Sukses

Lifestyle

9 Cara Ampuh untuk Hilangkan Rasa Kantuk Saat Sedang Beraktivitas

Fimela.com, Jakarta Walaupun sudah tidur di malam hari, seringkali kita merasa mengantuk saat sedang berkegiatan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh pola tidur yang buruk atau permasalahan seputar tidur yang dapat memengaruhi kualitas dan durasi tidur. Tidak perlu khawatir, banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa kantuk.

Ketika Sahabat Fimela merasa mengantuk pada siang hari saat bekerja atau menjelang sore hari ketika matahari sudah mulai mereda, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan rasa kantuk tersebut. Sahabat Fimela dapat mencoba melakukan berbagai aktivitas lain atau Sahabat Fimela dapat berjalan-jalan ringan sejenak. Dilansir dari Verywellhealth, berikut adalah 9 cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh lebih segar.

Memperbaiki kualitas tidur

Cara paling ampuh untuk mengatasi rasa kantuk saat berkegiatan adalah dengan melakukan istirahat yang baik dan benar di malam hari. Sahabat Fimela harus memperbaiki kualitas tidur, mulai dari durasi hingga porsi tidur yang tepat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk saat sedang berkegiatan. Dengan istirahat yang cukup, Sahabat Fimela dapat memiliki energi untuk bekerja atau belajar dengan baik tanpa rasa kantuk.

Ambil jeda

Berkonsentrasi terhadap satu hal dalam waktu yang lama akan membuat tubuh merasa lelah. Semakin lama kita fokus bekerja, semakin lelah tubuh, dan semakin mudah bagi kita untuk melakukan kekeliruan saat bekerja. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Sahabat Fimela dapat mengambil jeda atau istirahat sejenak dari rutinitas setiap beberapa jam sekali. Sahabat Fimela dapat bangkit dari meja kerja dan meregangkan otot sejenak. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat mengonsumsi minuman agar lebih segar.

Konsumsi kafein

Kafein adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat tubuh menjadi segar dan tidak lagi mengantuk. Cocok sekali untuk mengonsumsi kafein ketika energi sudah hampir habis karena kafein adalah booster alami untuk meningkatkan energi dan dapat meningkatkan fokus. Namun, konsumsi kafein yang berlebih dapat menyebabkan berbagai efek samping, salah satunya adalah jantung berdebar. Maka, Sahabat Fimela dapat memerhatikan kadar kafein yang dikonsumsi. Idealnya, 400 miligram kafein dapat dikonsumsi dalam satu hari untuk satu orang dewasa.

Coba untuk mengganti-ganti aktivitas

Ketika Sahabat Fimela sulit untuk berkonsentrasi bekerja, mungkin Sahabat Fimela dapat mencoba untuk mengganti-ganti aktivitas yang sedang dilakukan. Contohnya adalah saat Sahabat Fimela dapat membagi-bagi sebuah pekerjaan yang besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil yang dikerjakan satu persatu alih-alih langsung mengerjakannya dalam satu waktu.

Pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dapat menyebabkan tubuh kelelahan, kehilangan konsentrasi, hingga berisiko untuk membuat kesalahan yang besar. Oleh karena itu, Sahabat Fimela dapat mencoba melakukan aktivitas lain di tengah pekerjaan yang sedang dilakukan untuk menjaga agar tubuh tetap terjaga.

Cari cahaya dan angin segar

Ternyata, terdapat jenis pencahayaan yang dapat memberikan dampak pada energi dan dapat menyebabkan kelelahan di siang hari. Apabila Sahabat Fimela tidak dapat mengatur pencahayaan di kantor, Sahabat Fimela dapat melakukannya sendiri dengan pergi ke luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari sekaligus mencari udara segar. Paparan cahaya dapat membantu mengatasi rasa kantuk karena cahaya dapat memberitahu tubuh kapan waktu untuk tidur dan kapan untuk tetap terjaga.

Tidur siang

Jika Sahabat Fimela berperang dengan rasa kantuk di siang hari, Sahabat Fimela dapat tidur siang untuk mengisi ulang energi. Terdapat sebuah penelitian di tahun 2016 yang menyatakan bahwa power naps dapat meningkatkan kemampuan belajar dan kemampuan mengingat menjadi lebih baik. Secara umum, tidur siang yang dilakukan dapat berdurasi selama 15—20 menit agar tubuh dapat kembali segar.

Konsumsi cemilan

Setelah makan siang, biasanya kita merasa mengantuk. Hal tersebut umum terjadi sekitar 30 menit sampai satu jam setelah makan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menghindarinya adalah dengan memakan makan siang yang ringan dan lanjut dengan mengonsumsi cemilan satu jam setelah mengonsumsi makan siang. Setelah itu, Sahabat Fimela dapat mengonsumsi kopi atau cemilan lain satu atau dua jam kemudian. 

Hindari mengonsumsi cemilan yang mengandung kadar gula tinggi karena akan membuat energi menjadi tiba-tiba tinggi dan habis dengan cepat. Sahabat Fimela dapat memilih buah-buahan potong atau sayuran segar sebagai cemilan sehat.

Berolahraga dan beraktivitas fisik

Aktivitas monoton seperti duduk di meja kerja menghadap laptop atau duduk di ruang rapat selama berjam-jam dapat membuat tubuh merasa jenuh. Kejenuhan tersebut dapat memengaruhi mood, sehingga membuat kita merasa bosan, muram, dan lemas. Olahraga adalah solusi paling ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Olahraga dapat meningkatkan energi dan juga dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Dengan berolahraga, Sahabat Fimela akan merasakan peningkatan konsentrasi dan energi.

Jaga kesejukan ruangan

Biasanya, kita merasa mudah mengantuk di ruangan yang terlalu hangat. Ternyata, suhu ruangan sangat berpengaruh pada kemampuan kita untuk tetap terjaga atau tidak. Suhu panas dan suhu dingin dapat memberikan dampak pada detak jantung dan pernapasan, sehingga cadangan energi pada tubuh terbakar lebih cepat daripada biasanya. Maka dari itu, untuk menghindari rasa kantuk, Sahabat Fimela dapat menjaga kesejukan ruangan di sekitar suhu 22 derajat celsius.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading