Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Kurang dalam Mencintai Diri Sendiri, Self Love Lebih Penting!

Fimela.com, Jakarta Psikologi cinta diri atau self love menekankan pada menjalani kehidupan yang sadar. Menyadari siapa diri kita terkait dengan melatih perhatian. Ilmu pengetahuan spiritual selalu menekankan bahwa pikiran manusia adalah segalanya. Pikiran bisa menjadi musuh atau teman. Untuk menjadikan pikiranmu seorang teman, pembicaraan yang baik dengan diri sendiri sangatlah penting. Tetap selaras dengan emosimu adalah salah satu prinsip utama dalam mengenal diri sendiri sepenuhnya.

Dengan seni menguasai indera dan menyadari siapa diri kita, konsep cinta diri ikut berperan. Cinta diri mengajarkanmu untuk memperlakukan diri sendiri dengan hormat. Ini tentang memprioritaskan kebutuhan dan keinginan seseorang. Ini adalah cara menerima siapa dirimu dan menerima kekuranganmu, percaya pada diri sendiri. Menjaga pikiran, tubuh, dan kesejahteraan emosional adalah definisi cinta diri yang sebenarnya. Dan berkut

Mencintai diri sendiri meningkatkan kepercayaan diri dan merangsang pertumbuhan dalam segala hal. Namun, masalah psikologis utama yang dihadapi kebanyakan orang adalah penerimaan diri. Kurangnya penerimaan diri menyebabkan kurangnya cinta diri. Ini adalah faktor utama yang menentukan perilaku depresi dan suasana hati yang buruk dan terus-menerus. Membuat perbandingan yang salah dan mengabaikan kebutuhan diri sendiri akan merusak kepercayaan diri dan tujuan hidup.

Berikut 7 tanda kamu kurang mencintai diri sendiri. Perhatikan tanda-tanda ini dan carilah pendekatan yang lebih baik untuk membuatmu lebih sehat.

1. Meremehkan Pencapaian

Salah satu alasan utama kurangnya cinta diri adalah meremehkan pencapaianmu. Suatu perilaku yang meliputi tidak menghargai prestasi, selalu mencari kekurangan, dan tidak menerima prestasi kecil dalam hidup. Berharap terlalu banyak pada diri sendiri disertai rasa ragu pada diri sendiri, dan selalu memikirkan fase-fase sulit dalam hidup yang berujung pada kegagalan adalah tindakan kurang mencintai diri sendiri.

2. Menjauh dari Orang Terdekat

Tanda besar lainnya yang membuktikan kurangnya cinta diri adalah menjadi orang yang suka selalu menarik diri. Menghindari pertemuan sosial dan merasa tidak nyaman saat berinteraksi dengan orang lain menunjukkan kurangnya rasa percaya diri dan rendahnya harga diri.

3. Memiliki Cinta Diri yang Negatif

Merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, merasa malu mengenakan pakaian tertentu, atau terus-menerus menyalahkan diri sendiri karena kelebihan berat badan atau terlalu kurus, ini adalah tanda-tanda tidak mencintai diri sendiri apa adanya. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang tidak senang dengan penampilan atau kepribadiannya, yang merupakan tanda rendahnya rasa cinta pada diri sendiri.

4. Takut akan Dihakimi

Mencari pengakuan dari orang lain adalah tanda utama berkurangnya harga diri. Selalu mencari persetujuan dan takut dihakimi menunjukkan bahwa kamu memiliki harga diri yang rendah dan kurang mencintai diri sendiri. Pikiran terus-menerus memberitahu kita untuk berperilaku dengan cara tertentu yang akan dihargai orang lain. 

5. Menarik Diri Sendiri

Terus-menerus meragukan pilihan-pilihanmu dalam hidup mengarah pada sikap mencela diri sendiri. Perasaan putus asa dan kurangnya motivasi membentuk pola pikir utama. Mengkritik pilihan atau keputusan yang dibuat dalam hidup membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri.

6. Terlalu Sulit Menetapkan Batasan

Mengorbankan kebutuhan pribadi untuk orang lain terbukti sulit dalam menetapkan batasan. Ini juga berarti tidak mampu menetapkan jarak aman dalam hubungan. Sikap menyenangkan orang lain menyebabkan krisis identitas dan hilangnya individualitas.

7. Menggambarkan Perbandingan yang Tidak Diinginkan

Pikiran mencoba memupuk pikiran negatif sehingga menimbulkan rasa bersalah dan keraguan. Ini tentang berpikir bahwa orang lain lebih beruntung darimu. Daripada berfokus pada pertumbuhan pribadi, membandingkan pilihan atau cara hidup orang lain justru merugikan kesejahteraan seseorang. Menggambar perbandingan yang tidak diinginkan akan menanamkan citra diri yang negatif dalam pikiran.

Perlu diketahui, bahwa cinta diri sangatlah penting. Sebelum dirimu mencintai orang lain, cobalah untuk mencintai diri sendiri dan kamu akan mengerti arti cinta yang sebenarnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading