Sukses

Lifestyle

7 Model Dapur Minimalis Nan Cantik dengan Kesan Modern dan Rapi

Fimela.com, Jakarta Desain interior terus berkembang dan model dapur minimalis menjadi pilihan yang semakin diminati. Dapur minimalis menonjolkan konsep sederhana, efisien, dan estetis yang menjadikannya pilihan populer di tengah gaya hidup modern. 

Model dapur minimalis tidak hanya memberikan tampilan yang bersih dan rapi, tetapi juga menciptakan suasana yang nyaman untuk kegiatan memasak dan berkumpul bersama keluarga.

Berbagai model dapur minimalis berikut dapat menjadi inspirasi untuk model dapur di rumah, berikut penjelasannya seperti yang telah dirangkum pada Jumat (19/01/2024). 

Model Chic Scandinavian

Gaya desain interior Chic Skandinavia kini menjadi salah satu konsep yang tengah populer dan diminati. Ciri khasnya adalah kesan ramping yang dipadukan dengan alam, menggunakan material kayu dan didominasi oleh warna-warna netral. 

Untuk mengadopsi gaya ini di dapur, pilih furnitur yang simpel dengan warna-warna netral sebagai palet utama. Selain itu, tetap berfokus pada unsur kayu pada kursi makan atau mini bar. 

Model Kontemporer

Tampilan mewah dan anggun tetapi tetap terasa maskulin pada dapur dapat diwujudkan dengan menggunakan gaya kontemporer pada desain interiornya. Disarankan untuk memilih palet warna yang lebih gelap guna menonjolkan kesan maskulin yang kuat.

Sebagai contoh, pada perabot dapur, alih-alih menggunakan warna putih, gunakan warna gelap seperti coklat tua atau bahkan hitam supaya lebih sesuai dalam desain dapur yang berkonsep kontemporer. Seimbangkan warna gelap tersebut dengan pencahayaan yang optimal supaya tidak bernuansa kelam.

Model Minimalis Industrial

Model industrial menerapkan teknik tanpa penyelesaian pada dinding batu bata sehingga menciptakan kesan dapur minimalis modern yang mewah dan elegan, memberikan daya tarik yang unik. Sentuhan tanpa penyelesaian juga bisa diaplikasikan pada beberapa titik lain di dalam dapur.

Sebagai alternatif dari bata merah, mencoba menggunakan bata dengan warna putih dan abu-abu dapat memberikan kesan minimalis yang lebih mencolok di dalam dapur. Dengan dominasi warna putih dan abu-abu di seluruh ruang dapur, serta penggunaan kabinet putih dan furnitur dapur lainnya dengan warna abu-abu atau silver muda yang diatur dengan rapi, detail yang khas dari gaya industrial akan terlihat. 

Model Monokrom

Gaya dapur minimalis modern yang mengusung nuansa monokrom belakangan ini sedang sangat diminati. Desain dengan perpaduan hitam dan putih menciptakan tampilan yang maskulin. Keseimbangan antara dua warna yang berlawanan menampilkan kesan mewah dan estetik secara harmonis.

Untuk menghindari kesan monoton, tambahkan sentuhan material kayu sebagai aksen yang memberikan kesan hangat di ruang minimalis, terutama pada bagian kitchen set. Keberhasilan desain interior dapur dengan gaya monokrom adalah permainan warna yang seimbang. 

Model Klasik Mewah

Model klasik menciptakan atmosfer yang mewah dan menekankan keanggunan. Untuk menerapkannya, pilihlah kitchen set, kursi, meja makan, dan elemen pendukung lainnya dengan sentuhan gaya vintage.

Optimalnya, pilihlah yang terbuat dari material kayu alami berwarna coklat. Namun, furnitur kayu yang dicat dengan warna putih gading juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kesan kemewahan. Tambahkan chandelier bergaya klasik sebagai sentuhan akhir yang akan semakin memperkuat tampilan mewah pada dapur.

Model Nuansa Kayu

Model dapur yang mengusung konsep minimalis modern dan mewah juga bisa memberikan kesan hangat dan nyaman dengan mengaplikasikan warna coklat yang cukup pekat sebagai dominan. 

Warna coklat dapat diaplikasikan untuk menciptakan suasana yang hangat dan nyaman di dapur, terutama dengan menambahkan perabot dari bahan kayu seperti kursi bar, meja, dan kabinet. Memaksimalkan penggunaan cahaya alami adalah solusi supaya model ini tidak menciptakan suasana gelap.

Model Dapur Tanpa Ruang Makan

Model dapur tanpa ruang makan semakin diminati akhir-akhir ini sebagai solusi efisien untuk menghemat ruang. Kitchen set dapat berfungsi tidak hanya sebagai tempat penyimpanan perlengkapan dapur, tetapi juga dapat diubah menjadi tempat bersantap. 

Pilih material marmer pada kitchen set, karena memberikan tampilan yang indah dan elegan dan juga memudahkan dalam membersihkan area dapur setelah memasak atau makan. 

Apa itu Konsep Skandinavia?

Salah satu konsep interior yang sedang populer saat ini adalah gaya Scandinavian. Gaya desain ini mengusung sederhana dan elegan, terinspirasi oleh alam dan iklim di wilayah Eropa Utara, yang juga dikenal sebagai gaya Nordic.

Apa itu Gaya Desain Modern Minimalis?

Gaya interior minimalis merupakan pendekatan desain yang dikenal dengan penekanan pada penghematan dalam elemen dekoratif. Gaya minimalis secara umum diasosiasikan dengan sederhana, fungsional, dan tata letak yang rapi. Konsep ini juga memiliki keterkaitan dengan kemajuan teknologi. 

Apa Saja Ciri Ciri Gaya Desain Interior Industrial?

Desain ruangan bergaya industrial memperlihatkan langit-langit tinggi dan terbuka, dinding yang terkesan belum selesai, pencahayaan alami yang maksimal, perabot serba besi, dan dekorasi dengan sentuhan bahan metal atau besi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading