Sukses

Lifestyle

6 Tips Mendapatkan Ketenangan Batin Saat Sedang Stres

Fimela.com, Jakarta Ketenangan batin tidak mempunyai definisi yang universal. Tidak ada proses standar atau langkah wajib yang harus diikuti untuk menemukan ketenangan pikiran Sahabat Fimela. Ketenangan batin diartikan sebagai keadaan ketenangan jasmani dan rohani meskipun banyak pemicu stres. Stres dapat dialami secara fisik, mental, dan emosional. Stres fisik dapat dialami dalam bentuk otot tegang, sulit tidur, jantung berdebar kencang, atau kelelahan. Stres emosional dapat dialami sebagai kewalahan, iritasi atau frustasi. Sementara stres mental dapat dialami seperti kesulitan berkonsentrasi, melupakan sesuatu, atau ketidakmampuan menenangkan pikiran di malam hari.

Menemukan ketenangan pikiran akan mengurangi kekhawatiran, kecemasan, pemicu stres, dan ketakutan. Menemukan ketenangan pikiran juga berarti mencapai kebahagiaan, kepuasan, dan kebahagiaan tidak peduli betapa sulitnya hal-hal dalam hidup. Ada banyak cara untuk mencapai ketenangan dan kebahagiaan batin. Menemukan ketenangan dan kebahagiaan tidak bisa dicapai dalam semalam, ini adalah proses yang berkelanjutan.

Namun, langkah apa yang bisa Sahabat Fimela ambil untuk menciptakan ketenangan batin yang memungkinkan keluar ke dunia dengan cinta dan kehangatan? Melansir dari Kentucky Counseling Center, berikut ini adalah tips mendapatkan ketenangan batin saat kamu sedang stres.

1. Habiskan waktu di alam

Saat Sahabat Fimela menghabiskan waktu di alam, seperti berjalan-jalan sebentar atau mengapresiasi alam, kamu mungkin menemukan ketenangan. Menghabiskan waktu bersama alam dan menarik napas dalam-dalam dapat mencegah pikiranmu memikirkan hal-hal yang membuat stres. Ini bukan hal yang terjadi sekali saja, namun paparan jangka panjang terhadap alam adalah kesempatan bagimu untuk mengatasi stres hidup sehari-hari.

 

2. Meditasi

Meditasi terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, emosional, dan mental. Secara khusus, berlatih meditasi kesadaran terbukti mengurangi kecemasan dan mencegah depresi. Sahabat Fimela dapat mencoba yoga, membaca buku tentang meditasi, mendengarkan meditasi terpandu di podcast, atau berlatih meditasi kesadaran selama 40-45 menit setiap hari di rumah. Ini semua dapat membantumu menemukan jalan menuju ketenangan dan kebahagiaan.

 

3. Bersyukur

Menemukan ketenangan dan menjaga kesejahteraan berarti bersyukur atas apa yang Sahabat Fimela miliki, bukan mengeluh tentang kekurangan dalam hidup. Ketika kamu menghargai apa yang dimiliki, kamu akan menemukan lebih banyak ketenangan. Telah ditemukan bahwa individu dengan hati bersyukur dan puas dengan berkah hidup mereka menemukan ketenangan dan kebahagiaan di dalam dirinya.

4. Cintai diri sendiri

Perawatan diri penting untuk menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Bagaimana Sahabat Fimela bisa benar-benar bahagia dalam hidup jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri? Mencintai diri sendiri berarti menjaga kesehatan fisik, emosional, mental, dan spiritual. Ini termasuk makan sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

5. Bertanggung jawab atas tindakan

Mengambil tanggung jawab dan akuntabilitas atas semua tindakan membutuhkan tingkat kedewasan yang menyeluruh. Meski sulit, Sahabat Fimela akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan dengan mengakui kesalahan. Terima kritik dan gunakan untuk memperbaiki diri, karena menerima bahwa kamu melakukan kesalahan akan membuatmu menjadi orang yang lebih tangguh.

 

6. Praktikkan penerimaan dan kepuasan

Dalam menemukan ketenangan dan kebahagiaan, penerimaan dan kepuasan adalah kuncinya. Terimalah bahwa kamu akan mempunyai masalah dalam hidup dan pelajari cara mengatasinya. Menjadi puas berarti memiliki kepuasan emosional, fisik, atau bahkan finansial. Keinginan akan materi dan kekayaan finansial tidak menggairahkan seseorang dengan ketenangan batin.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading