Sukses

Lifestyle

Tak Perlu Khawatir, 10 Tips Mengelola Stres saat Hadapi Tugas Akhir Kuliah

Fimela.com, Jakarta Stres adalah bagian kehidupan yang tidak dapat dihindari. Penelitian menemukan bahwa peningkatan pemicu stres harian menempatkan orang dewasa muda di usia kuliah pada risiko yang lebih tinggi, dibandingkan kelompok usia lainnya. 

Mahasiswa sering kali menyadari bahwa mereka perlu menghilangkan stres. Namun, semua aktivitas dan tanggung jawab yang memenuhi jadwal membuatnya sulit menemukan waktu untuk melakukan hal yang dapat meredakan stres. Hal ini secara signifikan mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan, hubungan, dan nilai mereka.

Dengan mempelajari teknik manajemen stres dapat membantu mahasiswa menghindari dampak negatif dari kehidupannya. Melansir dari studentlife.edu, berikut ini tips mengelola stres saat menghadapi tugas akhir.

1. Bersikaplah terorganisir

Jika Sahabat Fimela belum melakukannya, buatlah jadwal dengan semua sisa tanggal yang ada. Kemudian bagi proyek tugas akhir menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan putuskan kapan harus melakukan apa. Memiliki rencana memungkinkan kamu mengendalikan waktu dan energi dengan lebih baik sehingga dapat menangani stres yang lebih efektif.

2. Kendalikan lingkungan sekitarmu

Perhatikan dan kendalikan siapa serta apa yang ada di sekitarmu. Habiskan waktu bersama orang-orang yang mendukung dari pada yang menguras tenaga Sahabat Fimela.

 

3. Bersikaplah positif terhadap diri sendiri

 

Perhatikan pembicaraan pada diri sendiri dan pastikan kamu memperlakukannya dengan rasa hormat serta cinta, sama halnya seperti Sahabat Fimela memperlakukan orang lain yang kamu sayangi. Kritik terhadap diri sendiri dan rasa malu biasanya tidak mendorong perilaku yang lebih baik, namun cenderung membuatmu patah semangat. Jadi, perlakukan diri dengan bermartabat dan hormat meski kinerjamu belum sempurna. 

4. Hadiahi diri sendiri

Rencanakan beberapa aktivitas waktu luang dalam hidup dan libatkan orang-orang yang Sahabat Fimela sayangi. Memiliki sesuatu yang dinanti-nantikan sangatlah membantu dalam meringankan stres yang kamu hadapi.

5. Lakukan aktivitas fisik

Kesehatan dan produktivitas bergantung pada kemampuan tubuh untuk membawa oksigen dan makanan ke sel-selnya. Latih jantung dan paru-paru Sahabat Fimela dalam 3 hingga 5 hari seminggu selama 15-30 menit melalui aktivitas seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, yoga, dan lain sebagainya.

6. Gunakan latihan kesadaran

Menggunakan latihan kesadaran atau teknik lain untuk membantumu tetap berada di saat ini dan tidak menghabiskan energi berharga untuk mengkhawatirkan kejadian di masa depan atau masa lalu. Meninjau masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan biasanya tidak menghasilkan manfaat, sehingga membuatmu menghabiskan energi untuk proyek tugas akhir Sahabat Fimela saat ini.

7. Istirahat yang cukup

Tidur 7-8 jam setiap malam untuk istirahat dari belajar. Begitu banyak yang dapat diserap oleh pikiran pada satu waktu. Tentu perlu waktu untuk memproses dan mengintegrasikan informasi. Tips yang baik adalah istirahat 10 menit setiap jam, istirahatkan mata dan pikiranmu.

8. Konsumsi makanan yang sehat

Makanlah makanan yang memulihkan dari pada memberi dorongan yang cepat, namun berumur pendek. Hindari makanan yang tinggi lemak dan gula, serta obat-obatan terlarang. Alkohol, obat-obatan terlarang, dan makanan manis dapat mengganggu fungsi kognitif, serta membuat tugas akhir menjadi lebih sulit. Selain itu, kafein dalam jumlah sedang akan membantu kewaspadaan, tetapi juga dapat mengganggu waktu tidur dan istirahat. 

9. Dengarkan tubuhmu

Waspadai tanda-tanda kerusakan seperti insomnia, sakit kepala, kecemasan, sakit perut, kurang konsentrasi, pilek/flu, kelelahan berlebihan, dan lain sebagainya. Ingat, ini bisa menjadi tanda-tanda gangguan yang berpotensi lebih serius, misalnya maag, hipertensi, hingga penyakit jantung.

10. Nikmati hidupmu

Ingatlah bahwa kesempatan untuk mengenyam pendidikan perguruan tinggi adalah sebuah anugerah. Nikmati kesempatan serta pembelajarannya untuk tumbuh dan berkembang. Sahabat Fimela tidak perlu membuktikan apa pun, ujian dan tugas hanyalah sebuah kesempatan untuk menunjukkan proses belajar dan mencari cara untuk meningkatkannya. Berusaha dengan gigih, maka kamu akan mencapai tujuan yang diharapkan

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading