Sukses

Lifestyle

5 Jenis Bunga Hias yang Membuat Stres Hilang dan Pikiran Tenang di Dalam Rumah

Fimela.com, Jakarta Terlalu sering berada di rumah saja atau di dalam ruangan, bisa membuat pikiran menjadi lebih stres dan kesehatan menjadi terganggu. Karena kondisi udara di dalam ruangan tidak berganti.

Menggunakan parfum ruangan tentunya bisa membuat penumpukan racun di dalam tubuh. Untuk itu, kamu bisa menaruh tanaman hias seperti bunga, untuk mempercantik ruang di dalam rumah dan membuat udara menjadi lebih wangi dan segar.

Namun bunga tak hanya bisa menghiasi rumahmu saja, ada beberapa jenis bunga yang memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan stres dan menenangkan pikiranmu. Berikut jenis buang hias yang membuat stres hilang dan pikiran tenang di dalam rumah, dilansir dari Liputan6.com:

Lavender

Jenis bunga yang pertama adalah lavender. Bunga lavender sudah sangat terkenal sebagai bunga hias, yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan, menghilangkan stres dan sebagai pengusir nyamuk.

Bunga lavender memiliki ciri-ciri batang yang berbentuk lonjong dan bulat, memiliki akar tunggang berserat, daunnya berbentuk oval dan lonjong yang bagian ujung berbentuk runcing, dan bunganya berwarna biru keunguan.

Bunga lavender juga sering dijadikan sebagai minyak esensial, yang berfungsi untuk menyejukkan pikiran, meredakan sakit kepala, membuat tidur lebih nyeyang dan sebagai obat anti depresi.

 

Bunga Melati

Melati dapat di tanam di halaman rumah, tetapi juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias di dalam ruangan rumah. Karena bunga melati ini memiliki aroma semerbak yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Bunga melati yang memiliki ciri-ciri kelopak berwarna putih ini, berasal dari Asia Selatan yaitu India, Sri Langka dan Myanmar, yang kemudian dibudidayakan hingga negara Indonesia. Bahkan bunga melati ini dijadikan sebagai bunga nasional Indonesia dengan sebutan Puspa Bangsa.

Aroma bunga melati ini bisa membuat tidurmu lebih nyenyak dan stres menjadi hilang. Melati juga bisa diolah menjadi teh melati, yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

 

Bunga Krisan

Jenis bunga hias yang ketiga adalah bunga krisan. Bunga krisan dijadikan sebagai simbol kekaisaran Jepang di tahun 1797, dengan nama Queen of The East. Kemudian bunga krisan ini mulai menyebar di kawasan Eropa sejak tahun 1795.

Bunga krisan memiliki nama lain Chrysanthemum, yang memiliki jenis akar serabut, dengan bunga yang bermacam-macam warnanya.

Bunga krisan sangat cocok ditanam di dalam rumah atau di halaman rumah, karena memiliki manfaat yang bisa membantu menghilangkan stres, membuat pikiran tenang dan tidur lebih nyenyak.

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman herbal, yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, serta bisa membantu mempercantik kulit.

Lidah buaya bisa membantu menetralisir racun yang ada di udara. Lidah buaya membantu menurunkan kadar karbon dioksida saat malam hari, dan membantu menghilangkan bahan kimia yang ada di udara seperti formaldehyde dan benzene.

Lidah buaya juga dipercaya bisa membantu menghilangkan kecemasan, menenangkan pikiran, mendetoksifikasi racun di dalam pikiran dan membuat kualitas tidur lebih terjaga.

Peppermint

Bunga hias yang terakhir adalah peppermint. Tanaman mint ini memang sudah terkenal dengan aromanya, yang bisa membuat ruangan menjadi lebih segar dan membantu menenangkan pikrian.

Tanaman mint ini berasal dari Eropa dan Asia, yang sering diolah menjadi minyak esensial, yang bermanfaat untuk menghilangkan stres, meredakan sakit kepala dan membantu meningkatkan daya ingat.

Mint juga bisa diolah menjadi minuman yang menyegarkan, dan bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Bahkan menggunakan daun mint untuk masker wajah, bisa membantu menghilangkan jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading