Sukses

Lifestyle

Resep dan Tips Membuat Roti Tawar yang Lembut

Fimela.com, Jakarta Roti tawar adalah makanan yang sering dikonsumsi saat pagi hari, sebagai pengganti nasi atau karbohidrat lainnya. Roti tawar sangat praktis untuk di konsumsi, untuk orang yang tidak sempat membuat sarapan.

Roti tawar memiliki kandungan serat, karbohidrat dan protein tinggi. Sehingga membuat perut kenyang dan mengontrol napsu makan. Roti tawar juga sering dikonsumsi para pejuang diet, serta dijadikan sebagai bekal untuk makan siang.

Roti tawar memiliki tekstur yang lembut dan empuk, yang sering dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tetapi Sahabat Fimela juga bisa membuat roti tawar sendiri di rumah, dengan bahan-bahan yang seadanya. Berikut resep dan tips membuat roti tawar.

 

Baca juga:

 

Penyebab Gagal Membuat Roti Tawar

Walaupun roti tawar sangat mudah dibuat sendiri di rumah, tapi ada beberapa kemungkinan yang membuat adonan roti tawar gagal. Biasanya roti tawar yang gagal dibuat, disebabkan karena ragi yang dipakai tidak aktif, sehingga membuat adonan roti tawar menjadi tidak elastis dan tidak empuk.

Roti tawar yang gagal akan terlihat lebih pucat. Hal ini disebabkan karena api yang digunakan kurang panas, lalu takaran gula dan mentega yang kurang dalam adonan. Penggunaan tepung terlalu anyak bisa membuat roti tawar menjadi keras, atau adonan yang terlalu banyak air justru membuat roti tidak kalis.

Adonan roti tawar yang tidak digiling, biasanya tekstur tengah roti akan bolong-bolong dan bagian tengahnya tidak matang secara merata. Lalu kalau rasa roti tawar terlalu asam, hal tersebut disebabkan karena adonan menggunakan ragi yang terlalu banyak dan proses fermentasinya yang lama.

 

Baca juga:

 

Tips Membuat Roti Tawar yang Lembut

Tips membuat tekstur roti tawar menjadi lembut adalah menggunakan bread improver dan bread emulsifier. Kedua bahan itu akan membuat tekstur roti menjadi mengembang dan empuk, walaupun tanpa menggunakan kedua bahan itu roti tawar akan tetap mengembang.

Tips selanjutnya adalah menuangkan air es ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sampai semua adonan tercampur rata dan menjadi kalis. Kamu bisa memotong adonan dengan pisau, agar serat roti tawar terlihat lebih rapi.

Saat membentuk adonan, pastikan membentuk dengan bulat agar lebih cantik dan uleni selama 10menit. Saat memanggang, taruh adonan di loyang dan masukkan ke rak oven bagian atas. Jangan lupa untuk menaruh air panas di rak oven yang bawah.

 

Baca juga:

 

Resep Roti Tawar

1. Roti Tawar Empuk

Bahan yang diperlukan:

  • 500 gr tepung terigu berprotein tinggi
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sendok makan mentega putih
  • 200 ml air dingin atau air es
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 1 sendok teh garam halus

Cara membuat:

  1. Campurkan bahan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan, lalu adukhingga semua adonan tercampur rata.
  2. Masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit, aduk sampai adonan rata dan masukkan mentega putih, aduk lagi sampai kalis.
  3. Kemudian bentuk adonan menjadi bulat dan diamkan dalam wadah tertutup rapat selama 30 menit.
  4. Setelah itu kempiskan adonan dan masukkan kedalam loyang roti tawar yang sudah diolesi mentega, diamkan sampai mengembang.
  5. Panggang adonan selama 20menit sampai matang. Potong-potong dan sajikan.

2. Roti Tawar Kukus

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr mentega
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi
  • Sejumput garam

Adonan wateroux:

  • 2 sdm terigu
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Campurkan adonan wateroux, aduk sampai rata dan panaskan di atas api kecil sampai adonan berbentuk seperti lem. Dinginkan.
  2. Kemudian campur tepung terigu dengan ragi dan gula. Aduk sampai rata. Tambahkan adonan wateroux ke dalam adonan, tambahkan margarin dan garam, uleni sampai adonan menjadi kalis.
  3. Tuangkan adonan di dalam wadah, biarkan sampai mengembang, lalu kukus selama 30menit. Sajikan setelah dipotong-potong.

 

 

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading