Sukses

Lifestyle

Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media dan Tujuannya

Fimela.com, Jakarta Iklan adalah suatu bentuk informasi yang biasanya dilakukan oleh seseorang, perusahaan, lembaga atau instansi, untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang barang dan jasa.

Iklan adalah media untuk promosi yang sering ditampilkan di televisi, radia, media sosial, baliho dan lain sebagainya, untuk membujuk atau mengajak konsumen agar tertarik dengan barang dan jasa yang ditawarkan.

Sering kali kita menemukan iklan komersial seperti iklan makanan, minuman, jasa dan lain sebagainya. Tetapi ternyata iklan juga bisa digunakan untuk mengajak orang lain untuk berbuat baik, contohnya iklan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Pembuatan iklan juga harus menarik dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, agar masyarakat luas lebih tertarik dan menerima ajakan iklan tersebut. Yuk kenali jenis iklan lainnya berdasarkan isi, media dan tujuannya, dilansir dari Liputan6.com:

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan Penawaran

Jenis iklan berdasarkan isinya yang pertama adalah iklan penawaran. Iklan penawaran juga sering disebut dengan iklan niaga, yang isinya tentang penawaran barang dan jasa. Contohnya iklan sepatu, iklan tas, iklan makanan, iklan jasa kurir, iklan jasa salon dan lain sebagainya.

Iklan Pelayanan Masyarakat

Iklan pelayanan masyarakat adalah iklan yang berisi tentang ajakan untuk masyarakat, yang diiklankan oleh pemerintah atau instansi, tentang suatu isu atau topik tertentu. Contohnya adalah iklan untuk menggunakan masker, iklan untuk mencuci tangan, iklan untuk rajin membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

Iklan Pengumuman

Jenis iklan yang selanjutnya adalah iklan pengumuman. Iklan ini berisi tentang pemberitahuan sesuatu seperti berita duka, acara festival, kehilangan barang, anak yang hilang dan lain sebagainya.

Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah jenis iklan yang isinya tentang suatu permintaan, dengan isi ajakan untuk melakukan kerjasama dengan orang yang membuat iklan. Contoh iklan permintaan adalah iklan lowongan kerja.

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah iklan yang dicetak dengan cara di print, di sablon, letter press dan lain sebagainya. Ikaln cetak biasanya dipasang di koran, selebaran, majalah, poster, stiker dan baliho.

Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah iklan yang dipasang di media elektronik. Iklan ini sering ditemukan di televisi, radio, media sosial dan media elektronik lainnya.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang tujuannya digunakan untuk bisnis. Iklan ini dipasang untuk mendapatkan keuntungan dan untuk meningkatkan penjualan, dari mengiklankan barang dan jasa tersebut. Iklan komersial terdiri dari iklan konsumen, iklan profesional dan iklan bisnis.

Iklan Non Komersial

Berbeda dengan iklan komersial yang tujuannya untuk bisnis, dan mendapatkan keuntungan dari penjualan dagangannya, iklan non komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial.

Iklan non komersial ini dibuat untuk mengajak masyarakat agar hidup lebih baik, membantu menjaga lingkungan hidup, melakukan donasi untuk menolong sesame dan lain sebagainya.

Cara Membuat Iklan

Agar iklan lebih menarik dan membuat penonton menerima ajakan tersebut, kamu harus membuat iklan denga nisi yang singkat, jujur, objektif dan tidak menjatuhkan atau menyinggung pihak yang lainnya.

Saat membuat iklan, gunakan bahasa yang halus, mudah dimengerti, mudah diingat dan memiliki makna yang baik. Informasi yang disampaikan juga harus jelas, tentang jasa dan produk yang ditawarkan.

Pembuatan desain iklan juga harus dikemas dengan menarik, di pasang di lokasi yang strategis jika menggunakan iklan cetak, atau mengunggah iklan di media sosial di waktu yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading