Sukses

Lifestyle

4 Tips Mudah Mengolah Sampah Dapur dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Dapur menjadi tempat di mana kita senang menghabiskan lebih banyak waktu, dan makanan adalah komponen yang bertanggung jawab bagi setiap makhluk hidup untuk menjalani hidup dengan sehat. Rata-rata rumah tangga menghasilkan lebih dari 1 ton sampah setiap tahunnya, yang sebagian besar berasal langsung dari dapur. Hal ini berkisar dari makanan yang kita gunakan hingga pengemasan dan daur ulang yang tersisa setelahnya. 

Pemilahan sisa makanan di dapur pada saat penyiapan makanan di dapur kamu menimbulkan bahaya bagi teman serumah dan sekitarnya karena menghasilkan bau yang menyengat dan gas beracun. Pembuangan sampah dapur yang efektif penting untuk memastikan semua dibuang dengan aman, legal, dan dengan cara yang tidak membahayakan kesehatan manusia atau lingkungan.

Untuk menghindari masalah yang ditimbulkan oleh sampah, Sahabat Fimela perlu melakukan membuang sampah dapur secara rutin. Melansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah tips untuk mengelola sampah dapur dengan benar.

1. Menyimpan makanan dengan benar

Semua kemasan makanan akan menampilkan beberapa bentuk pedoman penyimpanan. Beberapa kesalahan penyimpanan yang paling umum adalah menyimpan roti atau bawang bombay di lemari es, dan trik mudah seperti membekukan keju, daging mentah, dan makanan matang dapat membuat kamu memiliki waktu lebih lama untuk memakannya. 

2. Jangan buang-buang makanan

Usahakan untuk menghabiskan makanan yang diberikan kepadamu dan jangan menyia-nyiakan makanan tersebut. Ada banyak orang yang mencari makan di dunia ini, tetapi kebanyakan orang membuang-buang makanan dan membuang makanan tersebut. Jika kamu tidak menyukai makanan tersebut atau telah melampaui batas kemampuan, kamu bisa mengumpulkan makanan dan berikan makanan kepada orang-orang pinggir jalan yang sedang mencari makanan.

3. Pengomposan

Pengomposan adalah proses menghasilkan pupuk di rumah. Buang sisa makanan yang terkumpul ke tempat gelap dan basahi selama beberapa hari. Setelah beberapa hari, bukalah sampah yang dibuang, ini akan menjadi pupuk yang sangat bagus untuk proses pertanian. Sahabat Fimela juga bisa menjual pupuk alami untuk menghasilkan uang, atau kamu bisa menggunakannya sendiri di area taman. 

4. Sedia tempat sampah

Manfaatkan tempat sampah di rumah atau di jalan untuk membuang sampah dapur secara rutin. Jangan gunakan tempat pembuangan sampah terdekat, banyak orang yang melakukan kesalahan ini dengan membuang sisa makanan di lahan terbuka terdekat. Hal ini akan menghasilkan gas beracun, menarik hama dan serangga berbahaya.

 

 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading