Sukses

Lifestyle

5 Tips Konsisten Menjalankan Pola Hidup Sehat dengan Menerapkannya Sebagai Kebiasaan

Fimela.com, Jakarta Menjalani pola hidup sehat adalah hal yang mudah dilakukan. Yang sulit dalam menjalaninya adalah konsisten dan teratur. Pola hidup sehat jika dijalani setengah-setengah ataupun tidak rutin akan menjadi hal yang melelahkan dan tidak memberi efek yang maksimal. Kebiasaan baik yang rutin diterapkan bisa membuat tubuh memiliki postur yang ideal dan memiliki kondisi tubuh yang sehat. Jika kebiasaan yang baik terus diterapkan, tubuh akan menjadi lebih rileks dan terhindar dari banyaknya pengaruh negatif. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka akan sulit bagimu untuk melanggarnya. 

Cobalah melatih diri untuk menerapkan kebiasaan baik seperti, pola diet yang sehat, olahraga rutin, meminum air putih secara teratur dengan porsi secukupnya, dan merawat diri. Dengan kebiasaan seperti itu, maka kamu akan tampil lebih maksimal. Setiap pekerjaan dan produktivitas juga akan menjadi lebih teratur. Kamu akan menjalani hari-hari dengan segar dan profesional. Yuk coba terapkan beberapa tips konsisten menjalani pola hidup sehat sebagai berikut dan terapkan sebagai suatu kebiasaan yang baik. 

1. Punya Motivasi

Kamu harus memiliki niat, motivasi, dan tujuan mengapa kamu ingin menerapkan pola hidup sehat. Jika kamu memiliki motivasi yang membangun, maka kamu akan semangat melakukannya. Contohnya, jika kamu mau merawat tubuh maka kamu akan semakin punya postur tubuh ideal yang memikat. Ketika semangat sudah tumbuh maka kamu akan semakin konsisten menjalaninya. Hal itu membuat tubuhmu memiliki postur yang baik dan lebih sehat dari sebelumnya. Cobalah buat motivasi yang mengarah pada dirimu sendiri agar kamu senang melakukannya. 

2. Paksa Dirimu

Paksakan dirimu untuk melakukan kebiasaan yang baik. Jangan malas dan memanjakan diri agar dirimu lebih disiplin. Buat suatu aturan yang bisa kamu takuti agar kamu segan untuk menghiraukannya. Coba untuk melakukan kebiasaan baru selama tujuh hari non stop. Hari ke delapan dan seterusnya maka badanmu akan terbiasa. Jangan sampai kamu terlena dengan kebiasaan lama yang membuat tubuhmu kaku dan lupa akan rasa rileks yang sehat. 

3. Role Model atau Panutan

Carilah inspirasi yang bisa membuatmu tambah semangat. Cobalah cari role model atau panutan yang bisa membuatmu lebih percaya diri ketika melakukan sesuatu. Kamu akan memiliki goals tersendiri jika melakukan kebiasaan baik, karena panutan yang sudah memberikanmu suatu inspirasi pada hal baik. Jangan ragu untuk mengikuti kebiasaan baik seseorang. Kebiasaan yang baik akan menular dan wajib ditularkan dengan orang lain. Yuk, coba cari inspirasimu dalam menjalani kebiasaan yang baik. 

4. Self Reward

Cobalah berikan dirimu hadiah jika sudah konsisten melakukannya. Kamu akan mencapai target yang kamu buat dengan adanya tujuan dibalik itu selain sehat. Contohnya, jika kamu sudah bisa menerapkan kebiasaan baik selama seminggu, kamu bisa pergi belanja dengan anggaran tertentu. Jangan hanya paksakan dirimu, namun berikan juga dorongan dan juga hadiah. Karena, menjalani sesuatu yang sehat untuk menjadi suatu kebiasaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apresiasikan dirimu seperti kamu mengapresiasi orang lain yang telah membantumu. Dirimu adalah yang paling penting dari segalanya.

5. Nikmati Kebiasaan

Jika kamu sudah sukses melakukan keempat hal diatas dengan baik, maka kamu akan semakin menikmati hal itu. Setelah berjalan tiga minggu atau beberapa bulan, kamu harus bisa menikmatinya dan menjadikannya suatu kebiasaan yang baik. Kamu akan menjadi pribadi yang jauh lebih cerah, positif, rileks, dan juga terawat. Cobalah lihat sendiri hasilnya, kamu akan melihat dan merasakannya dengan tubuhmu sendiri. 

Nah itu dia beberapa tips agar kamu bisa konsisten menjalani hari-harimu dengan beberapa kebiasaan baik yang bisa membentuk postur tubuhmu agar lebih baik juga memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat dari sebelumnya. Paksakan dirimu untuk sesuatu yang baik ya! Jangan ragu untuk memulai. Tetap semangat dan semoga bermanfaat ya. Stay positive. 

Penulis: Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading