Sukses

Lifestyle

Perbedaan Cerdas dan Pintar: Dua Kata yang Kerap Dianggap Sama Makna, tapi Ternyata Berbeda!

Fimela.com, Jakarta Kata “cerdas” dan “pintar” pasti sudah umum didengar oleh Sahabat Fimela sejak dini. Jika seseorang mendapatkan nilai bagus di sekolah, dirinya sering diberi cap anak cerdas atau anak pintar. Jika seseorang mendapatkan prestasi yang membanggakan, cap anak cerdas dan anak pintar kembali dikeluarkan. Hal tersebut menyebabkan medan makna kata cerdas dan pintar menjadi abu-abu di masyarakat.

Dilansir dari EduBirdie, perbedaan cerdas dan pintar terletak pada proses pemerolehannya. Kecerdasan atau cerdas adalah sebuah kemampuan yang sudah ada sejak lahir. Kecerdasan seseorang terbentuk akibat faktor genetik atau keturunan. Sementara itu, kepintaran atau pintar adalah kemampuan yang seseorang peroleh melalui proses belajar. Kepintaran adalah sesuatu yang dapat diperoleh, sementara kecerdasan adalah sesuatu yang sudah menjadi bawaan sejak lahir. Tentu, orang yang memiliki kecerdasan tinggi sejak lahir tidak selalu menjadi bintang jika kemampuannya tidak diasah. Namun, itulah hal mendasar yang membedakan antara kecerdasan dan kepintaran.

Orang pintar dan orang cerdas

Orang yang cerdas dengan orang yang pintar tentu memiliki karakterisitik yang berbeda, seperti orang yang pintar lebih memiliki tendensi untuk bergerak berdasarkan apa yang dipelajari, sementara orang yang cerdas lebih fleksibel dan kreatif. Selain itu, orang cerdas lebih menggunakan logikanya dalam menghadapi sesuatu, sementara orang pintar lebih menggunakan pengetahuan yang telah ia peroleh sebelumnya. Untuk melihat perbandingannya, yuk cari tahu dari aspek kepintaran karena ia dapat diperoleh oleh siapapun, berbeda dengan kecerdasan yang sudah merupakan "hadiah" dari lahir. Dilansir dari geediting.com, berikut adalah tanda yang dimiliki oleh orang-orang yang benar-benar pintar.

Memiliki rasa penasaran yang tinggi

Rasa penasaran adalah kunci dari semuanya. Dengan rasa penasaran yang tinggi, seseorang dapat menjelajahi hal-hal baru, menanyakan hal-hal yang belum jelas, dan berupaya untuk menemukan jawaban bagi hal-hal yang belum terjawab. Orang pintar dan orang cerdas tidak akan pernah berhenti untuk belajar. Mereka haus akan hal-hal baru untuk dipahami dan dipelajari. Rasa penasaran yang dimiliki berarti seseorang memiliki keinginan yang kuat untuk mempelajari sesuatu.

Selalu belajar dari kesalahan

Semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana seseorang mengatasi kesalahan yang ia perbuat. Karakterisitik yang dimiliki oleh orang pintar adalah mereka tidak malu akan kesalahan yang mereka perbuat, melainkan mereka menerimanya dan melihatnya sebagai kesempatan untuk dirinya bisa berkembang lebih jauh dan belajar lebih lagi. 

Dapat beradaptasi dengan mudah terhadap perubahan

Dunia selalu berubah dan manusia terus dituntut untuk siap menghadapi perubahan tersebut. Kemampuan beradaptasi inilah yang menjadi salah satu kunci kepintaran seseorang. Orang yang pintar tidak hanya sekadar beradaptasi, tetapi mereka justru mencari perubahan itu sendiri. Mereka melihat perubahan sebagai sarana bagi mereka untuk berkembang, mencari hal-hal baru, dan membuat kemajuan bagi hidupnya. 

Memiliki kesadaran diri yang baik

Orang yang pintar sadar akan dirinya sendiri. Mereka menyadari sepenuhnya bagaimana pribadi mereka, apa kekuatan, kelemahan, kelebihan, kekurangan, hingga ancaman yang ada di diri mereka sendiri. Dengan menyadari kelemahan dan kekurangan diri, mereka menjadi lebih waspada dan lebih memperhitungkan hal-hal lain untuk mengatasi kelemahan dan kekurangan yang mereka miliki. Begitu pula dengan kelebihan, mereka dapat menjadikan kelebihan mereka menjadi senjata utama untuk mengarungi kehidupan. 

Memiliki pikiran yang terbuka

Dunia ini penuh dengan perspektif yang berbeda, menjadi seseorang dengan pikiran yang terbuka juga menjadi salah satu tanda orang yang pintar. Mereka bisa memahami perbedaan pendapat dan pandangan yang ada, walaupun itu bertentangan dengan apa yang mereka pahami. Orang-orang pintar menyadari bahwa cara mereka berpikir bukan satu-satunya cara untuk berpikir, melainkan ada jutaan cara berpikir di luar sana yang akan menghasilkan jutaan pandangan yang berbeda. Mereka sangat terbuka dengan ide-ide baru.

Memiliki kemampuan problem-solving

Problem-solving bukan hanya tentang mencari sebuah solusi, melainkan juga tentang bagaimana menjaga diri agar tetap tenang di bawah tekanan, bagaimana berpikir kritis, dan bagaimana membuat keputusan yang terbaik. Orang-orang yang pintar biasanya terlihat tenang dan dapat melihat sebuah kesempatan di tengah ujian yang sedang dihadapi. Problem-solving sendiri bukan tentang menghindari kesulitan yang ada, tetapi tentang merengkuh permasalahan yang ada ke dalam proses untuk mencapai kesuksesan.

Penulis: FIMELA Karina Alya

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading