Sukses

Lifestyle

3 Jenis Olahraga yang Membentuk Otot untuk Perempuan

Fimela.com, Jakarta Dalam membangun otot tubuh biasanya kamu akan menemukan berbagai petunjuk dan nasehat secara online maupun di tempat lain yang kebanyakan merujuk kepada para pria saja. Untuk para perempuan yang tertarik untuk mempelajari atau melakukan pembentukan otot, bisa saja hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk mencari informasi. 

Perbedaan terbesar antara kekuatan fisik pria dan perempuan adalah pria memiliki kekuatan tubuh serta otot yang signifikan lebih besar di atas rata-rata dibandingkan perempuan. Berdasarkan sebuah studi, kekuatan otot atas perempuan saja hanyalah setengah dari kekuatan tubuh dan otot pria dan kekuatan otot bawah pria lebih besar 2/3 dibandingkan perempuan. 

Tidak hanya itu, kadar hormon testosteron pria lebih ebsar setidaknya 20 kali lebih banyak yang menyebabkan kekuatan otot dan pertumbuhannya lebih maskular yang dimulai dari masa pubertas dan terus berlanjut selama hidupnya namun bukan berarti para perempuan tidak dapat membentuk dan membangun otot juga. 

Faktanya, penelitian menemukan perempuan dapat membentuk dan membangun otot secara cepat dan efektif seperti pria lainnya di luar dari kadar testosteron dalam tubuh mereka. Dan perempuan juga tidak perlu pendekatan yang berbeda dalam segi pelatihan serta nutrisi juga. Lantas bagaimana cara membentuk otot untuk para perempuan? Informasi dari Levels ini akan membantumu untuk memahaminya lebih lanjut. 

3 Mitos seputar perempuan dengan membentuk otot

1) Otot dapat membuatmu lebih gendut 

Jika kamu berhenti berolahraga dan makan makanan yang sehat, kamu akan terus menimbun lemak dan kehilangan masa ototmu. Namun tidak ada bukti tertentu yang menunjukkan jika otot akan dipindahkan massanya menjadi lemak. Pada dasarnya ketika kamu memiliki massa otot berlebih, metabolismemu akan semakin cepat dan membakar kalori lebih, hal inilah yang mencegah peningkatan berat badan yang akan membuatmu gendut. 

2) Perempuan harusnya melakukan repetisi tinggi dan pengurangan badan 

Hanyalah sebuah mitos juga perempuan melakukan repetisi tinggi dan pengurangan badan, sebuah studi bahkan menyarankan para perempuan menggunakan tipe I lebih rendah peningkatan ototnya dibandingkan para pria, namun tidak adanya bukti yang cukup untuk menyarankan perempuan melakukan repetisi tinggi, bahkan strategi olahraga efektif untuk memperkuat otot adalah dengan menggunakan variasi teknik yang baik. 

3) Perempuan harusnya jangan begitu sering berolahraga 

Jangan begitu sering olahraga, jangan mengangkat beban begitu berat. Hal ini sangatlah salah, mengapa? Justru dengan mengangkat beban yang dibarengi dengan gerakan olahraga merupakan salah satu kunci untuk memperkuat dan membangun otot, mau itu perempuan maupun laki-laki, cara inilah yang dinilai paling efektif. 

Di bawah ini ada 3 macam gerakan beserta dengan peralatan yang dapat digunakan dan juga bagian otot apa saja yang akan semakin kuat dan tentunya membantu untuk membangun otot-otot tubuh. 

3 Jenis gerakan olahraga beserta otot yang dibentuk yang bisa diikuti oleh perempuan

1) Otot atas untuk mendorong tubuh beraktivitas (Otot lengan, pektoral, dan trisep)

  • Angkat lengan dengan menggunakan 1 atau 2 dumbbell maupun kettlebell dengan posisi di atas kepala 
  • Pushup di arah 45 derajat (Menggunakan chain seat sebagai penyokong tangan disertai dengan kaki yang tetap di lantai) 
  • Menggunakan dumbbell pada kedua lengan dan mengangkatnya ke atas 
  • Menggunakan machine chest pres agar otot kedua lengan terangkat dengan baik 

 

2) Bagian atas tubuh (Otot bahu, postural, belakang bawah, dan bisep)

  • Melakukan bent over dengan barbell, dumbbell, maupun kettlebell 
  • Menggunakan dumbbell maupun kettlebell dengan satu tangan 
  • Menggunakan cable atau machine row 
  • Melakukan pull up dan chin uo 
  • Melakukan cable atau machine pulldown 

3) Gerakan squat (Otot quadricep, glute, hamstring, dan bawah belakang) 

  • Melakukan dumbbell atau kettlebell goblet squats 
  • Melakukan squat depan maupun belakang dengan barbell 
  • Melakukan low box squat 
  • Melakukan machine squat
  • Melakukan low split squats
  • Dan terakhir squat menghadap tembok

 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading