Sukses

Lifestyle

3 Bahaya Kesehatan Pada Mata Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Saat Memakai Softlens

Fimela.com, Jakarta Softlens kini berpindah fungsi, tidak hanya menjadi alat bantu penglihatan mata tetapi juga menjadi aksesori untuk memperindah tampilan mata. Hal ini terjadi karena softlens kini terdiri dari berbagai macam varian motif dan warna yang akhirnya menarik perempuan untuk mengenakannya agar tampilan wajah menjadi lebih sempurna dan menawan.

Walaupun sudah bergeser fungsinya, keamanan penggunaannya tetap sama. Siapapun yang mengenakan softlens hendaknya juga menjaga kebersihan karena benda yang kamu tempelkan itu menempel pada mata, salah satu organ tubuh vital yang jika rusak tidak ada gantinya lagi. Pengobatan mata juga merupakan pengobatan terseram dan pastinya membuat ngilu karena yang rusak adalah bagia mata.

Maka dari itu, jangan pernah anggap remeh soal menjaga kebersihan saat menggunakan softlens. Alih-alih ingin bergaya menjadi cantik, justru matamu sendiri nanti yang menjadi korbannya. Kesehatan dan kebersihan mata penting sekali untuk kamu jaga agar matamu tetap aman dan kamu juga bisa bergaya dengan warna softlens yang memperindah mata.

Nah untuk itu, Fimela.com kali ini akan membagikan informasi 3 bahaya kesehatan pada mata akibat tidak menjaga kebersihan saat memakai softlens. Simak ulasan selengkapnya berikut ini agar kamu lebih dapat berhati-hati dan termotivasi untuk menjaga kebersihan diri, apalagi saat memutuskan ingin memakai softlens.

Mata Merah

Bahaya kesehatan pada mata akibat tidak menjaga kebersihan saat memakai softlens yang paling umum adalah mata menjadi gatal dan memerah. Hal ini terjadi karena kamu tidak tertib dalam memakai softlens, kamu mengenakannya untuk waktu yang lama. Itulah sebabnya matamu menjadi memerah.

Selain memerah, kamu juga akan merasa gatal karena bisa jadi kamu tidak sengaja mengarahkan tangan hingga menyentuh mata dan akhirnya matamu menjadi gatal. Seringkali seseorang yang mengalaminya menganggap ini adalah hal yang biasa padahal jika terus didiamkan dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang bergantung pada tipe konjungtivits yang diidap seseorang.

Bisa saja saat matamu memerah dan gatal terdapat bakteri masuk ke aliran darah dan meyerang jaringan tubuh dalam kasus konjungtivits infektif. Komplikasi tipe ini juga bisa menyebabkan infeksi teliga bagian tengan atau bahkan menginfeksi lapisan pelindung saraf tulang belakang otak. Jika kamu tidak ingin mengalaminya, jaga selalu kebersihan saat kamu memakai softlens.

Gangguan Serius Pada Kornea Mata

Kedua, bahaya kesehatan pada mata akibat tidak menjaga kebersihan saat memakai softlens selanjutnya adalah gangguan serius pada bagian korena mata. Bahaya yang satu ini cukup mengerikan karena bahaya softlens memang paling banyak mengintai bagian kornea dan terdapat juga di antaranya gangguan kornea yang cukup berhaya.

Bahaya softlens bagi kornea adalah seperti abrasi kornea atau tergoresnya kornea karena penggunaan softlens yang salah. Jika terdapat lecet atau abrasi pada korne mata, maka akan berpotensi untuk tumbuh kembang jamur, bakteri, maupun virus yang dapat menyebabkan ulkus dan infeksi kornea.

Jika sudah begitu, tentu saja pengobatannya sudah tidak bisa lagi dengan cara obat tetes mata. Kamu harus menjalani operasi dan serangkaian tindakan untuk mengobati bagian kornea mata yang tergores dan rusak. Sayangnya, operasi tersebut cukup mengerikan, kamu bisa saja tidak bisa dibius total saat operasi tersebut berlangsung.

Kebutaan

Terakhir, bahaya kesehatan pada mata akibat tidak menjaga kebersihan saat memakai softlens ialah kebutaan. Ini adalah bahaya yang paling final dan sangat mungkin terjadi bagi mereka yang benar-benar tidak tertib dan menjaga kebersihan saat menggunakan softlens.

Hal ini bisa terjadi jika infeksi yang terjadi terlambat untuk ditangani atau tidak mendapatkan penganganan yang tepat. Kebutaan karena softlens yang paling umum kasusnya terjadi karena penderita lalai dalam memakai softlens, mereka lupa melepasnya dan membiarkan softlens bertahan pada mata untuk waktu yang lama.

Banyak penjelasan dokter yang mengungkapkan, kebutaan permanen bisa disebabkan oleh kerusakan pada retina saraf mata kanan dan kiri. Jika sudah begini tidak ad acara lain untuk menolongnya, baik operasi ataupun donor mata. Sangat berbahaya, maka dari itu, jangan hanya memperhatikan aspek cantik luarnya saja, kamu juga harus tetap menjaga kebersihan mata agar terhindar dari bahaya-bahaya kesehatan yang telah dijelaskan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading