Sukses

Lifestyle

Mengenal Mermaiding, Olahraga yang Cocok bagi Para Pecinta Putri Duyung

Fimela.com, Jakarta Terdapat berbagai cara untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan mental, salah satunya dengan melakukan olahraga. Masing-masing orang mungkin memiliki jenis olahraga favoritnya. Ada yang menyukai sepak bola, bulu tangkis, renang, basket, bersepeda, tenis, voli, hingga mermaiding.

Saat ini, mermaiding menjadi salah satu olahraga yang cukup populer, terutama bagi kaum perempuan. Terlebih setelah hadirnya live action film The Little Mermaid, banyak orang yang ingin seperti putri duyung. Sebagian orang mungkin menganggapnya sebagai suatu hal yang tidak mungkin. Namun nyatanya, olahraga ini benar adanya dan bisa dilatih.

Dilansir dari aquamermaid.com, mermaiding merupakan praktik memakai ekor putri duyung dan berenang dengannya. Kegiatan ini dilakukan bisa hanya sekedar untuk bersenang-senang, ekspresi diri, olahraga, hinggga karir. Selain unik, olahraga ini juga bagus untuk kesehatan fisik dan mental. Dengan estetika dan keanggunannya, olahraga ini mirip dengan renang artistik.

Mermaiding sebagai sebuah olahraga

Secara umum, berenang merupakan salah satu olahraga yang bagus. Tidak seperti jogging atau latihan berat lain, berenang adalah cara untuk latihan cardio tanpa membuat tulang, sendi, dan otot menjadi stres. Mermaiding juga termasuk olahraga renang. Olahraga ini melatih seluruh tubuh termasuk paha, betis, lengan, bokong, dan lainnya.

Mermaiding melibatkan gaya berenang yang disebut dolphin kick, yang digunakan perenang untuk gaya renang kupu-kupu. Olahraga ini merupakan kombinasi dari keterampilan teknis renang, figur akrobatik, menahan napas, kesenian, dan kostum ekor putri duyung yang ikonik.

Pada tahun 2020, mermaiding diumumkan secara resmi oleh kemitraan antara USA Artistic Swimming and Aquamermaid. Mermaiding sangat mirip dengan olahraga renang artistik karena meggabungkan kekuatan, keanggunan, kemampuan menahan napas, dan stamina.

Gerakan Mermaiding

Mermaiding umumnya dilakukan di kolam renang. Caranya adalah dengan menguasai dolphin kick, yaitu teknik berenang bergelombang. Olahraga ini membantu meningkatkan pernapasan, konsentrasi, koordinasi gerakan, dan kekuatan otot. Dilansir dari nabaiji.co.uk, untuk melakukan mermaiding terdapat 3 langkah pelatihan, yaitu:

  1. Gerak bergelombang tanpa ekor untuk mempelajari cara gerak panggul yang benar.
  2. Beberapa kali pemanasan dengan merapatkan kedua kaki.
  3. Latihan menyelam bebas.

Salah satu hal penting dalam olahraga ini adalah latihan menyelam bebas, yang meliputi cara menahan napas panjang dan merasa nyaman.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading