Sukses

Lifestyle

5 Tanda Kamu Memiliki Emotional Intelligence yang Baik, Tidak Mudah Terbawa Emosi

Fimela.com, Jakarta Bagi kamu yang sangat jelas mengetahui intensitas emosionalmu, perhatikan bahwa kamu memiliki tingkat EQ di atas rata-rata. IQ adalah hal penting yang membuat seseorang memiliki kecerdasan dengan banyak keahlian. Namun, EQ juga tidak kalah penting. Karena dalam hidup ini kamu akan bertemu dengan banyak pribadi dan menggunakkan perasaan.

Bagi orang yang cerdas dan memiliki IQ tinggi dan dijadikan standar kecerdasan, namun belum tentu memiliki EQ yang seimbang dan dapat berkomunikasi dengan baik. EQ berperan untuk mengendalikan pikiran seseorang terhadap perasaan dan situasi. EQ akan menjadi peran penting bagi seseorang dalam bertindak dan membuat keputusan.

IQ jika tidak dibarengi dengan EQ, maka tidak akan seimbang dan menjadi sia-sia. Berikut ada tanda kamu memiliki EQ yang tinggi dan dapat mengendalikan intensitas emosimu dengan baik. 

Tidak Mudah Terbawa Emosi

Karena tingkat pengendalian dirimu yang tinggi dan paham akan segala situasi, maka kamu tidak akan mengambil suatu masalah hanya dari satu sisi. Kamu akan lebih mempertimbangkan banyak hal sehingga tidak terbawa emosi. Emosi adalah hal yang merusak dan akan mengganggu. Kamu mengerti akan emosi tersebut dan akan memikirkan beberapa kemungkinan yang positif yang menenangkan. Kamu akan mengerti setiap emosi yang orang lain berikan terhadapmu dan begitupun sebaliknya. Kamu memikirkan berbagai antisipasi dalam setiap masalah. Sehingga, kamu dapat menyelesaikannya dengan hati yang luas dan terkendali.

Menerima Kritik dan Saran

Pribadi dengan tingkat EQ yang tinggi akan lebih memperhatikan kritik dan saran daripada pujian. Kamu akan menganggap hal ini akan menjadi suatu hal yang dapat mengubah hidupmu lebih baik. Kamu percaya akan adanya perbedaan pendapat dan kamu menghargainya. Mungkin menyakitkan dengan kata-kata yang kurang kamu harapkan, namun kamu akan tetap stabil dan menerima hal itu dengan lapang dada. 

Kuat dalam Tekanan

Ketika kamu ada dalam tekanan yang mengganggu hidupmu dari segala arah, kamu tetap bisa mengontrol dan tetap stabil. Kamu tetap burn out namun tidak mengganggu dan kembali bersabar. Kamu akan mencari jalan keluar dari berbagai situasi dan segera memperbaikinya. 

Bisa Berteman dengan Siapa Saja

Dengan tingkat emosi yang terkendali, kamu bisa lebih banyak koneksi dan relasi. Kamu bisa menjalin hubungan dengan siapa saja karena kamu mengerti emosi dari masing-masing teman baru. Kamu dapat masuk ke berbagai lingkaran pertemanan dengan dirimu sebagai tokoh utama yang diperhitungkan. Kehadiranmu akan menjadi suatu pengontrol dalam lingkaran pertemanan. 

Motivasi yang Membangun

Karena dirimu dapat diandalkan dan memiliki kepribadian yang dewasa, maka kamu akan menjadi salah satu pribadi yang diperhitungkan dengan motivasi yang dinanti. Kamu bijaksana dan dapat menjadi suatu pembelajaran bagi setiap orang yang bertemu denganmu. Kamu dapat relate dan memahami emosi orang lain dalam suatu permasalahan kehidupan.

Nah itu dia beberapa tanda dimana kamu sebenarnya memiliki emotional intelligence. Hal ini jarang dimiliki bagi banyak orang. Hanya dengan pribadi sabar dan kuat yang mampu memilikinya. Karena, banyak orang tidak akan bisa paham dan mau mengerti kondisi sekitar. Tetap jadi dirimu sendiri ya! Namun, lebih baik jika mulai menaruh empati dan rasa simpati dari dalam diri. Coba melatih diri agar memiliki intensitas emosi yang stabil. Stay positive and be kind. Semoga bermanfaat. 

Penulis: Yosefin Natalie

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading