Sukses

Lifestyle

Dapat Dilakukan Setiap Saat, Ini 10 Olahraga yang Dapat Membakar Lemak dengan Cepat

Fimela.com, Jakarta Salah satu alasan orang berolahraga adalah untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Olahraga memang terbukti menjadi cara ampuh untuk menghilangkan lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh. Namun, olahraga juga tetap harus didampingi oleh gaya hidup yang sehat untuk mencapai hasil yang maksimal. Sahabat Fimela harus mengonsumsi banyak lemak baik, mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula buatan, membatasi minuman manis dan bersoda, konsumsi banyak protein dan serat, dan juga jaga pola istirahat dengan baik.

Olahraga adalah satu dari sekian banyak hal yang harus dilakukan dan dijaga untuk membakar lemak dan kalori yang ada. Olahraga terbaik yang terbukti dapat membakar kalori secara maksimal adalah berlari. Namun, masih terdapat banyak jenis olahraga lain yang dapat dilakukan untuk membakar lemak. Sahabat Fimela dapat menyesuaikan sesuai dengan kekuatan tubuh, kesediaan waktu, dan juga tempat. Dilansir dari healthline.com, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat membakar lemak dengan cepat.

Olahraga yang dapat dilakukan jika tidak memiliki banyak waktu

Jika Sahabat Fimela tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, Sahabat Fimela dapat fokus pada olahraga dengan intensitas tinggi untuk meningkatkan detak jatung. High-intensity interval training (HIIT) adalah jenis yang populer yang melibatkan latihan singkat dengan lebih dari 70% kapasitas aerobik tubuh. Satu HIIT biasanya terdiri dari 30 detik gerak intens dan 1 menit interval untuk istirahat. 

High-knee running

High-knee  running adalah olahraga yang cukup berat. Ia mneningkatkan detak jantung sembari menguatkan bagian bawah tubuh. High-knee running sangat membantu membakar kalori dalam waktu yang singkat. Sahabat Fimela hanya perlu berlari di tempat dengan mengangkat dengkul setinggi mungkin dan gerakkan lengan ke atas dan ke bawah mengirinya.

Butt kicks

Sama seperti high-knee running, butt kicks juga merupakan olahraga kardio. Olahraga ini dapat membakar kalori dengan cepat dalam 30 menit jika dilakukan dengan intensitas yang tinggi. Sahabat Fimela dapat mengangkat mata kaki ke arah pantat secara bergantian. Ulangi gerakan tersebut sembari menggerakkan lengan Sahabat Fimela..

Mountain climber

Mountain climber adalah full-body exercise yang dapat membakar banyak kalori dalam satu waktu. Sahabat Fimela dapat memulai dengan posisi plank, lalu angkat kaki kanan ke arah dada dan kembali ke posisi semula. Terus ulangi untuk kedua sisi kiri dan kanan.

Berenang

Berenang adalah low-impact workout yang dapat membakar kalori, menguatkan otot, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung. Jika Sahabat Fimela berenang selama 30 menit, kalori yang terbakar akan sama dengan kalori yang terbakar saat jogging. Berenang merupakan olahraga yang minim cedera dan tidak memberikan banyak tekanan bagi tubuh, sehingga baik bagi orang yang memiliki masalah di persendian atau memiliki mobilitas yang terbatas.

Sprint

Secara umum, lari adalah olahraga terbaik untuk membakar kalori. Namun, apabila Sahabat Fimela tidak memiliki banyak waktu untuk berlari dalam waktu yang panjang, Sahabat Fimela dapat mencoba high-intensity sprint. Terus ingat untuk melakukan pemanasan sebelum sprint untuk menghindarkan diri dari kram otot dan cedera.

Olahraga yang dapat dilakukan di rumah

Jika Sahabat Fimela berada di rumah dan tidak memiliki alat-alat olahraga yang khusus, Sahabat Fimela tetap dapat melakukan olahraga dengan intensitas yang tinggi. Selain HIIT, berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang dapat dilakukan untuk membakar lemak secara optimal.

Berjalan kaki

Terdengar sepele, tetapi berjalan kaki adalah cara paling mudah dan sederhana untuk membakar kalori di rumah. Berjalan kaki juga merupakan pilihan tepat bagi orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan. Sahabat Fimela dapat berjalan di sekitar rumah atau di halaman belakang. Bahkan, tanpa disadari pun terkadang kita sudah membakar kalori saat mondar-mandir membersihkan rumah.

Berlari

Berlari adalah olahraga paling baik untuk membakar lemak, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan ketahanan tubuh. Olahraga ini tidak memerlukan peralatan apapun selain sepatu lari, sehingga Sahabat Fimela dapat melakukan olahraga ini di manapun. Kalori yang dibakar tergantung dengan intensitas olahraga yang dilakukan. Maka dari itu, semakin cepat Sahabat Fimela berlari, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Aerobic dance

Tidak hanya itu-itu saja, Sahabat Fimela dapat melakukan aerobic dance untuk membakar kalori. Jika Sahabat Fimela senang untuk menari, pilihan olahraga ini tentu menarik dan menyenangkan untuk dilakukan. Menari adalah sebuah olahraga kardio yang sering menyamar menjadi aktivitas “senang-senang”. Sahabat Fimela dapat mencoba melakukan Zumba sebagai pilihan olahraga yang seru.

Jumping jacks

Jumping jacks adalah bentuk sederhana dari olahraga kardio yang dapat meningkatkan detak jantung. Jumping jacks juga merupakan olahraga full-body yang baik. Olahraga ini tidak membutuhkan alat dan juga tidak membutuhkan ruang yang luas, sehingga dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Sahabat Fimela dapat berdiri di kedua kaki dan meletakkan lengan di sisi tubuh. Mulai untuk melompat dengan kaki dan lengan terbuka, angkat lengan ke atas kepala, dan lakukan itu terus-menerus.

Jumping rope

Jumping rope juga merupakan olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung dan membakar kalori sembari menguatkan bagian betis ke bawah. Hanya membutuhkan rope atau tali skipping yang mudah disimpan di manapun, Sahabat Fimela dapat dengan mudah melakukan olahraga ini di rumah.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading