Sukses

Lifestyle

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Harus Dipelajari

Fimela.com, Jakarta Di dalam organ tumbuhan dan hewan terdapat bagian paling kecil yang disebut dengan sel. Sel yang ada di dalam organ makhluk hidup, bisa membuat tumbuhan dan hewan menjadi tumbuh berkembang. Bahkan di dalam manusia juga terdapat sel di dalam organnya.

Sel induk yang dimiliki tumbuhan berperan aktif melindungi sel, agar tidak mudah rusak karena sel lain. Sehingga tumbuhan memiliki umur yang lebih lama daripada umur hewan.

Setiap sel terdiri dari organel penyusun sel, yang memiliki fungsi berbeda-beda. Dalam sel induk tumbuhan, memiliki tingkat aktivitas dan sensitifitas yang lebih baik daripada sel induk hewan. Berikut perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang harus dipelajari, dilansir dari Liputan6.com:

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Pertama

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama dapat dibedakan dari bentuk, ukuran dan dinding sel. Berikut penjelasannya:

1. Bentuk

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama, yaitu dapat dilihat dari bentuknya yang berbeda. Sel tumbuhan memiliki bentuk tetap dn sel hewan tidak memiliki bentuk tetap. Sel hewan tidak memiliki dinding sel, sehingga bentuknya bermacam-macam. Sedangkan sel tumbuhan memiliki bentuk yang kuat dan keras.

2. Ukuran

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan juga bisa dibedakan dari ukurannya. Sel yang terdapat dalam tumbuhan, lebih besar dibandingkan dengan sel yang terdapat pada hewan. Sel tumbuhan terlihat lebih besar karena memiliki dinding sel. Vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan juga lebih besar daripada sel hewan. Sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding dan memiliki vakuola yang jumlahnya sedikit.

3. Dinding Sel

Dinding sel adalah bagian luar sel, yang terdiri dari dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Di dalam sel tumbuhan terdapat dinding sel yang berasal dari selulosa. Fungsi dinding sel pada tumbuhan memiliki fungsi untuk menunjang pertumbuhan sel tersebut. Sel tumbuhan keras karena memiliki zat kayu yang tersusun dari glukosa. Sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Lainnya

Sel hewan dan sel tumbuhan juga dibedakan menurut sentriol, vakuola dan plastid. Berikut pengertiannya:

1. Sentriol

Sel hewan dan sel tumbuhan juga dibedakan menurut sentriol. Sentriol adalah dua struktur berpasangan yang memiliki bentuk tabung, serta memiliki lubang tengah yang tersusun dari protein mikrotubulus. Di dalam sel hewan terdapat sentriol, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki sentriol. Karena sentriol berperan penting untuk mengatur pembelahan sel hewan. 

2. Vakuola

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang selanjtunya terdapat di dalam vakuola. Vakuola adalah organel sel dengan rongga berisi cairan yang ditemukan dalam sel hewan dan sel tumbuhan. Tetapi tidak semua hewan memiliki vakuola. Di dalam sel tumbuhan, vakuola memiliki ukuran yang lebih besar dan berjumlah banyak daripada sel hewan. 

3. Plastida

Di dalam sel tumbuhan terdapat plastid, yang merupakan tempat untuk fotosintesis. Plastida ini tidak terdapat pada hewan, karena plastid ini memiliki krolopas atau zat hijau yang hanya berfungsi untuk tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Terakhir

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang terakhir adalah pembentukan spindle, lisosom dan sitokinesis sel. Berikut penjelasannya:

1. Pembentukan Spindle

Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan melalui pembentukan spindle. Spindle memiliki fungsi sebagai penggerak kromosom pada saat pembelahan sel, yang memiliki bentuk seperti benang. Sel tumbuhan terbentuk secara anastral, yang pembentukannya tanpa adanya aster di kutub yang berlawanan. Sedangkan sel hewan terbentuk karena adanya amphiastral, yang pembentukannya menggunakan aster atau ester pada setiap kutub.

2. Lisosom

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dibedakan melalui lisosom. Lisosom adalah organel sel dengan bentuk kantong, yang memiliki fungsi sebagai sistem pencernaan intrasel. Di dalam sel tumbuhan tidak terdapat lisosom, karena di tumbuhan tidak memiliki sistem pencernaan. Sedangkan hewan memiliki sistem pencernaan, sehingga sel hewan memiliki lisosom yang mengandung sejumlah enzim untuk membantu proses pencernaan dalam hewan.

3. Sitokinesis Sel

Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang terakhir, dibedakan karena adanya sitokinesis sel yang merupakan salah satu bagian dari proses pembelahan sel. Sintokinesis sel pada tumbuhan akan membentuk lempeng mitosis. Sitokinesis sel dalam sel hewan membentuk furrowing.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading