Sukses

Lifestyle

Kupas Tuntas Rahasia Meratakan Kulit Belang Pada Tubuh, Yuk Upgrade Penampilan Biar Semakin Pede

Fimela.com, Jakarta Rahasia meratakan kulit belang bisa menjadi salah satu langkah mudah yang bisa kamu coba sendiri. Sebenarnya setiap manusia diberkahi dengan warna kulit yang beragam. Ada yang cerah, kuning langsat, sawo matang, hingga kulit berwarna gelap. Akan tetapi, apa jadinya jika kulit belang pada tubuh menimpa dirimu? Pasti akan jadi kendala bukan untuk mengekspresikan penampilan sebebasnya?

Kulit yang belang pada dasarnya bisa dialami oleh siapa saja. Terjadinya hal ini pun nggak memberikan ancaman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, banyak orang yang lebih memilih memiliki warna kulit yang rata serta indah, ketimbang belang di area tubuh sana dan sini. Itulah mengapa rahasia meratakan kulit belang sangat dibutuhkan untuk mengatasinya.

Nah, buat kamu yang mengalami permasalahan serupa dan minder buat berpenampilan sebebasnya, maka informasi di bawah ini wajib banget untuk disimak. Apa saja, ya?

Benarkah Sinar Matahari Jadi Penyebab Kulit Belang

Banyak orang awam yang mungkin akan mengira bahwa semua penyebab kulit belang adalah karena sinar matahari. Padahal, kulit belang akibat matahari sendiri merupakan satu dari sejumlah faktor yang menyebabkan kulit belang pada tubuh manusia. 

Kulit belang yang ditandai dengan adanya perbedaan warna kulit pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja seperti vitiligo yang disebabkan oleh rusaknya sel-sel penghasil pigmen kulit dan luka yang mengakibatkan munculnya warna lebih gelap dari warna area kulit lainnya. 

Di sisi lain, paparan sinar matahari memang bisa dikatakan sebagai penyebab paling umum dari kasus kulit tubuh belang. Kulit belang akibat matahari biasanya bisa terjadi ketika kamu berada di luar ruangan dalam waktu yang lama, misalnya untuk mengendarai motor. Inilah mengapa, kebanyakan pengendara motor memiliki kulit belang di tangan. Selain karena terlalu lama terpapar berada di bawah terik matahari, mereka pun juga nggak menggunakan sunscreen yang mampu melindungi kulit dari efek buruk matahari. 

Solusi Efektif Atasi Kulit Belang Pada Tubuh

Kulit belang pada tubuh memang bisa mengganggu estetika penampilan. Selain itu, kamu pun pastinya akan kesulitan untuk memilih model busana favorit, terutama yang sedikit terbuka dan mengekspos area kulit belangmu. Meski begitu, kamu nggak perlu galau lagi, kok. Pasalnya, ada beberapa rahasia meratakan kulit belang yang bisa dicoba secara praktis dan efektif. Penasaran? Simak yuk ragam tips bermanfaatnya!  

1. Rajin Eksfoliasi Kulit Belang

Rahasia meratakan kulit belang yang pertama bisa diupayakan dengan rajin melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit belang pada tubuh dipercaya mampu membuat warna kulit kembali merata secara perlahan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel baru. Selain itu, eksfoliasi kulit belang juga bisa membuat permukaan kulit lebih halus dan lembut. Untuk alasan tersebut, kamu bisa mencoba tips meratakan kulit belang yang satu ini.

Jika ingin memilih eksfoliasi secara kimiawi untuk kulit belang pada tubuh, kamu dapat mencoba skincare yang telah diformulasikan dengan kemampuan mengangkat sel-sel kulit mati dan mampu mendorong produksi kolagen. Dengan catatan, kamu juga wajib memilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit.

Sementara itu, jika lebih menyukai eksfoliasi dengan bahan alami, kamu dapat mencoba meracik sendiri scrub dari campuran bubuk kopi dan minyak zaitun atau butiran gula dan madu. Semua bahan alami ini memiliki khasiat yang begitu baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, sehingga bisa kamu cobai sendiri di rumah. 

2. Masker Secara Rutin

Rahasia meratakan kulit belang selanjutnya bisa dilakukan dengan rutin memakai masker. Cara menghilangkan kulit belang di wajah yang satu ini memang bukan hal yang wajib dan esensial. Meski begitu, manfaatnya untuk mencerahkan kulit tetap bisa dipercaya, sehingga banyak orang yang menggunakannya. 

Ada banyak produk masker untuk meratakan kulit belang pada tubuh yang saat ini diperjual belikan. Kandungan di dalamnya pun berbeda-beda, karena dibuat berdasarkan kebutuhan para konsumen. Akan tetapi, jika kamu mencari masker pencerah kulit dan mampu mengatasi warna kulit belang, maka ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. 

Produk masker untuk meratakan kulit belang yang bagus biasanya mengandung ragam ekstrak bahan alami dan multivitamin. Selain itu, khasiatnya pun bukan hanya mampu meratakan warna kulit saja, tetapi juga memberikan kelembapan serta membuat kulit jadi tampak flawless. 

3. Gunakan Sunscreen dan Jangan Lupa Reapply

Rahasia meratakan kulit belang yang selanjutnya ternyata terletak pada pemakaian sunscreen. Ketika berada di luar ruangan saat siang hari, mau nggak mau kulit harus terkena paparan sinar matahari. Hal seperti ini tentunya nggak bisa dicegah, namun untuk masalah kulit belang pada tubuh sudah pasti bisa diantisipasi. Ya salah satu caranya dengan rajin mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya.  

Tabir surya memang bisa dibilang sebagai salah satu skincare esensial dan wajib digunakan agar kulit tubuh bisa terbebas dari efek negatif paparan sinar UV yang merugikan. Penggunaan yang dilakukan secara rutin pun terbukti dapat menjadi cara meratakan kulit belang akibat matahari. Walau begitu, perlu diingat bahwa lotion untuk meratakan kulit belang ini perlu diaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali agar kulit tubuh dapat terlindungi dengan sempurna dari sinar matahari. 

4. Penuhi Cairan dan Nutrisi untuk Tubuh

Jika ingin warna kulit belang cepat hilang, maka memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi seimbang di dalam tubuh harus selalu diperhatikan. Rahasia meratakan kulit belang yang satu ini sangat efektif dan mampu memberikan khasiat yang baik buat kesehatan serta kecantikan kulit kamu. 

Perlu diketahui bahwa rajin minum air putih nyatanya mampu menghidrasi tubuh dan membuat kulit jadi lebih lembap. Sementara memberikan nutrisi yang cukup buat tubuh mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan minim akan permasalahan. 

Nah, buat yang ingin mencoba cara meratakan kulit belang, sebaiknya mulailah dengan memilah-milih santapan yang dimakan sehari-harinya. Misalnya saja, kamu bisa menambahkan sayur-sayuran, buah-buahan yang kaya akan vitamin serta mineral, serta ikan yang tinggi kolagen ke dalam daftar bersantapmu. 

5. Pakai Serum Vitamin C

Mengatasi kulit belang pada tubuh dengan menggunakan serum vitamin C bisa menjadi solusi efektif dan lebih terjangkau yang bisa kamu terapkan. Selain dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, vitamin C nyatanya juga memiliki kemampuan untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti kulit belang contohnya. 

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin C dapat mengatasi berbagai kerusakan kulit belang akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan ini juga bisa menghambat enzim tirosinase, sehingga kinerja pigmen melanin yang berfungsi memberi warna pada kulit juga bisa dikurangi dan nggak membuat kulit belang akibat matahari. 

Cara meratakan kulit belang wajib banget dilakukan bila kamu ingin mendapatkan warna kulit rata dan cerah bersinar. Namun, dalam memilih produk skincare yang mengandung vitamin C pun juga perlu diperhatikan. Cari yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Bila memiliki kulit yang terlalu sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ahli agar bisa mengetahui apakah vitamin C ini boleh dipakai atau sebaiknya dihindari. 

6. Oleskan Gel Lidah Buaya

Selain menggunakan produk skincare, mengatasi kulit belang pada tubuh ternyata juga bisa dicoba dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Lidah buaya salah satunya, yang memiliki ragam khasiat yang baik buat kecantikan dan kesehatan tubuh serta kulit. 

Wajib kamu tahu bahwa lidah buaya atau aloe vera memiliki sejumlah kandungan di dalamnya yang membuat kulit jadi lebih sehat dan cantik. Adapun kandungan tersebut yakni kalsium, antioksidan, zat polisakarida, sterol, serta vitamin A, C, dan E yang bermanfaat untuk mencerahkan juga meratakan warna kulit belang. 

Untuk menerapkan cara meratakan kulit belang, kamu bisa banget mengolah gel lidah buaya menjadi masker untuk meratakan kulit belang. Selain masker wajah, aloe vera ini dapat pula dijadikan sebagai body lotion untuk kulit belang dan mengatasi permasalahan kulit lainnya yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

7. Manfaatkan Bengkuang

Cara meratakan kulit belang selanjutnya dapat dicoba dengan memanfaatkan bengkuang. Masker untuk meratakan kulit belang yang terbuat dari bengkuang dipercaya ampuh untuk mencerahkan dan menjaga kulit tetap bersinar berkat vitamin B dan C yang terkandung di dalamnya. Selain itu, bengkuang pun memiliki khasiat yang baik untuk membantu merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Nah, buat yang ingin mencoba masker lulur alami ini, kamu cukup parut saja bengkuang dan tambahkan sedikit air matang. Setelah itu, peras dan ambil air tersebut untuk dijadikan sebagai masker lulur alami. 

8. Teh Hijau Sebagai Solusi

Masker untuk meratakan kulit belang ternyata bisa dibuat dari teh hijau. Senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dan antioksidan di dalamnya dipercaya dapat meratakan warna kulit dan membuatnya semakin cerah. 

Cara menghilangkan kulit belang di wajah, kulit belang di tangan, dan area lainnya ini cukup dilakukan dengan mencampurkan teh hijau bubuk, madu, dan aloe vera. Kemudian, gosokan campuran tersebut secara perlahan di area kulit yang belang. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu agar hasilnya bisa terlihat. 

9. Konsumsi Kolagen

Rutin mengonsumsi kolagen menjadi salah satu jawaban yang tepat untuk menghilangkan kulit belang akibat matahari dan sekaligus mencerahkannya. Cara menghilangkan kulit belang di wajah ini layak dicoba mengingat khasiat yang diberikan oleh kolagen sangat banyak. Bahkan, kandungan ini bukan hanya mampu menghilangkan kulit belang di tangan dan area tubuh lainnya, tetapi juga bisa diandalkan untuk menjaga kulit tetap sehat serta awet muda. 

10. Jalani Treatment Medis

Cara menghilangkan kulit belang di wajah yang terakhir adalah melalui treatment dari medis. Meskipun harus merogoh isi kantung, namun hasil dari menjalani perawatan medis ini memberikan dinilai sangat efektif dan lebih aman.

Jika ingin menghilangkan kulit belang di tangan, wajah, dan area tubuh lainnya, ada beberapa pilihan perawatan yang bisa kamu ambil. Mulai dari perawatan laser, terapi IPL, hingga chemical peel. Pilih yang mana kamu butuhkan, dan raih kulit bersinar serta tanpa belang. 

Rahasia meratakan kulit belang seperti di atas tentunya dapat kamu pertimbangkan untuk dilakukan. Selain beberapa tips di atas, ingatlah untuk selalu menjaga gaya hidup yang sehat agar kulit bisa tetap cantik dan cerah maksimal. Ini bisa dimulai dengan rajin mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi, rutin berolahraga, menghindari aktivitas begadang, serta memenuhi waktu tidur yang cukup. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading