Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Ruang Kerja yang Sederhana dan Minimalis di Rumah Agar WFH Lebih Nyaman

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita ketahui, sejak pandemi, banyak orang mulai terbiasa bekerja dari rumah. Oleh karena itu, memiliki ruang kerja yang nyaman dan estetis sangat diperlukan bagi kamu yang menjalani WFH.

Ruang kerja minimalis menjadi pilihan favorit banyak orang untuk diterapkan di rumah. Selain simpel karena mengutamakan kesederhanaan, ruang kerja tipe ini juga tidak memerlukan banyak usaha.

Namun, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum menata ruang kerja minimalis di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk mendekorasi ruang kerja minimalis di rumah yang dikutip dari beberapa sumber pada (27/5).

Warna Netral

Interior ruang kerja yang minimalis sering kali dihiasi dengan warna-warna netral, seperti hitam, putih, atau abu-abu muda. Anda dapat memilih furnitur, ornamen, atau dinding dengan palet warna yang sederhana.

Selain mengikuti tema minimalis, warna-warna netral ini juga mampu menambah keindahan visual.

Pemilihan Furnitur yang Nyaman

Langkah selanjutnya adalah memilih perabotan yang mampu memberikan kenyamanan. Pilihlah meja dan kursi kantor yang memiliki desain minimalis, tetapi ergonomis.

Pilihlah perabotan yang mampu memberikan kenyamanan bagi Anda untuk dapat bekerja dengan produktif dalam jangka waktu yang lama. Berbagai pilihan perabotan ini dapat ditemukan melalui penelusuran daring.

Siapkan Ruang Penyimpanan

Banyak yang berpikir bahwa ruang kerja minimalis tidak memerlukan banyak barang. Namun kenyataannya, pandangan ini bisa jadi keliru.

Ketika Anda bekerja, sering kali Anda akan membutuhkan berbagai barang di ruang kerja, seperti buku, alat tulis, atau bahkan tas laptop.

Maka dari itu, pastikan untuk menyediakan sistem penyimpanan yang efektif, seperti rak-rak atau lemari di dalam ruang kerja.

Sentuhan Nuansa Alam

Kehadiran unsur-unsur alami berhasil menciptakan suasana segar dan nyaman di dalam interior rumah. Untuk memperindah ruang kerjamu, coba tambahkan sentuhan alam yang membuatnya semakin nyaman dan terasa organik.

Misalnya, tata letakkan tanaman di dalam ruang kerja atau manfaatkan cahaya alami yang masuk melalui jendela.

Tambahkan Aksesoris

Terkadang, kehadiran aksesori favorit seperti mainan atau dekorasi dinding bisa meningkatkan semangat dalam bekerja.

Namun, pastikan pemilihan aksesori untuk ruang kerjamu tidak berlebihan. Lebih baik pilih aksesori yang memiliki fungsi praktis dan sesuai dengan tema minimalis yang diusung dalam ruang kerjamu.

Ergonomis

Salah satu tips penting dalam menciptakan ruang kerja minimalis di rumah adalah memastikan aspek ergonomisnya. Meskipun tampilan estetik ruang kerja penting, tetapi fungsi juga tak boleh diabaikan.

Susunlah ruang kerjamu di rumah agar seefisien dan seergonomis mungkin. Hal ini akan berdampak positif pada produktivitas dan kesehatan fisikmu. 

Pisahkan Ruang Kerja dan Tempat Tidur

Disarankan agar ruang kerja tidak menyertakan tempat tidur atau kasur. Adanya tempat tidur di ruang kerja hanya akan mengundang kecenderungan untuk bersantai dan malas.

Namun, seringkali ruang tidur dan ruang kerja harus digabungkan karena keterbatasan ruangan. Jika situasi ini terjadi, manfaatkanlah sudut-sudut di rumah yang tidak dipakai untuk dijadikan area kerja.

Jangan Terlalu Banyak Barang

Salah satu saran untuk menghias ruang kerja secara minimalis adalah dengan menerapkan prinsip "minimalis".

Pastikan setiap barang yang berada di ruang kerja memiliki fungsi yang jelas atau diperlukan untuk bekerja. Jangan ragu untuk menghilangkan barang-barang yang tidak perlu.

Pencahayaan

Kehadiran sinar matahari di area kerja dapat meningkatkan mood dan produktivitas. Namun, perhatikan juga pentingnya pencahayaan saat bekerja di malam hari.

Pilihlah lampu dengan desain menarik atau warna yang netral. Perhatikan juga kesesuaian lampu dengan kesederhanaan ruang kerja Anda. 

Faktor-faktor Apa Saja yang Memengaruhi Interior Kantor?

Beberapa aspek dalam rancangan interior kantor dapat memengaruhi tingkat produktivitas, termasuk perabotan, kebisingan, fleksibilitas, kenyamanan, komunikasi, pencahayaan, suhu, dan kualitas udara.

Apa Fungsi dari Interior Kantor?

Desain interior kantor memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan citra perusahaan yang baik dan meningkatkan efisiensi para karyawan. Bahkan, desain yang optimal mampu mengurangi tingkat stres di tempat kerja dengan efektif. Oleh karena itu, perencanaan interior kantor harus dilakukan dengan teliti.

Apa yang Dimaksud dengan Standarisasi Ruang Kantor?

Standar ukuran dan fasilitas ruang kantor bertujuan sebagai panduan bagi unit-unit utama dan teknis vertikal di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di berbagai wilayah. Standar ini menjadi penting dalam merencanakan dan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan fasilitas kantor.

Berapa Ukuran Standar Ruang Kerja?

Umumnya, standar kebutuhan luas ruang kantor yang sering diterapkan adalah sekitar 7 hingga 10 meter persegi per individu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading