Sukses

Lifestyle

Ciri-Ciri Surat Pribadi, Jenis dan Strukturnya yang Perlu Dipelajari

Fimela.com, Jakarta Surat pribadi adalah salah satu jenis surat, yang ditulis secara personal untuk keperluan pribadi. Surat pribadi ini tujuan untuk ditujukan kepada orang lain, bukan perusahaan.

Karena surat ini ditulis secara personal atau pribadi, surat ini ditulis menggunakan bahasa non formal atau tidak terlalu baku, dengan aturan tata bahasa yang cenderung bebas, daripada jenis surat yang lainnya.

Walaupun surat pribadi tidak memiliki aturan yang mengikat, tetapi untuk menulis surat pribadi harus menggunakan bahasa yang sopan dan beretika, sesuai latar belakang kepada siapa surat itu ditujukan.

Surat pribadi memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis surat yang lainnya. Agar lebih memahami tentang surat pribadi ini, berikut ciri-ciri surat pribadi, jenis dan strukturnya, dilansir dari Bola.com:

Ciri-Ciri dan Fungsi Surat Pribadi

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Di zaman sekarang surat pribadi sudah jarang dikirimkan melalui pos. Karena sudah ada perkembangan teknologi yang mempermudah seseorang berkirim kabar, seperti SMS, Email dan media sosial lainnya. Berikut ciri-ciri surat pribadi:

  1. Surat pribadi tak dilengkapi dengan kepala surat atau kop surat.
  2. Surat pribadi tidak memiliki nomor surat.
  3. Surat pribadi menggunakan salam pembuka dan penutup yang bahasanya non-formal dan santai.
  4. Bahasa yang dipakai disesuaikan dengan tujuan surat pribadi itu. Memakai bahasa baku kalau bersifat resmi, serta menggunakan bahasa tidak baku kalau sifatnya tidak resmi.
  5. Format surat pribadi biasanya lebih bebas.

Fungsi Surat Pribadi

Untuk Mengekspresikan Diri

Surat pribadi memiliki fungsi untuk mengekspresikan diri, atau mengungkap perasaan kepada seseorang, dengan sifat yang personal.

Menjadi Wakil Penulis

Surat pribadi bisa dijadikan sebagai pendamping surat yang lainnya, atau sebagai wakil penulis, untuk berkomunikasi dengan pihak lain yang mewakili surat lain.

Sarana Penyampaian Ide

Surat pribadi juga berfungsi untuk dijadikan sebagai sarana penyampaian ide, penyampaian gagasan atau penyampaian pokok pikiran, yang ditulis secara personal atau pribadi kepada orang lain, secara bebas tetapi tetap sopan.

Sarana Informasi

Fungsi surat pribadi yang terakhir yaitu sebagai sarana informasi. Surat pribadi bisa ditulis dengan bahasa yang tidak baku, yang bisa digunakan untuk berbagai informasi kepada kerabat dekat.

Jenis Surat Pribadi

Surat Pribadi Kekeluargaan

Jenis surat pribadi yang pertama adalah surat pribadi kekeluargaan. Surat pribadi ini dikirimkan dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan keluarga, kerabat dekat, teman atau orang yang dikasihi. Surat ini bisa ditulis dengan bahasa non formal.

Surat Pribadi Setengah Resmi

Jenis surat pribadi yang kedua adalah surat pribadi setengah resmi, yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi dengan kedinasan, seperti surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk kerja, surat tidak masuk sekolah dan surat izin cuti.

Struktur Surat Pribadi

Alamat dan Tanggal Penulisan Surat

Pada bagian pertama surat pribadi, penulis menuliskan alamat tujuan surat, dan menuliskan tanggal surat tersebut ditulis.

Salam Pembuka

Untuk menulis surat pribadi, gunakan salam pembuka untuk mengawali sebuah pembicaraan di dalam surat, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung.

Paragraf Pembuka

Setelah salam pembuka, ada paragrap pembuka atau yang disebut dengan paragraph pertama, seperti pertanyaan mengenai pesan penerima surat.

Paragraf Isi

Selanjutnya adalah paragraf isi, yang isinya tentang tujuan penulis menulis surat tersebut, bisa berisi ungkapan, keluh kesah atau jal apapun yang ingin ditujukan kepada penerima surat.

Paragraf Penutup

Struktur yang terakhir dari surat pribadi adalah paragraf penutup. Penutup adalah kesimpulan dari isi surat dan salam penutup, seperti harapan, permintaan maaf atau semacamnya, sebagai pelengkap surat pribadi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading