Sukses

Lifestyle

Hidup Makin Praktis dengan 3 Tips Pakai Galaxy AI Bahasa Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela yang ingin berpergian ke luar negeri atau komunikasi dengan orang asing tidak perlu khawatir dengan keterbatasan bahasa. Kini, Samsung telah menambahkan Bahasa Indonesia pada Galaxy AI di Galaxy S24 Series, melengkapi 15 bahasa asing lain termasuk bahasa Arab dan Rusia.

Jadi, komunikasi antar bahasa bisa lebih mudah. Sahabat Fimela bisa bertanya mengenai menu lokal atau menanyakan petunjuk arah ke warga lokal dengan bahasa yang biasa kamu gunakan saat traveling menggunakan fitur dari Samsung ini.  Fitur seperti Interpreter, Chat Assist, Transcript Assist, Live Translate, dan Note Assist yang sudah mendukung Bahasa Indonesia, akan memudahkan seluruh pengguna S24 Series saat berkelana di negeri orang. 

Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, mengatakan  “Perkembangan teknologi yang pesat di Indonesia secara signifikan mempengaruhi cara Gen Z berinteraksi dengan dunianya, sehingga mereka jadi yang terdepan dalam memanfaatkan AI di kehidupan sehari-hari. Tak heran jika Galaxy S24 Series dan Galaxy AI mendapat animo yang tinggi di  kalangan Gen Z berkat pengalaman penggunaan smartphone yang sesuai dengan preferensi mereka. Kehadiran Bahasa Indonesia pada update ini pun menandai salah satu milestone penting dalam langkah Samsung untuk memimpin era baru AI pada perangkat mobile. Kami yakin bahwa langkah ini akan membuka lebih banyak peluang inovatif bagi sebanyak mungkin pengguna Galaxy.”

Agar komunikasi dan produktivitas sehari-hari menjadi lebih lancar, Sahabat Fimela bisa menjadikan Samsung Galaxy S24 sebagai lifehacks dengan 3 tips dibawah ini: 

1. Gunakan fitur Interpreter dan Live Translate untuk komunikasi saat traveling keluar negeri

Fitur Interpreter 

Tidak jaman lagi mengandalkan bahasa tubuh untuk menanyakan jalan kepada orang lokal saat berpergian ke luar negeri. Sekarang, Sahabat Fimela hanya perlu menggunakan fitur interpreter di Samsung yang bisa menerjemahkan percakapan dar 15 bahasa asing langsung ke Bahasa Indonesia. Selain bisa digunakan saat traveling, fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin interview narasumber berbahasa asing atau komunikasi dengan kolega di negara lain tanpa khawatir nggak bisa bahasa di negara kamu berada. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa asing lebih mudah, karena dapat membantu kamu belajar melafalkan kata dengan lancar. Menariknya lagi, kamu tidak memerlukan koneksi data atau Wi-Fi untuk menggunakan fitur tersebut, karena sudah terintegrasi langsung di perangkat. Galaxy AI akan siap menjadi translator dan guide pribadi saat berkeliling keluar negeri. 

Fitur Live Translate 

Sahabat Fimela tidak perlu repot menggunakan Bahasa Inggris saat berbicara antar bahasa dengan teman atau rekan kerja antar negara yang berbeda bahasa. Cukup Cukup berbicara dengan menggunakan bahasa sehari-hari, biar nanti Live Translate yang akan terjemahin. Menarik, bukan? Tidak hanya itu saja, saat menerima panggilan telepon dan Sahabat Fimela sedang tidak bisa menjawab, kamu bisa langsung membalas dengan menekan text call, dan pesan yang anda kirim langsung disampaikan dalam bentuk suara oleh Galaxy AI.

2. Gunakan Fitur Chat Assist untuk Membuat Caption Sosmed

Sahabat Fimela sering merasa kesulitan menulis email kepada rekan kerja, dosen, atau atasan dengan gaya bahasa yang formal, Chat Assist bisa jadi lifehacks yang tepat. Khususnya bagi yang tidak fasih merangkai kata-kata saat menulis dengan Bahasa Indonesia,Inggris ataupun beragam bahasa asing lainnya. Fitur ini bisa memudahkan pekerjaan sehari-hari dengan memberikan suggestion gaya penulisan sesuai konteks yang diinginkan dalam Bahasa Indonesia hingga 16 bahasa asing lainnya. Bukan hanya untuk urusan pekerjaan, Chat Assist juga sangat berguna untuk chatting beda bahasa.

Sahabat Fimela tidak usah pusing mikirin caption untuk sebuah postingan. Terdapat pilihan writing style casual untuk percakapan sehari-hari dan social untuk membuat caption di sosial media. Sahabat Fimela juga bisa mengoreksi grammar pada kosa kata yang kamu gunakan di aplikasi apapun dengan Samsung Keyboard. Caranya sebagai berikut: 

  1. Pastikan kamu menggunakan keyboard Samsung saat mengakses email atau aplikasi yang diinginkan.
  2. Tulis pesan yang ingin kamu tulis.
  3. Kamu bisa memilih tanda dan pilih gaya penulisan, lalu pesan yang sudah ditulis akan diproses dengan AI dan memberikan berbagai pilihan penulisan
  4. Pilih penulisan original, profesional, santai, sosial, sopan, emojify sesuai tujuan penulisan pesan kamu.
  5. Pilih pengaturan tata bahasa untuk memperbaiki kosa kata penulisan.

3. Manfaatkan Fitur Transcript Assist untuk membuat Transkrip, dan Buatlah Catatan dengan Bantuan Note Assist

Membuat transkrip bisa menjadi tugas yang cukup merepotkan karena membutuhkan banyak waktu dan perhatian. Namun, dengan update terbaru pada Galaxy S24 Series, kini ada solusi praktis menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan transkripsi bahasa Indonesia secara langsung dari rekaman suara. Hal ini sangat berguna untuk berbagai keperluan seperti mencatat materi kuliah, mengerjakan skripsi, atau membuat ringkasan dari wawancara. 

Cukup cukup mudah, Sahabat Fimela hanya perlu merekam dengan Galaxy S24 Series, lalu gunakan kecerdasan buatan untuk mentranskripsikan rekaman tersebut. Setelah itu, ringkas inti dari percakapan ke dalam versi yang lebih singkat namun informatif. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa menerjemahkan hasil transkripsi ke dalam 15 bahasa lainnya.

Note Assist 

Sahabat Fimela juga bisa membuat catatan harian atau script konten dengan mudah dan praktis. Gunakan Note Assist untuk membuat daftar to-do dan catatan pribadi dengan cepat, baik melalui mengetik atau dengan menggunakan fitur pengenalan suara. Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu kamu catat dan fitur ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks. Untuk merapikan catatan dan mendeteksi kesalahan ejaan, gunakan fitur auto-format dan spell check. Jadi, meskipun sedang sibuk dan terburu-buru, Sahabat Fimela  tetap bisa punya catatan yang terorganisir dan mudah dibaca.

Rasakan kecanggihan Galaxy AI untuk kemudahan produktivitas harian di lini Flagship Samsung!

"Penggunaan fitur-fitur Galaxy AI untuk komunikasi lintas bahasa hingga rutinitas harian dengan cara yang praktis membuktikan komitmen kami dalam mengatasi masalah language barrier yang sering dihadapi banyak orang saat ini. Teknologi ini didukung oleh Generative AI, On Device, dan On Cloud AI, memberikan pengalaman yang berbeda dari sebelumnya," tambah Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Opsi Bahasa Indonesia akan tersedia melalui software UI 6.1 mulai 26 April 2024. Selain Bahasa Indonesia, terdapat 16 bahasa lainnya yang dapat dipilih pengguna. Semua opsi bahasa ini akan tersedia di semua perangkat Galaxy yang mendukung Galaxy AI, termasuk Galaxy S23 Series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, serta seri Tab S9 (5G) dan Tab S9 (Wi-Fi). Sebagai device pertama dengan Galaxy AI, Galaxy S24 Series juga menawarkan performa tinggi dan kamera tercanggih. Berikut varian harganya: 

  • Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). 
  • Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). 
  • Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading