Sukses

Lifestyle

5 Tips Menjadi Perempuan yang Cerdas dan Penuh Percaya Diri, Nggak Perlu Minder Lagi!

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih merasa minder saat bertemu dengan teman lama yang memiliki karier lebih bagus dari kamu? Atau mungkin merasa sedih ketika melihat postingan teman yang bisa traveling ke mana saja, sementara hidupmu terasa berjalan di sini-sini saja. Kondisi ini bisa jadi tanda kalau kamu punya tingkat rasa percaya diri yang rendah, Sahabat Fimela!

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Wealthiear Network, sebanyak 79% perempuan mengaku kalau memiliki rasa percaya diri dan penghargaan diri yang rendah. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari merasa tidak pintar, kurang menarik, hingga kondisi finansial yang belum stabil.

Padahal, rasa percaya diri itu penting banget untuk mendukung kesuksesanmu. Gimana kamu bisa sukses kalau nggak percaya sama diri sendiri, kan! Memang nggak bisa didapatkan dengan instan, tapi kamu bisa mulai melatih diri untuk menjadi perempuan cerdas yang penuh percaya diri lewat beberapa kebiasaan sederhana berikut!

Belajar Menerima Dirimu Apa Adanya

Hal pertama yang wajib diperhatikan jika ingin meningkatkan rasa percaya diri adalah belajar menerima diri sendiri apa adanya. Pahami kalau setiap orang itu berbeda, baik itu dari tampilan fisik, kemampuan, pekerjaan, dan masih banyak lagi hal yang bisa membuatmu terlihat berbeda.

Jadi, nggak perlu minder dan ingin menjadi diri sendiri. Cukup kenali apa kelebihan dan kekuranganmu, lalu terimalah dirimu seutuhnya. Nah, dalam rangka membuat penilaian terhadap diri sendiri, jangan bergantung apa kata orang lain tentang kamu ya! Cobalah lakukan penilaian untuk diri kamu sendiri, misalnya dengan membuat jurnal sederhana yang berisi apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Kenali dan terimalah seutuhnya, karena itulah bagian dari diri kamu.

Selektif dengan Orang-orang yang Menjadi Bagian dari Circle Pergaulanmu

Punya banyak teman nggak jadi jaminan hidupmu bahagia. Apalagi jika berada dalam lingkup pergaulan yang nggak mengenalmu seutuhnya, bikin kamu nggak bisa menolak permintaan mereka, atau malah kamu nggak pernah nyaman di dekat mereka. Hal-hal seperti ini yang bisa meruntuhkan rasa percaya diri, lho.

Jadi, selektiflah dengan orang-orang yang menjadi bagian dari circle kamu. Hanya punya 1-2 teman dekat yang memahami kamu apa adanya dan selalu memberikan semangat setiap kali kamu merasa down akan terasa jauh lebih baik. Orang-orang positif inilah yang nantinya akan menyebarkan auranya dan membuat kamu secara perlahan lebih percaya diri.

Sering Ngobrol dengan Orang Baru

Buat para introvert, memulai obrolan dengan orang baru bisa jadi sebuah tantangan besar. Tapi, hal ini justru harus dilatih mulai sekarang untuk meningkatkan rasa percaya diri. Perlu diingat, introvert bukan berarti nggak bisa bersosialisasi dan cuma suka menyendiri.

Kalau ingin melatih keterampilan yang satu ini, kamu bisa mulai dengan sering mengobrol dengan orang-orang baru. Misalnya yang ditemui saat perjalanan, waktu ikutan workshop bareng, atau teman baru di komunitas yang diikuti. Hal ini juga bisa menambah pengalaman dan wawasan baru, lho!

Perhatikan Penampilan Juga Ya!

Memang sih ada ungkapan yang menjelaskan kalau 'don't judge the book by the cover'. Hal ini sebenarnya nggak salah. Tapi, perlu dipahami juga kalau penampilan seseorang bisa menceritakan banyak tentang karakter orang tersebut. Terlebih saat kamu memiliki pekerjaan yang dituntut untuk bertemu banyak orang.

Dengan menjaga penampilan tetap baik, kamu bisa memberikan first impression yang positif juga untuk orang lain. Perlu diingat juga kalau penampilan yang baik bukan berarti harus menggunakan barang mahal. Tapi, bisa dengan tepat melakukan mix and match outfit sesuai dengan acara yang dihadiri. Tanpa disadari, hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Berani Mencoba Hal Baru

Siapa nih yang sering merasa nggak percaya diri saat harus menghadapi lingkungan baru atau beradaptasi dengan hal baru lainnya? Sebenarnya hal ini wajar aja kok, tapi kamu bisa mulai melatih diri agar lebih siap menghadapi berbagai hal baru, lho. Caranya gimana? Yuk, mulai sering mencoba hal baru!

Misalnya saja dengan mencoba solo traveling ke tempat baru, ikut komunitas yang kamu minati, atau ikutan online course di bidang yang belum kamu kuasai. Selain bisa melatih diri agar lebih siap menghadapi perubahan, cara ini juga bisa bikin hidup terasa lebih menyenangkan.

So, stop minder dengan diri sendiri. Beberapa tips di atas bisa jadi inspirasi buat kamu yang ingin belajar lebih percaya diri lagi. Semoga berhasil ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading