Sukses

Lifestyle

Biar Terhindar dari Cedera, Ini 4 Tips Aman yang Bisa Dicoba Saat Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Gaya hidup yang seimbang semakin banyak dilakukan oleh orang-orang. Mulai dari memilih makanan yang lebih sehat, tidur dengan durasi yang cukup, dan nggak ketinggalan rutin melakukan olahraga. Yup, olahraga dianggap sebagai salah satu kunci kesehatan dan kebugaran pada tubuh. Bahkan, kegiatan aktif ini pun telah menjadi tren seiring berjalannya waktu.

Ada banyak jenis olahraga yang kini digandrungi oleh sebagian besar orang. Mulai dari jogging, tenis, badminton, basket, sepak bola atau bahkan pergi ke tempat gym. Tapi, apapun yang menjadi pilihan olahraga kamu, usahakanlah untuk tetap memperhatikan keselamatan agar bisa terhindar dari berbagai bentuk cedera. Yuk, intip beberapa safety tips ini biar aktivitas olahragamu tetap lancar dan terbebas dari risiko cedera.

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga, sebaiknya lakukanlah pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini bersifat wajib agar tubuh bisa lebih siap secara fisik dan mental pada saat melakukan aktivitas yang lebih intens. Lakukan peregangan ringan dan latihan pemanasan selama kurang lebih 5-10 menit sebelum memulai latihan utama. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, memanaskan otot, dan mengurangi risiko cedera otot serta sendi.

2. Pakai Sepatu yang Nyaman

Pemilihan sepatu olahraga yang tepat menjadi hal selanjutnya yang wajib kamu perhatikan. Mengapa demikian? Pasalnya, sepatu olahraga sendiri berguna untuk mendukung kaki kamu dan mencegahnya dari risiko cedera. Maka dari itu, pastikan sepatu yang dipilih sudah sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukan. 

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh 

 

Dehidrasi dapat berdampak serius pada kinerja olahraga dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan kamu minum cukup air sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Untuk jumlah yang dianjurkan sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada intensitas olahraga dan kondisi cuaca. Di samping memenuhi kebutuhan cairan, jangan lupa juga untuk menyantap makanan ringan atau camilan sebagai sumber energi kamu saat melakukan olahraga.

4. Bila Nyeri Menyerang Saat Olahraga, Atasi dengan Gel Pereda Nyeri

Mengalami cedera pada saat olahraga sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi. Akan tetapi, jangan pernah kamu mengabaikan kondisi tersebut terlalu lama. Sebab, cedera yang dibiarkan begitu saja dapat bertambah parah dan pastinya dapat berdampak pada aktivitas yang kamu jalani sehari-hari.

Untuk itulah, ketika salah satu bagian tubuh mengalami pembengkakan, keseleo, atau jenis cedera lainnya, bisa coba diredakan dengan  NEO rheumacyl Anti Inflammation IBP Gel Tube. Gel ini memiliki tekstur yang nggak lengket dan cocok banget buat diandalkan untuk meredakan nyeri dan inflamasi akibat rematik, keseleo, hingga cedera olahraga.

Cara pemakaian cukup oleskan gel sejumlah yang diperlukan dengan pijatan lembut pada tempat yang sakit/nyeri. Gunakan sebanyak 3 atau 4 kali sehari dan jangan lupa untuk cuci tangan setelah pemakaian. Sebagai peringatan, jangan gunakan produk ini pada anak-anak, kecuali atas saran dokter, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading