Sukses

Lifestyle

Tips Renovasi Rumah Hemat Budget dengan Hasil yang Tetap Estetik, Simak Yuk!

Fimela.com, Jakarta Tips renovasi rumah hemat budget akan sangat membantumu untuk memperbaharui hunian pribadi, meski punya biaya yang minimalis. Nggak hanya itu, tips renovasi rumah yang tepat juga akan mampu menjadikan tempat tinggal lebih estetik dan nyaman untuk didiami. Meski begitu, tetap ingat ya bahwa kegiatan renovasi apapun tetap butuh perhitungan dan pertimbangan agar hasilnya nggak mengecewakan.

FYI saja bahwa renovasi adalah agenda yang wajib dilakukan bagi beberapa orang dalam mewujudkan tempat tinggal yang lebih upgrade dari sebelumnya. Nggak harus menunggu ada kerusakan di bagian atau area tertentu dulu, karena renovasi rumah sendiri bisa dilakukan jika kamu sudah bosan dengan tampilan rumah yang itu-itu saja atau karena ingin meningkatkan harga properti saat dijual nantinya. 

Meskipun renovasi rumah kerap kali dikaitkan dengan biaya yang sangat mahal, namun kamu nggak perlu khawatir lagi jika ingin melakukannya dengan budget yang pas-pasan. Pasalnya, renovasi rumah murah dan hemat biaya itu bisa banget lho dilakukan. Yuk, ketahui triknya biar kegiatan renovasi bisa tetap terjangkau dan bikin rumah semakin estetik. 

1. Perhitungkan Budget yang Dipunya

Sebelum melakukan renovasi rumah hemat budget, pastikan jika kamu sudah menghitung dana pribadi yang dipunya. Susun anggaran yang realistis atau sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan kemampuan kamu. Ini wajib dilakukan agar kegiatan renovasi murah nggak sampai mengalami over budget. 

Melakukan perencanaan uang yang matang dengan tujuan merenovasi rumah pun juga akan menghindarkan dirimu dari pengeluaran biaya yang sebenernya nggak diperlukan. Untuk tips renovasi rumah yang satu ini, kamu bisa alokasikan budget terlebih dahulu untuk material dan juga jasa tukang bangunan. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan agar bisa berjaga-jaga jika ada keperluan yang mendadak. 

Ingin memperbaharui dekorasi interior hunian? Bisa-bisa saja kok, asal kamu pertimbangkan lagi apakah itu merupakan kebutuhan utama dan paling penting atau nggak. Jika masih ada area yang perlu banget direnovasi, maka mau nggak mau kamu harus melewatinya terlebih dahulu. Setelah area yang urgent untuk direnovasi tersebut sudah selesai, barulah kamu dapat melanjutkan di tempat lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol biaya rumah sederhana dan lebih hemat budget.

2. Periksa Kondisi Rumah

Tips renovasi rumah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kondisi bangunan secara keseluruhan. Sudah jadi rahasia umum jika ingin merombak hunian sendiri wajib terlebih dahulu mengetahui kondisi rumah yang sebenarnya. Dengan mengecek bagian mana dari rumah tersebut yang rusak, perbaikan pun akan bisa direncanakan dan direalisasikan. 

Renovasi rumah hemat budget dengan melakukan langkah ini memang krusial dan penting untuk dilakukan. Terlebih, jika kamu nggak mau asal mengubah konstruksi hunian pribadi. Nah, jika menginginkan perbaikan atau renovasi rumah estetik, sebaiknya pilihlah area mana yang mau didahulukan. Adapun area tersebut haruslah yang sudah sangat mendesak untuk diperbaiki. Misalnya ketika saluran pipa bocor, dinding retak, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, jika ingin melakukan renovasi rumah 2 lantai, sebaiknya periksa kondisi bangunannya dengan lebih awal. Ini dikarenakan rumah 2 lantai harus diberikan perhatian yang cukup ekstra dan bahkan durasi perbaikannya pun memakan waktu lebih lama ketimbang renovasi rumah 1 lantai. Oleh karena itulah, ketika ingin melakukan renovasi rumah murah, kamu wajib mengetahui seluruh kondisi rumah, termasuk di setiap sudutnya.

3. Riset Harga Material dan Tukang Bangunan

Tips renovasi rumah yang nggak kalah penting adalah melakukan riset terkait harga material dan jasa tukang bangunan. Untuk yang satu ini, cobalah untuk mengunjungi beberapa toko bangunan yang berkualitas dan sudah terkenal produk-produknya. Ini meliputi toko offline dan online. Cek satu per satu harga-harga yang ditawarkan oleh setiap toko. Setelah itu, bandingkan harganya dan pilih yang menurutmu paling bagus serta pas di hati.

Selain itu, bisa juga berkonsultasi terlebih dahulu kepada para arsitek atau kontraktor berpengalaman jika ingin melakukan renovasi rumah hemat budget. Biasanya, mereka akan memberikan saran yang tepat untuk pemilihan material yang bagus dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan hunian pribadimu. 

Setelah selesai memilih material, saatnya kamu mencari jasa tukang bangunan yang tepat. Untuk satu ini, kamu bisa meminta rekomendasi dari teman dekat atau keluarga yang sudah pernah melakukan renovasi rumah murah sebelumnya. Jangan lupa untuk mengecek portofolio proyek yang sebelumnya pernah dilakukan oleh tukang atau kontraktor tersebut. Jika sudah menentukan bahan material dan jasa tukang yang akan digunakan, waktunya tinggal renovasi rumah 2 lantai atau 1 lantai yang kamu miliki. 

4. Tentukan Desain Renovasi

Menentukan desain juga merupakan salah satu bagian penting dalam tips renovasi rumah. Dengan adanya desain renovasi rumah estetik ini, kamu bakal bisa mengira-ngira berapa besaran biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Nah, jika ingin melakukan renovasi rumah hemat budget, maka gaya minimalis bisa banget jadi pilihan tepatnya. 

Rumah bergaya minimalis umumnya menggunakan material yang lebih sedikit dan waktu pengerjaan renovasinya pun juga nggak lama. Selain itu, biaya renovasi rumah sederhana dengan gaya minimalis biasanya lebih kecil, karena desain yang digunakan pun nggak terlalu rumit dan detailnya juga nggak banyak. Jika ragu untuk memilih desain rumah yang tepat, kamu bisa lho mencarinya terlebih dahulu di internet atau bisa pula langsung berkonsultasi ke arsitek serta kontraktor bangunan. 

5. Pertimbangkan Prioritas Renovasi

Adapun tips renovasi rumah selanjutnya yaitu mempertimbangkan prioritas renovasi. Mungkin banyak dari kamu yang langsung memperbaharui bagian-bagian rumah tanpa berpikir dulu apakah hal itu memang diperlukan atau nggak. Padahal, jika ingin melakukan renovasi rumah hemat budget, menentukan prioritas itu sangat diperlukan. 

Bayangkan saja jika kamu langsung merenovasi banyak bagian rumah secara bersamaan, maka bisa saja biaya renovasi rumah sederhana yang seharusnya murah jadi lebih mahal atau berakhir dengan terjadinya over budget. Itulah mengapa, kamu harus menentukan skala prioritas dan mengambil keputusan yang benar pada saat melakukan renovasi rumah 2 lantai atau 1 lantai. 

6. Perbarui Tampilan Rumah dengan Mengecatnya Ulang

Tips renovasi rumah berikutnya yang bisa kamu coba yakni mengecat ulang dinding agar penampilannya semakin baru dan berbeda. Jika ingin melakukan renovasi rumah hemat budget, maka penggunaan cat dinding interior dan eksterior perlu banget dipertimbangkan. Cari dan pilih cat dinding eksterior serta interior yang mampu menjawab kebutuhan tempat tinggalmu. 

Untuk urusan renovasi rumah estetik, kamu bisa banget jatuhkan pilihan ke cat-cat dengan banyak ragam opsi warna. Selain yang bisa menghiasi rumah pribadimu, cari pula cat yang mampu memberikan perlindungan pada tembok rumah dari segala jenis musim. Dengan begitu, tembok rumahmu nggak hanya akan menjadi cantik, tapi juga kuat dan nggak gampang mengalami kebocoran. 

7. Renovasi Sendiri

Jika dirasa belum mampu menyewa jasa tukang bangunan, maka merenovasi rumah dengan tenaga sendiri bisa menjadi solusinya. Tips renovasi rumah satu ini bisa menjadi upaya untuk menghemat pengeluaran di kala kamu ingin mewujudkan tampilan hunian dengan kesan baru dan lebih indah. 

Walau begitu, yang namanya renovasi rumah hemat budget tetaplah harus dilakukan dengan skill dan teknik tertentu. Ini agar hasilnya bisa bagus dan memuaskan keinginanmu. Sebagai saran saja, kamu dapat melakukan sendiri aktivitas renovasi sederhana, seperti mengganti cat tembok, memasang ubin, membenarkan atap, hingga membuat perabotan serta barang-barang DIY. Berbagai kegiatan tersebut biasanya memakan biaya renovasi rumah sederhana yang lebih sedikit dan bikin kamu jadi lebih hemat. 

8. Gunakan Furniture Multifungsi

Untuk menekan biaya renovasi rumah sederhana, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan furniture multifungsi. Selain memungkinkan dirimu untuk nggak perlu membeli perabotan yang banyak, furniture yang multifungsi juga nggak akan makan banyak ruang, lho. Sehingga rumah bisa jadi lebih lega dan nyaman didiami. Bahkan, tips ini akan sangat efektif di kala hendak melakukan renovasi rumah subsidi, yang kebanyakan berukuran lebih kecil.

Untuk tips renovasi rumah murah ini bisa kamu mulai dengan membeli sofa bed, meja makan yang dapat dilipat, kasur lipat, dan sebagainya. Biar lebih praktis dan hemat, kamu bisa membelinya di e-commerce. Soalnya, di beberapa platform belanja biasanya akan menawarkan banyak sekali promo, seperti diskon besar-besaran, gratis ongkir, hingga cashback yang pasti bikin kamu super untung. So, tunggu apa lagi? Segera check out produk-produk pilihanmu di e-commerce kesayangan, ya!

9. Manfaatkan Barang Second Hand Sebagai Dekorasi

Kegiatan renovasi rumah estetik sebenarnya nggak selalu harus melibatkan barang-barang baru. Dengan bermodalkan barang second hand saja, kamu sudah bisa mendekorasi hunian pribadi agar jadi lebih indah, estetik, dan memukau. 

Strategi renovasi rumah murah ini memang memiliki banyak keuntungan. Selain mengurangi limbah rumah tangga, tips ini pun juga bisa membuatmu lebih hemat karena nggak perlu membeli lagi barang-barang untuk menghiasi hunian pribadi.

Untuk melakukan renovasi rumah subsidi, kamu bisa berkreasi sesukamu dengan barang-barang second hand yang dipunya. Mau melakukan DIY yang kreatif dan inovatif juga nggak masalah, selama hasilnya bagus dan bisa memuaskan keinginanmu. 

10. Donasikan Barang-Barang yang Sudah Nggak Diperlukan

Ketika melakukan renovasi rumah estetik, seringkali orang-orang lupa akan keberadaan barang-barang yang sudah menumpuk akibat nggak pernah digunakan lagi. Padahal, membiarkan hal tersebut justru akan membuat ruangan di dalam rumah jadi sumpek dan kurang nyaman ditempati. 

Jika dirasa sayang untuk membuangnya, maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah mendonasikan barang-barang tersebut ke orang lain atau tempat penampungan barang. Ketahuilah bahwa tips ini akan sangat berguna buat kamu, terlebih jika ingin melakukan renovasi rumah subsidi, yang pada dasarnya memiliki ruangan terbatas. Jadi, berminat untuk menerapkannya?

Berbagai tips renovasi rumah seperti di atas tentu saja bisa kamu cobain sendiri. Dengan merencanakan renovasi rumah dengan cermat, kamu pun akan bisa mencapai perubahan yang signifikan tanpa harus melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Ingatlah bahwa keberhasilan renovasi nggak selalu tergantung pada seberapa besar uang yang dihabiskan, tetapi pada perencanaan yang matang dan pengelolaan sumber daya dengan bijak. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading