Sukses

Lifestyle

6 Tips Meningkatkan Kecerdasan Sosial untuk Membangun Hubungan yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Kita perlu berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain agar mampu menjalankan hidup. Salah satu keterampilan yang dapat menunjang hubungan antar manusia tersebut adalah social intelligence (SI) atau kecerdasan sosial.

Dilansir dari Health Hub, kecerdasan sosial merupakan sebuah keterampilan untuk memahami, berinteraksi, dan beradaptasi dengan orang-orang di lingkungan sosial. Kecerdasan sosial melibatkan kemampuan membaca dan merespons ekspresi emosional orang lain secara tepat, serta melibatkan keterampilan interpersonal untuk menjalin hubungan yang sehat dan berhasil dengan orang lain. Kecerdasan sosial sangat berguna untuk membantu bersosialisasi dengan orang lain, seperti berkomunikasi dengan efektif, mengelola ekspektasi, dan menghindari konflik.

Orang-orang yang memiliki kecerdasan sosial yang tinggi biasanya menunjukkan perilaku dan kompetensi sosial yang kuat. Mereka bisa membuat orang lain merasa dihargai, dipercayai, dan dihormati. Orang-orang dengan kecerdasan sosial yang tinggi menonjolkan sikap yang ramah dan bersahabat. Mereka dapat berinteraksi dengan baik kepada orang lain serta mampu bekerjasama dengan mudah.

Kecerdasan sosial itu sangat penting bagi manusia untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan membuat orang lain merasa positif di lingkungan sosial, baik di tempat kerja, maupun dalam kegiatan pertemanan. Beberapa orang terlahir dengan kecerdasan sosial yang lebih baik daripada orang lain. Namun, karena kecerdasan sosial melibatkan pemahaman dasar tentang sifat manusia, ditambah dengan keterampilan untuk mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain secara sukses, Sahaabt Fimela bisa meningkatkan kecerdasan sosial dengan belajar dan latihan. Berikut adalah cara meningkatkan kecerdasan sosial yang dilansir dari beberapa sumber.

Mencoba membangun hubungan

Salah satu keterampilan dalam kecerdasan sosial yang paling penting adalah belajar untuk terhubung dengan orang lain dan mengelola hubungan. Hal ini mencakup membuat orang lain merasa nyaman, merasa didengar, dan merasa dipahami ketika berada disekitarmu. Dilansir dari Health Hub, berikut adalah cara membangun hubungan sosial dengan efektif:

  • Tunjukkan rasa ingin tahu. Ajukan pertanyaan yang menunjukkan Sahabat Fimela tertarik pada kehidupan orang lain tanpa menjadi terlalu tanya-tanya. Misalnya, "Ceritain lebih tentang program penurunan berat badanmu, dong" lebih baik daripada "Berapa berat badanmu sekarang?"
  • Dengarkan tanpa memotong pembicaraan. Orang senang bercerita, cobalah untuk membiarkan merena berbicara tanpa banyak gangguan. Dengan begitu, orang lain akan melihatmu sebagaiborqng yang peduli, bisa dipercaya, dan menyenangkan.
  • Bangun empati. Coba belajar untuk memahami perasaan orang lain. Ketika orang merasakan empatimu, mereka akan merasa lebih dekat denganmu.
  • Perhatikan kebutuhan orang lain. Cobalah untuk mengerti apa yang dipikirkan orang lain dan bagaimana perasaan mereka tentang suatu hal.

Berpikir sebelum berbicara atau berbuat

Pastikan Sahabat Fimela punya waktu untuk berpikir sebelum mengucapkan atau berbuat sesuatu. Hal ini dilakukan untuk menghindari perbuatan impulsif yang mungkin bisa membuatmu menyesal. Dengan berpikir terlebih dahulu, Sahabat Fimela menjadi bisa berbicara lebih jelas. Berbicara dengan jelas sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman.

Hargai orang-orang penting

Orang-orang yang mempunyai kecerdasan sosial yang tinggi, memiliki hubungan yang kuat dengan orang-orang yang berarti bagi mereka. Perhatikan perasaan pasanganmu, anak-anak, teman, rekan kerja, dan orang lain di sekitarmu. Jika mengabaikan orang-orang terdekat, Sahabat Fimela bisa kehilangan petunjuk dalam bagaimana berhubungan dengan mereka.

Tingkatkan kecerdasan emosional

Dilansir dari Very Well Mind, meskipun mirip dengan kecerdasan sosial, kecerdasan emosional lebih mengarah pada bagaimana Sahabat Fimela mengontrol perasaanmu sendiri dan merasakan perasaan orang lain. Hal ini melibatkan kemampuan mengenali ketika merasa suatu emosi, yang juga membantumu memahami perasaan orang lain, dan mengatur emosi tersebut dengan baik. Orang yang memiliki kecerdasan emosional bisa mengenali dan mengendalikan perasaan negatif, seperti frustrasi atau marah, ketika berada dalam situasi sosial.

Hargai perbedaan budaya

Cobalah untuk menghargai perbedaan budaya di sekitarmu. Lebih dari itu, cari tahu perbedaan budaya agar Sahabat Fimela bisa memahaminya. Meskipun kebanyakan orang belajar keterampilan bersosialisasi dari keluarga, teman, dan lingkungan sekitar mereka, seseorang yang memiliki kecerdasan sosial mengerti bahwa orang lain mungkin memiliki tanggapan dan kebiasaan yang berbeda berdasarkan cara mereka dibesarkan.

Pahami aturan dan kebiasaan di tempat baru

Jika Sahabat Fimela pindah ke tempat baru, pelajari terlebih dahulu aturan dan kebiasaan di tempat tersebut. Hal ini berguna untuk membantumu menyesuaikan diri dan terbuka terhadap hal-hal baru.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan sosial. Perlu diingat, meningkatkan kecerdasan sosial todak bisa dilakukan hanya dalam satu malam. Diperlukan latihan dan kesadaran yang terus-menerus dalam hal ini. Dengan begitu, Sahabat Fimela bisa meningkatkan kecerdasan sosialmu dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitarmu.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading