Sukses

Lifestyle

Manfaat Daun Jarak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Daun jarak merupakan tumbuhan herbal, yang dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, termasuk buah, biji dan akarnya. Daun jarak berasal dari negara Meksiko dan Amerika bagian Selatan. 

Tanaman herbal yang satu ini belum terlalu populer di kalangan masyarakat, walaupun manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Daun herbal sangat aman untuk dikonsumsi sebagai obat alami, dan bisa dikonsumsi untuk waktu yang lama.

Daun jarak memiliki kandungan senyawa aktif yaitu alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol dan quercetin. Senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan antioksidan. Berikut manfaat daun jarak yang baik untuk kesehatan tubuh, dilansir dari berbagai sumber:

Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat daun jarak yang pertama adalah untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Daun jarak yang masih segar sangat aman untuk dikonsumsi. Sistem pencernaan yang lancar, bisa membantu mencegah BAB yang kurang lancar, dan membantu menghilangkan racun di dalam tubuh.

Sahabat Fimela hanya perlu mencuci bersih daun jarak yang masih segar, kemudian daun jarak harus dikukus untuk menghilangkan racunnya, dan kemudian daun jarak bisa dijadikan menu lalapan.

Menyembuhkan Rematik

Bagi yang memiliki sakit rematik dan asam urat, bisa disembuhkan dengan daun jarak. Karena daun jarak memiliki sifat anti inflamasi, yang baik untuk mengurangi peradangan.

Rematik merupakan penyakit yang menyerang sendi-sendi di dalam tubuh, sama seperti penyakit asam urat. Namun rematik merupakan penyakit yang sistem imun tubuh, menyerang sel-sel tubuhnya sendiri.

Daun jarak bisa direbus untuk membantu menyembuhkan rematik dan asam urat. Daun jarak bisa ditumbuk sampai halus. Kemudian beri sedikit air hangat pada saat menumbuk. Lalu daun jarak yang sudah ditumbuk, bisa dioleskan kebagian tubuh yang mengalami sakit rematik, lakukan hingga 3 kali sehari sampai sakit mereda.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat daun jarak yang selanjutnya adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Kadar gula darah di dalam tubuh yang terlalu tinggi, bisa menyebabkan penyakit diabetes yang komplikasi. Tubuh yang mengalami kondisi seperti ini, merupakan kondisi saat tubuh menggunakan lemak sebagai energi. 

Agar kondisi tidak semakin parah, maka konsumsilah daun jarak, untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Daun jarak bisa direbus, kemudian air rebusan daun jarak tersebut, bisa dikonsumsi setiap hari.

Menurunkan Demam Anak

Daun jarak juga bisa membantu dan bermanfaat untuk menyembuhkan demam pada anak. Demam terjadi ketika suhu badan meningkat menjadi 38°C atau lebih. Demam bisa disebabkan karena bakteri atau virus, yang menyerang sistem imun pada tubuh.

Demam pada anak bisa disembuhkan dengan menggunakan daun jarak. Cuci bersih 2 hingga 3 helai daun jarak. Lalu daun jarak diolesi dengan minyak kayu putih, dan panaskan daun jarak dengan api sekitar 2 menit, lalu letakkan daun jarak yang panas tersebut, ke bagian perut atau pungggung anak yang mengalami demam.

 

Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat daun jarak yang terakhir adalah membantu mencegah penyakit hati. Penyakit hati biasanya disebabkan karena galactosamine, yang bisa merusak bagian organ hati. Karena ekstrak daun jarak memiliki senyawa aktif, yang bersifat anti inflamasi dan berfungsi untuk menyembuhkan peradangan.

Untuk mencegah kerusakan hati, Sahabat Fimela bisa merebus beberapa helai daun jarak, kemudian minum air rebusan daun jarak tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading