Sukses

Lifestyle

Buku Karya Andrea Hirata yang Wajib Kamu Baca

Fimela.com, Jakarta Andrea Hirata merupakan penulis buku Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi, ia salah satu pemenang pertama dengan penghargaan sastra New York Book Festival 2013, untuk The Rainbows troops, Laskar Pelangi, dan beberapa lainnya, Ia juga mendapatkan penghargaan menjadi pemenang pertama Buchawards 2013, Jerman untuk LAskar Pelangi, Die Regenbogen Truppe, dan Washington Square Review.

Selain itu ia dikenal sebagai seorang penulis novel yang karyanya diangkat ke layar lebar teater musical, namanya semakin melejit saat ia sukses menulis novel dengan judul LASKAR PELANGI, novel tersebut kemudian menjadi salah satu best seller. Selain itu ia juga menulis SANG PEMIMPI dan EDENSOR, serta MARYAMAH KARPOV.

Tak hanya itu beberapa dari novel yang sudah diterbitkannya berhasil diangkat ke film layar lebar yang selalu mendapatkan nominasi film inspirasi terbaik, nah bagi kamu yang belum membaca buku karya Andrea Hirata berikut beberapa buku yang wajib kamu baca :

1. Laskar Pelangi

Novel ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang anak desa di Belitung yang bernama Ikal, ia memiliki semangat untuk belajar, walaupun ia tahu kondisi sekolahnya yang tidak terlalu memadahi kebutuhan layaknya sekolahan lain. Pasalnya sekolah tersebut merupakan satu-satunya sekolah bagi anak yang kurang mampu, dan sekolah tersebut pernah mendapatkan ancaman akan ditutup dari dins pendidikan karena kekurangan siswa.

Secara garis besar novel ini bercarita tentang keseharian Ikal dan teman-temannya dalam menuntut ilmu dan mnghabiskan waktu untuk bersama, walaupun memiliki keterbatasan mereka membuktikan dengan kreatifitas untuk mengikuti lomba karnaval yang diadakan oleh berbagai sekolah daerah.

Itulah sinopsis singkat dari laskra pelangi, tentunya novel ini juga mengandung banyak makna tentang pembelajaran. Apa arti mencari ilmu jika kita melakukannya dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh.

2. Sang Pemimpi

Sang pemimpi menceritakan perjalaan masa SMA Ikal, Arai, dan Jimbron. Mereka bertiga adalah remaja dari Belitong yang melanjutkan sekolahnya di Manggar. Untuk mencukup kebutuhan hidupnya mereka bertiga bekerja paruh waktu sebagai kuli di pasar ikan. Buku ini juga menceritakan perjalanan untuk mencari jati diri, dipenuhi kisah persahabatan, kelurga, dan dibumbui dengan kisah asmara.

Selain itu banyak sekali pembelajaran yang dapat kita ambil dari buku Sang Pemimpi, karena pesan yang disampaikan singkat dan tidak bertele-tele. Seperti hal nya jika kita ingin menggapai sesuatu maka lakukanlah dengan kerja keras dan semangat yang tinggi.

3. Edensor

Novel ini menceritakan Ikal yang tinggal di pelosok melayu,mereka menyebutnya sebagai warga pribumi yang cerdas, akan tetapi novel ini juga banyak bercerita tentang kehidupan Weh salah satu teman ayahnya Ikal yang tinggal di perahu. Novel ini jugadalah satu kelanjutan dari Laskar Pelangi, Weh merupakan seorang yang sudah tua dan sayangnya ia terkena penyakit yang tidak diketahui.

Kemudian Weh memutuskan menjadi pelayan dan tinggal di dalam perahu, karena Ikal salah satu orang yang memiliki keigintahuan tinggi ia memutuskan untuk menaiki perahu Weh dan menjelajahi lautan. Sementara saat di perahu, Ikal belajar tentang kedisiplinan dan keberanian Weh, mentalnya yang diuji saat mengayuh sampan perahu menggunakan tenaga Ikal seorang diri.Novel ini juga memiliki pesan mengenai pendidikan dan kerja keras untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.

4. Maryamah Karpov

Maryamah karpov menceritakan tentang perjuangan dan kepulangan Ikal setelah berhasil menamatkan studi masternya dari Prancis. Selama di kampung halaman Ikal berusaha untuk tidak terlihat sebagai pengangguran, akan tetapi segala jenis pekerjaan ia jalani demi suatu tujuan, yaitu membuat perahu dan menyelamatkan A Ling.

Tak hanya itu, ia juga mendapatkan bantuan dari sahabatnya yaitu Lintang, dengan kecerdasan yang dimiliki Lintang untuk membuat perahu I ni dapat mebuat Ijal menyebragi ke Pulau Batuan. Namun sangat disayangkan karena ia menghadapi sekelompok perampok, akankah Ikal dan Lintang dapat mengahadapi Sekelompok Perampok?

Nah itulah beberapa buku karya Andrea Hirata yang wajib kamu baca ketika bosan, banyak kisan inspiratif dan menarik yang dapat menghibur kamu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading