Sukses

Lifestyle

Kenalan dengan 5 Tokoh Perempuan Inspiratif di Bidang Pendidikan dari Berbagai Negara, Salah Satunya Indonesia

Fimela.com, Jakarta Pendidikan adalah kunci untuk mengubah dunia. Hal ini merupakan kesempatan yang bisa didapatkan baik itu pria maupun perempuan. Seperti yang Sahabat Fimela ketahui, bahwa dahulu kala, perempuan tidak bisa mendapatkan pendidikan karena peraturan masyarakat saat itu. 

Namun, kini Sahabat Fimela bisa mengakses pendidikan dengan mudah. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk mengubah nasib dan menunjukkan kepada dunia bahwa perempuan bisa berprestasi. 

Hal ini telah dibuktikan lebih dulu oleh 5 tokoh perempuan inspiratif di bidang pendidikan. Diantara mereka merupakan peraih Hadiah Nobel, menakjubkan bukan? Penasaran kan siapa saja tokoh tersebut. Yuk, simak informasinya yang dilansir dari Inspektorat Jenderal Kemendikbud Ristek dan Changing Wayz. 

1. Raden Ajeng Kartini (Indonesia)

Masyarakat Indonesia sudah mengenal tokoh ini. Raden Ajeng Kartini namanya begitu abadi sebagai sosok emansipasi wanita hingga kini. Ia adalah seorang perempuan dari keluarga ningrat/bangsawan jawa pada awal abad ke-20. Keresahannya akibat ketidaksetaraan gender membuatnya memutuskan untuk memperjuangan perempuan agar bisa mendapatkan pendidikan dengan mendirikan sekolah di rumahnya. Disitu, para perempuan diajari membaca, menulis, membuat kerajinan tangan, dan memasak. Akibat dari perjuangannya, perempuan saat ini bisa menempuh pendidikan yang layak.

2. Malala Yousafzai (Pakistan)

Perempuan kedua yang inspiratif dalam bidang pendidikan datang dari negara Pakistan. Malala yousafzai merupakan siswi yang menulis blog mengenai keinginannya bersekolah dan mempromosikan pentingnya pendidikan bagi perempuan. Ia berhasil selamat dari upaya pembunuhan oleh Taliban karena keberaniannya mengungkapkan fakta. Hal itu membawanya kepada keterkenalan. Tak berhenti disitu, Malala menerima Hadian Nobel perdamaian termuda, yang diraih pada usia 17 tahun.  Yousafzai mendirikan Malala Fund, yang mempromosikan pendidikan bagi anak perempuan di seluruh dunia. Kisahnya merupakan bukti kekuatan pendidikan dan kekuatan jiwa manusia. 

3. Michelle Obama (Amerika Serikat)

Perempuan inspiratif dalam bidang pendidikan selanjutnya adalah mantan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama. Melalui kampanye “Let Girl Learn”, Michelle mendukung pendidikan perempuan yang gigih dan advokasi peningkatan akses pendidikan bagi anak perempuan di seluruh dunia. Ia telah menginspirasi jutaan perempuan muda dengan mempromosikan pentingnya pendidikan dan memberikan dukungan kepada mereka untuk meraih mimpi. 

4. Esther Duflo (Prancis)

Keempat, perempuan inspiratif dalam bidang pendidikan datang dari seorang ekonom Perancis yang dianugerahi Nobel Ekonomi tahun 2019, ialah Esther Duflo. Ia melakukan penelitian dan aktivitas yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan pendidikan ekonomi. Tak hanya itu, Duflo juga telah melakukan penelitian yang inovatif untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan dalam pendidikan, terutama di negara berkembang. Pada tahun 2008, majalah Foreign Policy menyabet penghargaan untuk prestasinya di bidang kemajuan pendidikan ekonomi sebagai Top 100 Public Intellectuals dan Top 100 Global Thinkers pada Mei, 2008. Sungguh hebat ya, Sahabat Fimela. 

5. Marie Curie (Polandia)

Sebenarnya banyak perempuan inspiratif diluar sana dan perlu diketahui kehebatannya. Namun, pada kali ini Fimela membahas 5 tokoh terlebih dahulu ya. Terakhir, ialah Marie Curie. Ia merupakan perempuan pertama yang meraih hadiah Nobel dan orang pertama yang memenangi dunia Hadian Novel dalam dua bidang berbeda, yaitu Fisika dan Kimia. Karyanya mengarah pada pengembangan sinar-X, yang telah digunakan dalam pencitraan medis dan pengobatan kanker. Warisan Curie di bidang sains terus menginspirasi remaja putri untuk mengejar karir di bidang sains.

Itu dia 5 tokoh inspiratif dalam bidang pendidikan yang bisa memotivasi Sahabat Fimela untuk mengejar karir sukses. Semangat untuk mengejar pendidikannya, siapa tahu kamu adalah orang berikutnya yang akan masuk jajaran tokoh inspiratif. 

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading