membuat penilaian secara kasar seperti apa orang yang kita hadapi. Apakah dia akan kita sukai atau justru kita benci dan jauhi. Seringkali keputusan itu didasarkan pada banyak alasan, salah satunya yang paling kuat adalah sifat atau sikapnya yang tidak menyenangkan. Beberapa orang punya kans untuk dijauhi dan dibenci banyak orang karena hal tersebut, dan seringkali orang seperti itu menunjukkan tanda-tanda sikap tertentu. Jika diperhatikan lebih jeli, ini dia beberapa tanda sikap orang yang mudah dibenci dan dijauhi banyak orang dalam hidupnya.

1. Sulit Mengendalikan Emosi

Orang-orang yang mudah marah, kesal, memaki, berkata kasar atau menangis tanpa alasan yang jelas seringkali membuat orang lain bingung atau justru ikutan kesal. Begitu pula orang yang sulit menerima kritik, gampang tersinggung, dan sering bereaksi berlebihan terhadap situasi kecil. Tidak ada orang yang suka menghadapi orang-orang dengan emosi yang labil karena sangat melelahkan dan bisa memengaruhi secara negatif mood orang lain. Seseorang yang tadinya ceria dan bahagia bisa jadi ikutan marah melihat orang yang mengesalkan.

2. Egois dan Berpusat pada Diri Sendiri

Sikap yang seringkali dibenci banyak orang adalah selalu egois, mementingkan diri sendiri, tak mau kalah dan merasa dirinya paling benar. Orang-orang yang berpusat pada dirinya sendiri cenderung ingin menjadi pusat perhatian dan tidak peduli dengan perasaan orang lain. Mereka akan dianggap tak memiliki hati atau sulit berempati terhadap kesulitan orang lain. Mereka juga menutup hati untuk memahami sudut pandang orang lain, bahkan sering menyimpan dendam karena sulit memaafkan orang lain.

3. Tidak Bertanggung Jawab

Sering menyalahkan orang lain atas kesalahannya sendiri merupakan pertanda bahwa ia jenis orang yang gampang dibenci dan dijauhi banyak orang. Sikap suka menyalahkan orang lain, menaruh curiga bahkan menuduh bahwa orang lain yang berkontribusi atas kegagalan dan kesialan yang ada di hidupnya adalah ciri ketidakdewasaan sekaligus tidak adanya rasa tanggung jawab terhadap masalah hidup diri sendiri. Orang seperti ini seringkali lalai menyelesaikan tugas tepat waktu, sering menunda-nunda, sulit berkomitmen dan mudah menyerah, bahkan tidak bisa mengelola keuangan dengan baik dan sering berhutang.

4. Manipulatif dan Berbohong

Orang yang sering dijauhi dan dibenci pasti punya kebiasaan berbohong, bahkan manipulatif. Ia sering menggunakan emosinya untuk mendapatkan simpati dari orang-lain, padahal sebenarnya hanya pura-pura. Ia juga berbohong untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, menghindar dari masalah, melepas tanggung jawab kepada orang lain bahkan bisa membuat orang lain merasa bersalah padahal bukan salahnya. Orang seperti ini licik dan tak bisa dipercaya sehingga lebih baik dijauhi.

5. Hobi mengeluh

Terlalu mudah mengeluhkan sesuatu juga sering membuat orang menjauhi dan membencimu. Orang yang suka menyalahkan sesuatu, mengeluhkan ini itu padahal masalah hidupnya tidak seberapa, bahkan mengeluhkan hal-hal yang sebenarnya sudah menjadi garis hidupnya, selalu melelahkan untuk dihadapi. Orang-orang yang susah bersyukur ini bisa menguras energi orang lain sehingga menciptakan energi negatif untuk orang-orang di sekitarnya. Tentu, jika orang-orang sadar dengan efek buruk itu, mereka akan secara alami menjauh.

6. Bersikap Kekanak-kanakan

Tidak ada yang suka menghadapi orang dewasa dengan mental anak-anak, kecuali itu memang disabilitas alami. Tapi jika orang normal pada umumnya, tentu akan menghindar dan menjauhi orang-orang yang kekanak-kanakan. Perilaku seperti suka meremehkan, sombong, mencoba mengomentari banyak hal yang bukan ranahnya, iri, dengki, tak bisa menerima kenyataan hingga haus validasi dan persetujuan orang lain, sebenarnya tanda ia akan mudah dibenci dan dijauhi. Sikap seperti itu bisa menularkan energi negatif, dan orang-orang tak suka itu.

7. Bermasalah dalam bersosialisasi

Orang yang sering dibenci dan dijauhi biasanya punya masalah dalam bersosialisasi, baik saat menjalin hubungan pertemanan, kerja hingga percintaan. Mereka selalu susah diajak komunikasi dengan baik dan sering memicu pertengkaran. Ia mungkin lebih suka bergosip dan mengumbar aib orang ketika berteman, atau pencemburu dan tukang atur dalam hubungan cinta. Dalam relasi kerja, bisa jadi ia ular yang suka mengadu domba atau punya niatan buruk terhadap keberhasilan rekannya. Intinya, ia mudah menjalin hubungan yang tidak sehat dengan siapa pun.

Itu dia beberapa tanda sikap orang yang mudah dibenci dan dijauhi banyak orang dalam hidupnya. Semiga kamu tidak memiliki salah satu atau kesemua poinnya ya, Sahabat Fimela.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading