Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Kucing Stres yang Bikin Khawatir dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Stres dan kecemasan tidak hanya memberikan efek melemahkah kesehatan pada manusia saja, hal ini juga dapat memberikan dampak pada beberapa hewan termasuk kucing. Stres yang dialami kucing tidak hanya memperburuk kondisi fisik saja, tetapi juga dapat menyebabkan sejumlah masalah perilaku lainnya.

Beberapa situasi stres bisa baik untuk menjaga kucing tetap aktif dan terstimulasi dan membiarkan kucing merasakan sensasi baru melalui sebuah beberapa permainan. Tetapi stres kronis justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.

Stres kronis biasanya akan memberikan tanda seperti perubahan nafsu makan atau pola tidur kucing, penurunan energi atau penarikan. Jika kamu melihat beberapa gejala tersebut, ada baiknya untuk datang ke dokter hewan untuk menghilangkan masalah medis apa pun, berikut beberapa penyebab kucing dapat stres:

1. Seseorang Tak Terduga

Untuk kucing setiap perubahan yang terjadi dalam lingkaran dirinya terkadang akan memicu terjadinya stress, hal ini termasuk jika salah satu rumah yang kucing tinggali kehilangan seseorang yang selalu ada disisinya.

Atau adanya seseorang yang bergabung dalam rumah tersebut, terkadang kunjungan dari orang asing merupakan salah satu sumber stress yang paling umum bagi kucing.

2. Bau Baru

Aroma linan, pembersih beraroma, dan beberapa pakaian yang baru di cuci yang membuat kamu nyaman terkadang justru membuat kucing merasakn tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kucing memiliki indera penciuman yang sangat kuat, bau tak sedap yang tidak dapat mereka hindari dapat menjadi pemicu yang tidak terduga.

3. Cermin

Seperti anjing, kucing terkadang juga tidak memiliki kesadaran diri hal ini mengartikan ketika mereka menatap ke cermin maka mereka melihat kucing lain menatap balik ke arah mereka. Untuk beberapa kucing, refleksi itu berarti kucing lain akan menyerang wilayah mereka.

4. Kucing Bertengkar

Ketika kamu memiliki banyak kucing maka akan melihatnya seperti bermain-main saja dengan kucing lain, konflik antar kucing merupakan sebuah masalah yang sangat umum terutama jika kebutuhan penting seperti kontak pasir dan makanan yang dibagikan. Hal ini terkadang akan membuat kucing berebut dan membuat beberapa kucing mengalami stress.

5. Perubahan di Rumah

Apakah kamu baru saja pindah ke rumah? Atau mungkin sering menata ulang furniture di rumah saat ini? Kucing terkadang akan jauh lebih peka terhadap lingkungannya dan perubahan yang sering kamu lakukan akan membuat kucing merasa tidak terkendali.

6. Perubahan Musim dan Suhu

Meskipun kucing mungkin tinggal di dalam, terkadang ia masih sangat selaras dengan cuaca, matahari, dan alam bebas. Perubahan musim dan perbedaan suhu juga sangat mempengaruhi tingkat stress kucing secara keseluruhan, misalnya saat kita menyesuaikan waktu musim panas, hal ini terkadang akan membuat jam internal kucing rusak.

7. Stimulasi Berlebihan

Kebosanan bisa menjadi masalah besar bagi kucing, tetapi begitu juga rangsangan yang berlebihan. Karena kucing memiliki pendengaran dan kulit yang sensitif, kebisingan dan sentuhan yang berlebihan dapat menyebabkan banyak stress. TV dan musik terus-menerus dengan keras atau suara keras lainnya akan membuat kucing stress, begitu pula jika kamu terlalu banyak menyentuh.

Cara Mengatasi Kucing Stres

Untuk meredakan stress kucing yang kamu miliki, berikut beberapa rekomendasi hal yang perlu kamu lakukan:

  • Tetapkan jadwal dan cobalah untuk mematuhinya.
  • Singkirkan penyebab stress yang diketahui dari rumah.
  • Hindari perubahan mendadak di lingkungan kucing.

Tak hanya itu kamu juga perlu untuk memastikan dan memberikan banyak stimulasi lingkungan, seperti beberapa permainan interaktif  untuk mencegah kebosanan. Stres kronis yang dialami oleh kucing tentu akan menyebabkan masalah kesehatan dari waktu ke waktu, untuk mengetahui solusi penghilang stress kucing ada baiknya untuk menghubungi dokter hewan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading