Sukses

Lifestyle

Gejala dan Penyebab Anxiety yang Harus Disadari dari Sekarang

Fimela.com, Jakarta Perasaan cemas atau anxiety sering kali muncul saat menghadapi situasi atau kabar yang mengkhawatirkan. Perasaan ini adalah hal yang sangat normal dirasakan setiap manusia. Tetapi adanya perasaan cemas atau anxiety yang berlebihan, harus segera disadari dan diatasi.

Perasaan cemas ini biasanya mudah hilang, kalau kamu berhasil melewati situasi atau masalah yang membuatmu khawatir. Pada suatu kondisi yang membuat anxiety semakin memburuk dan mengganggu keseharian, bisa disebut sebagai gangguan kecemasan atau anxiety disorder.

Gangguan kecemasan ini bisa membuatmu menjadi lebih lemas, tidak semangat menjalani keseharian, sulit berkonsentrasi hingga sesak napas. Berikut gejala dan penyebab anxiety yang harus segera disadari, dilansir dari berbagai sumber:

Gejala Anxiety

Saat menghadapi lingkungan baru atau berada di situasi yang mengkhawatirkan, biasanya seseorang akan mengalami kecemasan, yang menimbulkan stres ringan dan perasaan ini bisa hilang setelah diri sendiri merasa nyaman.

Gejala awal pada kecemasan normal yang biasanya dirasakan adalah gugup, gelisah, detak jantung menjadi semakin cepat, susah tidur, mengeluarkan keringat yang lebih banyak, tidak konsentrasi dan tubuh mejadi lemas.

Gejala itu bisa diatasi dengan memotivasi diri sendiri untuk berpikiran positif, menarik napas lebih dalam, berolahraga dan berkomunikasi dengan orang lain.

Penyebab Anxiety

Rasa cemas atau anxiety ini muncul dari dalam diri sendiri. Penyebab anxiety ini juga bisa disebabkan karena faktor genetik, faktor biologis, pengaruh obat dan lingkungan yang toxic.

Sering kali anxiety ini disebabkan karena sifat perfeksionis, yang muncul dari dalam diri sendiri, yang selalu menuntut kesempurnaan tanpa adanya kesalahan dari segala sisi.

Adanya pikiran yang selalu negatif terhadap segala hal, atau adanya intoleransi terhadap ketidakpastian, bisa menjadi penyebab seseorang menjadi cemas dan overthinking.

Bahkan terlalu ingin membuat orang lain bahagia, memaksakan diri untuk orang lain atau bertanggung jawab dengan kebahagiaan orang lain, juga menjadi salah satu penyebab anxiety.

Cara Mengatasi Anxiety

Cara mengatasi perasaan cemas atau anxiety ini, harus dengan kemauan untuk sembuh dari diri sendiri, karena kamu mencintai dirimu sendiri, bukan karena paksaan dari orang lain.

Ketika perasaan cemas datang, kamu bisa mengambil waktumu sendiri untuk melakukan meditasi, minum air hangat dan mulai menulis jurnal di buku harian.

Kamu juga bisa melakukan olahraga seperti yoga atau jogging, bertemu dengan teman yang positif untuk berbagi cerita, atau mengunjungi ahli untuk mengetahui kondisi mentalmu saat ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading