Sukses

Lifestyle

3 Ciri-Ciri DBD yang Harus Segera Disadari dan Diobati

Fimela.com, Jakarta Demam berdarah dengue atau yang disingkat dengan DBD, adalah penyakit yang bisa menyerang semua usia, dari anak-anak hingga lanjut usia. Penyakit DBD ini disebabkan oleh virus, yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Penyakit DBD ini sangat meresahkan di berbagai daerah, apalagi daerah yang memiliki lembap. Seseorang yang digigit nyamuk Aedes Aegypti ini, akan tertular virus yang dibawa oleh nyamuk, lalu masuk ke dalam aliran darah manusia.

Berbeda dengan nyamuk yang lainnya, jenis nyamuk ini memiliki ciri-ciri tubuh yang ukurannya kecil tetapi dibagian tubuhnya memiliki warna garis hitam putih berbentuk vertikal, dan garis hitam putih berbentuk horizontal di area kaki.

Biasanya gejala DBD pada orang dewasa ini ditandai dengan demam tinggi, yang timbul 4 hari sampai 7 hari sejak digigit nyamuk. Tubuh akan mengalami demam selama 3 hari sampai 10 hari. Jika mengalami gejala DBD ini, Sahabat Fimela harus segera menghubungi dokter agar penyakitnya tidak tambah parah. Berikut ciri-ciri DBD yang harus segera disadari, dilansir dari Liputan6.com:

Ciri-Ciri DBD

1. Ciri-Ciri DBD Ringan

DBD ringan biasanya akan muncul ciri-cirinya selama 7 hari setelah digigit nyamuk. Seseorang yang terkena DBD ringan, akan mengalami demam selama seminggu, tanpa adanya komplikasi penyakit serius yang berbahaya.

Selain demam tinggi, ciri-ciri DBD ringan adalah otot dan sendi mengalami nyeri, tubuh mengalami ruam yang hilang dan muncul, serta mengalami sakit kepala.

2. Ciri-Ciri DBD Dengue Hemorrhagic Fever

Ciri-ciri DBD yang selanjutnya adalah dengue hemorrhagic fever. DBD ini memiliki gejala awal yang ringan, tetapi akan kondisi tubuh akan memburuk secara bertahap selama beberapa hari, yang berakibat fatal untuk penderitanya, jika tidak segera disadari.

Ciri-ciri DBD dengue hemorrhagic fever adalah demam tinggi, adanya pendarahan di bagian mulut, gusi atau hidung, kulit menjadi lembap, getah bening dan pembuluh darah mengalami kerusakan, muntah berdarah, mengalami gangguan pencernaan, muncul bintik merah di kulit, nadi lemah dan jumlah trombosit di dalam darah sangat rendah.

3. Ciri-Ciri DBD Sindrom Syok Dengue

Ciri-ciri DBD yang terakhir adalah DBD Sindrom Syok Dengue. Penyakit ini adalah perkembangan dari dengue hemorrhagic fever, yang menyebabkan perdarahan yang sangat banyak, penderita mengalami syok dan bisa mengalami kematian jika tidak segera diperiksa dokter.

Ciri-ciri DBD sindrom syok dengue adalah pendarahan berat, mengalami sakit perut yang hebat, disorientasi, tekanan darah menurun sangat drastis, sering muntah dan pembuluh darah bocor.

Pengobatan Demam Berdarah

Jika muncul ciri-ciri DBD, segera hubungi dokter untuk memperiksakan diri ke dokter, agar tidak menyebabkan penyakit yang berakibat fatal hingga kematian.

Walaupun belum ada obat yang spesifik, tetapi ada beberapa upaya yang diberikan dokter untuk mengobari demam berdarah, mencegah penyebaran virus, meningkatkan trombosit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa upaya pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan banyak mengonsumsi air putih, tidur secara teratur, mengonsumsi obat penurun panas sesuai resep dokter, hindari mengonsumsi obat pereda nyeri dan mengonsumsi makanan sehat.

Untuk penderita DBD yang serius, biasanya dokter akan menyarankan untuk rawat inap, agar pasien bisa dipantau dan dirawat secara intensif.

Upaya Mencegah Demam Berdarah

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti, seperti adanya vaksinasi dengue untuk anak usia 9-16 tahun sebanyak 3 kali dengan jarak 6 bulan.

Selain itu, rajinlah untuk melakukan pengasapan insektisida setiap satu minggu sekali, menguras tempat penampungan air tiap minggu, menutup rapat tempat penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas untuk mencegah perkembangan nyamuk.

Kamu juga bisa memasang kawat anti nyamuk di ventilasi rumah, menaburkan bubuk abate di dalam penampungan air, menanam tumbuhan pengusir nyamuk, tidak terlalu banyak menggantung pakaian, memasang obat nyamuk di dalam rumah dan mengoleskan lotion anti nyamuk ke badan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading