Sukses

Lifestyle

7 Tanda Sikap yang Bikin Orang Menjauh dan Tidak Suka Padamu

Fimela.com, Jakarta Ketidaksukaan sikap seringkali dialami beberapa orang saat berinteraksi dengan orang-orang lain di luar sana, dan sebenarnya itu wajar, karena tidak semua orang bisa cocok secara kepribadian dan pemikiran dengan orang lain. Tapi yang menjadi masalah adalah ketika kita memiliki terlalu banyak perbedaan yang bersebrangan dengan banyak orang sehingga dianggap menyebalkan, kemudian banyak orang tidak menyukaimu karena sikap-sikap buruk yang kamu tunjukkan. Ini beberapa tanda sikap yang bikin orang tidak menyukaimu.

1. Negatif dan Pesimis

Orang-orang lebih tertarik dengan orang-orang yang memiliki energi positif dan optimis. Jika kamu selalu mengeluh dan melihat sisi negatif dari segala hal, orang lain akan merasa lelah sendiri menghadapimu bahkan ikut terbebani dan stres, pada akhirnya banyak orang ingin menjauh dan tak lagi berteman denganmu. Kamu hanya menjadi pihak yang menghancurkan suasana hati dan menguras energi orang lain. Karena itu, bersikap negatif dan pesimis akan membuatmu mudah dibenci banyak orang.

2. Sombong dan Suka Pamer

Kepemilikan akan materi duniawi seringkali membuat manusia lupa untuk bersyukur dan bersikap rendah hati. Banyak orang merasa bahwa dirinya lebih baik dan beberapa tingkat lebih tinggi derajatnya ketimbang orang lain. Sikap sombong yang diikuti pamer menjadi hal yang tidak sukai banyak orang. Bukan karena orang lain iri terhadap harta atau kelebihan yang kamu miliki, tapi sikap ini menciptakan rasa risih, tidak nyaman dan ingin menjauh. Tidak ada yang suka dengan orang yang hobi membanggakan diri dan menunjukkan superioritas.

3. Suka Mengkritik dan Menghakimi Orang Lain

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika kamu selalu mengkritik dan menilai orang lain, mereka akan merasa dihakimi dan tidak dihargai. Kamu pun pasti tak ingin dihakimi dengan segala pilihan dan keputusan hidupmu kan? Apalagi ditunjuk kelemahan dan kekuranganmu untuk menjatuhkanmu. Maka tak perlu selalu mengkritik jika tak diminta. Terkadang kamu hanya perlu menghargai perbedaan pikiran antara dirimu dan orang lain di sekitarmu.

4. Terlalu Banyak Bicara

Saling mendengarkan ketika orang berbicara adalah etika umum yang perlu dimiliki setiap orang. Tidak sepanjang waktu kamu bisa mendominasi percakapan, ada kalanya kamu juga perlu menjadi pendengar yang baik, menyimak apa yang orang lain katakan sehingga bisa menambah wawasan atau paling tidak menghargai orang lain ketika mereka menuangkan isi hati dan pikirannya. Orang yang terlalu banyak bicara hingga tidak memberi kesempatan orang lain untuk bicara pasti dianggap menyebalkan, dan tidak akan disukai banyak orang.

5. Tidak Jujur dan Suka Berbohong

Sikap tidak jujur, palsu, suka mengada-ada dan melebih-lebihkan cerita seringkali tidak disukai siapa pun. Sikap suka berbohong bukan hanya menurunkan kepercayaan orang lain terhadapmu, tapi juga menciptakan citra buruk sehingga kamu akan dijauhi orang. Bagaimana pun, kejujuran adalah dasar dari hubungan yang baik. Jika hubungan pertemanan atau sosial tidak didasari dengan kejujuran, akan susah memiliki teman yang ingin dekat denganmu.

6. Tak Punya Empati

Ketika memiliki sikap egois dan tidak peduli terhadap orang lain, secara umum kamu tidak memiliki empati di dalam hati untuk ditunjukkan kepada orang lain. Ketika ada momen-momen yang membuatmu kesal, kamu tidak akan bisa menempatkan diri di posisi orang lain sehingga bisa bersikap pengertian terhadap kondisi mereka. Yang kamu pikirkan hanyalah keinginan dan kepentinganmu tercapai. Orang-orang dengan sifat bawaan seperti ini pasti tidak disukai banyak orang.

7. Selalu Bersikap Curiga dan Iri Dengki

Ketika ada orang yang sukses, berhasil atau sedang mendapatkan kabar bahagia, akan selalu ada orang-orang yang sinis, iri, dengki bahkan menaruh curiga dan prasangka kepada orang yang mengalami kebaikan. Orang-orang seperti inilah yang tidak akan disukai banyak orang. Sikap negatif dan cemburu secara sosial memang wajar, tapi alangkah baiknya jika tidak menjatuhkan atau mengecilkan pencapaian orang lain karena merasa iri.

Itu dia beberapa sikap yang bikin orang tidak menyukaimu. Jangan sampai memiliki semua poinnya ya, atau kamu perlu introspeksi diri agar tak seperti itu lagi.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading