Sukses

Lifestyle

4 Tips Praktis Hadapi Cuaca Heatwave saat Berlibur

Fimela.com, Jakarta Wilayah Asia sedang dilanda fenomena heatwave, yaitu sebuah cuaca ekstrem yang menyebabkan suhu mencapai lebih dari 40 derajat celcius. Heatwave bisa dikatakan sebagai sebuah cuaca ekstrem yang paling mematikan karena bisa memakan banyak korban jiwa dan juga berdampak besar pada sektor pertanian.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan cuaca ekstrem ini, tetapi harus menghadapi berbagai tantangan, seperti populasi berlebih, kurangnya lahan hijau, hingga tingginya permintaan energi. Banyak sekali negara di Asia yang menjadi destinasi wisata yang terdampak gelombang panas. Berbagai negara terdampak oleh gelombang panas ini, seperti Myanmar, Vietnam, Filipina, hingga Thailand.

Untuk itu, Sahabat Fimela perlu memerhatikan beberapa hal jika ingin berwisata ke negara-negara tersebut. Jangan biarkan masa liburan menjadi sebuah mimpi buruk karena kurangnya persiapan. Yuk, simak 4 tips praktis untuk berlibur dengan nyaman!

Pilih akomodasi yang dekat akses transportasi publik

Demi liburan yang nyaman, pemilihan lokasi akomodasi sangatlah penting untuk menghemat energi selama perjalanan. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih akomodasi adalah akses ke transportasi umum. Usahakan untuk mencari hotel yang dekat dengan halte bus atau stasiun kereta, sehingga dapat memudahkan kita untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Perbanyak destinasi wisata dalam ruangan

Karena cuaca yang panas menyengat, Sahabat Fimela dapat menyusun rencana perjalanan yang lebih banyak berada di dalam ruang, seperti museum, galeri seni, atau pusat perbelanjaan. Apabila ingin untuk beraktivitas di luar ruang, pilihlah waktu saat matahari tidak terlalu terik, seperti di pagi atau sore menjelang malam hari.

Lindungi diri dari sinar matahari

Saat berkegiatan di luar ruang, kenakan pakaian yang nyaman untuk melindungi tubuh dari sinar matahari, seperti topi dan kacamata hitam. Sahabat Fimela juga tidak dapat melewati penggunaan sunscreen untuk menghindari dampak sinar UV pada kulit. Saat berjalan-jalan, Sahabat Fimela dapat membawa kipas angin portable untuk melawan panasnya cuaca.

Jaga kadar air dalam tubuh

Ketika sedang berada di cuaca panas, Sahabat Fimela harus memastikan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Suhu panas yang ekstrem dapat meningkatkan risiko dehidrasi hingga heat stroke. Maka dari itu, Sahabat Fimela harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air dan juga makan tepat waktu. Bawalah air minum kemanapun Sahabat Fimela pergi agar tubuh tidak kekurangan cairan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading