Sukses

Lifestyle

5 Tips Memilih Destinasi Liburan Akhir Tahun yang On Budget

Fimela.com, Jakarta Menjelang akhir tahun, banyak sekali penawaran liburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa destinasi wisata tersebut menawarkan aktivitas dan atraksi yang menarik perhatian kita. Namun, yang menjadi salah satu permasalahan adalah pada anggaran atau pengeluaran yang dibuat. 

Tidak semua tempat liburan kita bisa kunjungi karena lokasinya yang jauh. Bukan hanya itu, meskipun ada tempat liburan yang indah dan sesuai dengan apa yang diinginkan, tapi harga atau uang yang dikeluarkan banyak. Hal ini bukan mengartikan bahwa liburan harus mengeluarkan biaya yang banyak. Namun, indikator liburan yang sesuai anggaran adalah perencanaan yang matang.

Meskipun terdengar sepele, perencanaan adalah salah satu aspek paling penting saat ingin melakukan liburan dengan budget. Memang tidak perlu untuk diikuti 100% sesuai dengan perencanaan, tetapi setidaknya harus diikuti 70-90 persen perencanaan agar anggaran atau pengeluaran tidak membludak. 

Untuk Sahabat FIMELA yang merasa kesulitan untuk membuat rancangan saat ingin melakukan liburan akhir tahun, berikut adalah tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuat rencana liburan yang sesuai dengan keinginan dan ramah dompet. Tips ini diberikan oleh Thetraveldeck.com.

 

 

Bikin Ide untuk Liburan

Untuk menentukan destinasi liburan, kamu perlu membuat daftar minat dan ide kamu. Hal-hal yang ingin kamu lakukan dan minat kamu akan menentukan banyak tempat yang harus kamu cari. Jika kamu kekurangan inspirasi, kamu tidak perlu khawatir. kamu dapat mencari inspirasi di langkah berikutnya.

Untuk memulai, tanyakan pada diri kamu, “hal apa yang paling menarik minat kamu?” dan “hal-hal apa yang ingin kamu lakukan?”

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menentukan banyak tujuan yang harus kamu pertimbangkan. Misalnya, jika kamu tertarik dengan sejarah dan budaya, kamu dapat mempertimbangkan kota-kota tua di Eropa seperti Roma atau Athena. Jika kamu mencari tempat yang jauh, kamu dapat mempertimbangkan negara-negara Asia seperti Thailand atau Indonesia.

 

 

Inspirasi

Jika kamu ingin liburan, tetapi masih belum tahu ingin kemana, mencari inspirasi melalui media sosial juga sangat bagus dilakukan. Carilah destinasi wisata yang dapat membuatmu senang, disisi lain inspirasi ini dapat menjadi motivasi diri agar kita dapat bekerja lebih keras untuk mengumpulkan uang. 

Kamu bisa gunakan aplikasi seperti Instagram, Google, TikTok, dan lain-lain untuk mencari lokasi liburan. Intinya lakukan riset sederhana. Dari satu topik kamu pastinya akan mendapatkan topik dan ide yang banyak tentang lokasi dan destinasi wisata.

Namun, jangan lupa untuk memutuskan ke negara atau daerah mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu. Dari sini, kamu bisa dengan mudah menentukan destinasi yang diinginkan. 

 

 

Putuskan Budget

Nah, di titik ini kamu sudah memutuskan destinasi mana yang ingin kamu kunjungi. Selanjutnya adalah buat anggaran untuk liburan. Pikirkan seberapa banyak uang yang kamu butuhkan. Selalu pikirkan biaya konsumsi, transportasi, dan biaya untuk kesenangan, serta aktivitas lainnya. 

Setelah itu, kamu harus mulai mempersempit daftar tujuan. Pikirkan baik-baik, berapa uang yang ingin kamu keluarkan untuk liburan. Karena tidak semua tujuan memiliki biaya yang sama, mengetahui berapa banyak yang ingin kamu keluarkan akan membantumu menentukan tempat mana yang sesuai dengan budget mu. Setelah langkah ini, daftarmu pasti akan menyempit, setelah kamu menghilangkan tempat-tempat yang terlalu mahal.

Menetapkan budget bukan hanya cara untuk mempersempit daftarmu. Ini juga akan membantumu tetap pada kemampuanmu sendiri. Seperti saat memesan hotel, tur, atau mencari restoran, kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang mampu kamu beli secara realistis.

Penerbangan adalah salah satu pengeluaran terbesar saat merencanakan liburan dan menemukan penerbangan murah bisa jadi sulit jika kamu mencari sendiri penawarannya di situs web maskapai penerbangan. Disarankan untuk membeli tiket jauh-jauh hari sebelum liburan. 

 

 

Daftar Tujuan Utama

Sekarang, kamu mungkin memiliki beberapa tujuan yang tersisa dalam daftar kamu. Jika kamu mengikuti tips di atas, maka setiap tujuan yang tersisa adalah pilihan yang baik.

Namun, untuk mempersempit daftar kamu menjadi satu opsi, lakukan riset mendalam untuk setiap tujuan. Cari tahu sesuatu yang lebih menarik bagi kamu dibandingkan dengan tujuan lainnya. Ini bisa berupa hal apa pun, mulai dari:

  • Lokasi yang tidak biasa untuk dikunjungi atau atraksi wisata,  
  • Pilihan penginapan tambahan atau lebih ramah anggaran,  
  • Kemudahan navigasi.

Waktu Berlibur

Saat memilih destinasi liburan, pertimbangkan juga waktu dalam setahun. Cuaca di setiap tempat berbeda-beda, jadi penting untuk mengetahui waktu terbaik untuk berkunjung.

Jika kamu ingin menghindari kerumunan wisatawan, pertimbangkan untuk mengunjungi destinasi tersebut di luar musim ramai. Secara umum, kamu akan menemukan cuaca yang bagus dan menghindari banyak keramaian.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih destinasi liburan berdasarkan waktu dalam setahun:

  • Lihatlah peta cuaca.     
  • Cari tahu tentang musim di destinasi.     
  • Baca ulasan dari wisatawan lain.         

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, kamu dapat memilih destinasi liburan yang sempurna untuk kamu.

 

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading