Sukses

Lifestyle

Bisa Habiskan Waktu untuk Geocaching, Ini 20 Kegiatan Menarik untuk Ramaikan Hari Bumi

Fimela.com, Jakarta Menanam pohon dan menyortir sampah adalah hal yang biasa dijumpai ketika ingin melakukan kegiatan yang berkaitan dengan alam. Terlebih pada saat Hari Bumi, dua kegiatan itu seringkali dijumpai guna meramaikan peringatan setahun sekali itu. Namun, adakah kegiatan lain yang tidak kalah seru dan menarik yang dapat kita lakukan untuk meramaikan Hari Bumi sekaligus mengenal dan menjaga lingkugan?

Hari Bumi Sedunia 2024 akan jatuh pada tanggal 22 April 2024. Kesempatan ini merupakan saat untuk kita melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan alam. Kegiatan yang berkaitan dengan alam tidak semuanya membosankan, banyak sekali hal seru dan menarik yang dapat dilakukan. Dilansir dari onetreeplanted.org, berikut adalah daftar kegiatan yang bisa dilakukan untuk ikut meramaikan Hari Bumi.

Memanjat pohon

Sahabat Fimela tidak harus menjadi anak kecil untuk bersenang-senang di alam terbuka. Orang dewasa juga bisa menikmati alam terbuka sebagaimana anak-anak menikmatinya. Keluar dari rumah, cari pohon yang memungkinkan untuk diduduki, dan nikmati pemandangan dari atas sana. Keheningan dan kesejukan yang diberikan pohon dapat memberikan rasa nyaman dan melegakan bagi manusia. Bukankah itu adalah hal sederhana yang membahagiakan?

Geocaching

Geocaching ditujukan bagi Sahabat Fimela yang menyukai alam dan petualangan. Unduh aplikasi Geocache dan susuri jalan dengan menyenangkan. Berbagai level ditawarkan, sehingga mengizinkan siapapun untuk bermain geocache. 

Melukis batu

Terdengar konyol, tetapi ini adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Pergilah ke luar ruangan, cari batu yang memungkinkan untuk dilukis, lalu duduk dan silakan gambar apapun yang ingin digambar. Pastikan cat yang digunakan adalah cat yang tidak berbahaya bagi lingkungan agar lingkungan sekitar tetap terjaga. Sahabat Fimela tidak akan menghasilkan sampah dari kegiatan kreatif yang dilakukan karena Sahabat Fimela hanya menggunakan apa yang sudah tersedia di alam terbuka, yaitu batu.

Bermain teka-teki pohon

Dalam berbagai kesempatan, kita hanya melalui pohon-pohon yang ada di sekitar rumah tanpa betul-betul mengetahui jenis apa pohon-pohon tersebut. Sahabat Fimela dapat membuat permainan untuk menebak jenis-jenis pohon yang ditemui sepanjang perjalanan dan mendata jumlahnya. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat mencari tahu bagaimana cara merawatnya jika sudah mengetahui jenisnya. 

Membersihkan lingkungan sekitar

Rasanya Hari Bumi bukanlah Hari Bumi jika tidak ada kegiatan membersihkan lingkungan sekitar. Sahabat Fimela dapat mencari komunitas lokal yang mengadakan kegiatan membersihkan lingkungan, seperti taman-taman atau sungai lokal. Selain turut menyumbangkan upaya untuk menjaga lingkungan, Sahabat Fimela juga akan bersenang-senang bersama anggota-anggota komunitas tersebut. Sahabat Fimela juga dapat mengakhiri kegiatan tersebut dengan makan-makan bersama sebagai hadiah atas kerja keras seluruh anggota.

Mencabut tumbuhan-tumbuhan parasit

Sahabat Fimela dapat meminta bantuan ke pemerintah setempat untuk mengetahui spesies-spesies apa saja yang berpotensi merusak atau mengganggu tanaman-tanaman yang tumbuh di lingkungan tempat Sahabat Fimela tinggal. Dengan demikian, Sahabat Fimela dapat mencabuti spesiaes-spesies parasit yang mengganggu hidup tanaman lain sambil belajar mengetahui tanaman-tanaman parasit.

Menanam pohon

Hari Bumi rasanya tidak lengkap jika tidak dilengkapi dengan kegiatan menanam pohon. Kegiatan ini merupakan kegiatan klasik yang memberikan dampak baik bagi bumi. Penanaman pohon dapat membantu melindungi iklim yang tidak stabil ini dan juga dapat memaksimalkan produksi oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Pohon juga dapat membantu tanah dengan mencegah terjadinya erosi, menyerap emisi karbon, hingga menjadi tempat tinggal bagi banyak makhluk hidup lainnya.

Membuat mahkota dari tanaman dan bunga lokal

Jika ingin bersolek dan berkreasi ria, Sahabat Fimela dapat mencari tumbuhan-tumbuhan di sekitar rumah yang sudah gugur. Jika sudah mendapatkan ranting-ranting kecil, daun-daun, akar-akaran, atau bunga, Sahabat Fimela dapat membuat mahkota tanaman yang cantik. 

Mengeringkan pakaian dengan sinar matahari

Tahukah Sahabat Fimela kalau mesin pengering pakaian mengeluarkan sekitar 5.3 pound karbondioksida? Maka dari itu, cobalah untuk mengeringkan pakaian di alam terbuka dengan mengandalkan sinar matahari dan embusan angin. Memang dibutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengering otomatis, tetapi tidak masalah bukan demi kesejahteraan alam dan isinya?

Meditasi di alam terbuka

Cari tempat sepi dan sejuk untuk Sahabat Fimela bermeditasi sejenak dan menghirup udara segar. Carilah keheningan dan hirup udara segar sebanyak-banyaknya untuk mengisi paru-paru dengan udara yang bersih. Dengan demikian, Sahabat Fimela akan menjadi semakin dekat dengan alam dan akan menjaganya dengan sungguh-sungguh.

Bersepeda

Keluarkan sepeda Sahabat Fimela dari gudang! Saatnya untuk menjelajahi dunia luar dengan sepeda. Tidak harus bersepeda di lereng-lereng berbahaya, Sahabat Fimela dapat berkeliling kota menggunakan sepeda sederhana. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga memberikan dampak baik bagi lingkungan. Jangan lupa memakai helm untuk keselamatan, ya!

Dukung petani lokal

Kunjungi pasar yang menyediakan hasil panen para petani lokal. Dengan mengunjunginya, Sahabat Fimela tidak hanya mendukung para petani setempat, tetapi juga dapat membantu mengurangi emisi yang dihasilkan dari bahan bakar fosil yang digunakan oleh para truk pengangkut bahan makanan.

Stargazing

Sahabat Fimela dapat mengajak anak-anak untuk keluar di malam hari untuk menikmati langit yang bersih dan penuh bintang. Dapat dilakukan dengan teleskop, tetapi stargazing juga dapat dilakukan dengan mata telanjang, jadi tidak perlu khawatir! 

Berkebun

Sahabat Fimela dapat menanam tanaman dari bibit atau dari tumbuhan kecil, apapun itu asalkan Sahabat Fimela betul-betul menyentuh tanah. Sebuah sensasi yang tidak bisa digantikan oleh apapun yang mengizinkan kita untuk terhubung dengan bumi secara langsung. Jika tidak ada lahan yang mumpuni untuk ditanami tumbuhan, Sahabat Fimela dapat menanam tanaman di pot dan meletakkannya di balkon atau jendela rumah. Kegiatan ini bermanfaat bagi anak-anak untuk mengetahui tumbuh kembang tumbuhan.

Memanen air hujan

Pasti kegiatan ini terdengar asing di telinga Sahabat Fimela, tetapi air hujan betul-betul bisa dipanen, loh! Jika wilayah rumah Sahabat Fimela memiliki curah hujan yang tinggi, Sahabat Fimela harus menggunakannya dengan sebijak mungkin. Air hujan dapat digunakan untuk menyiram tanaman di kemudian hari tanpa menambahkan beban tagihan air.

Bermain mencari harta karun

Pencarian harta karun adalah hal yang menyenangkan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sahabat Fimela dapat menyembunyikan beberapa barang di sela-sela pohon, semak-semak, atau di pekarangan bunga untuk dicari oleh para peserta pencarian harta karun. Pencarian harta karun adalah kegiatan asyik yang dapat mengajak seluruh orang untuk berkegiatan di luar ruang dan melepas penat.

Bird watching

Keluarkan teropong untuk melkihat hewan-hewan yang ada di luar rumah. Ajak teman atau anak untuk melihat burung yang beterbangan di langit dan cobalah menebak apa jenis burung yang sedang terbang. Sahabat Fimela dapat mengamati burung-burung yang terbang dari taman atau dari balkon rumah. 

Macro photography

Lakukan object hunting di alam terbuka dan latih skill macro photography Sahabat Fimela. Sahabat Fimela dapat melakukan pengambilan jarak dekat pada objek-objek yang ada di alam terbuka, seperti bunga atau hewan yang sedang ada di pohon. 

Lakukan piknik di alam terbuka

Siapkan berbagai makanan dan minuman sehat dengan bahan-bahan lokal dan alat makan yang dapat digunakan berulang kali atau dapat didaur ulang, lalu pergilah ke alam terbuka. Gelar alas duduk dan bercengkramalah dengan sesama. Hentikan sejenak kesibukan di dalam ruangan dan mulai nikmati alam yang indah dan sejuk. Dekatkan diri dengan alam dan penuhi diri dengan energi positif darinya.

Singkirkan ban bekas pakai

Banyak tempat pembuangan sampah yang tidak menerima ban bekas. Oleh karena itu, sampah ban harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi limbah yang didiamkan begitu saja. Sahabat Fimela dapat datang ke toko ban terdekat untuk memberikan ban agar dapat didaur ulang. Jika Sahabat Fimela ingin memberikan sentuhan kreatif pada barang bekas tersebut, Sahabat Fimela dapat mengubahnya menjadi ayunan atau tempat tidur hewan peliharaan. 

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading