Sukses

Lifestyle

Cara Membentuk Otot Perut dan Dada bagi Perempuan secara Cepat dan Dapat Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Otot perut yang terbentuk dengan baik akan membuat kamu tampak ramping. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membentuk otot perut.

Cara membentuk otot perut tidak bisa dilakukan dengan bersantai, kamu harus konsisten menjalankan proses latihan serta menjaga pola makan demi mendukung pembentukan otot perut. Berikut adalah rekomendasi cara membentuk otot perut dan dada bagi perempuan secara cepat dan dapat dilakukan di rumah.

Cara Membentuk Otot Perut di Rumah

Sebagian orang mengidamkan otot perut yang terbentuk secara sempurna. Otot perut yang terbentuk dengan baik tidak diperoleh dengan cara instan, berikut akan kami bagikan tips cara membentuk otot perut yang bisa kamu lakukan di rumah.

Plank

Salah satu cara membentuk otot perut di rumah yakni dengan melakukan plank. Kamu bisa melakukan plank selama 1 menit dengan 3 kali pengulangan. Jika kamu bosan dengan gerakan plank yang biasa, kamu bisa juga mencoba side plank atau star plank.

Flutter kick

Lakukan flutter kick sebagai cara membentuk otot perut di rumah. Caranya yakni dengan berbaring lurus, lalu tempatkan kedua telapak tanganmu di bawah bokong. Angkat kedua kaki secara perlahan setinggi 10 cm, dan lakukan gerakan menendang selama beberapa saat. Turunkan kaki jika kamu merasa lelah.

Lakukan cara membentuk otot ini sebanyak 15 kali yang terbagi dalam 3 set. Ulangi setiap hari dengan menambah intesitas gerakan.

Leg raise

Berbeda dari flutter kick, leg raise tidak mengharuskan kamu melakukan tendangan. Leg raise bisa menjadi alternatif cara membentuk otot perut di rumah.

Berbaringlah telentang dan lurus, sisipkan tangan di bawah bokong. Kemudian angkat kaki tinggi-tinggi sampai bokongmu terangkat, lalu turunkan. Lakukan leg raise sebanyak 15 kali dalam 3 set, utnuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sit up

Alternatif cara membentuk otot perut di rumah yakni dengan melakukan sit up. Hal yang perlu kamu lakukan yakni dengan berbaring dan menempatkan tangan di belakang atau samping kepala, sedangkan kaki bisa kamu tekuk. Angkat tubuh bagian atas sekuat mungkin, namun jangan sampai kakimu ikut terangkat. Turunkan tubuhmu jika sudah berhasil melakukannya.

Ulangi gerakan ini beberapa kali dan kamu bisa menambahkan intensitas gerakannya setiap hari.

Cara Membentuk Otot Perut bagi Perempuan

Membentuk otot perut tidak hanya bisa dilakukan oleh pria, namun bisa juga dilakukan oleh perempuan. Yuk, simak cara membentuk otot perut bagi perempuan.

Berjalan cepat atau lari

Berjalan cepat merupakan salah satu cara membentuk otot perut bagi perempuan, yang tentu saja mudah dipraktikkan. Kegiatan ini efektif dalam membentuk dan menjaga massa otot. Lakukan kegiatan ini selama 15-30 menit secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Lakukan peningkatan waktu latihan di tiap minggunya.

Squat

Salah satu latihan terbaik yang bisa kamu aplikasikan sebagai cara membentuk otot perut bagi perempuan adalah dengan melakukan squat. Cara yang perlu kamu lakukan adalah seperti berikut:

  1. Berdirilah dengan kaki selebar bahu dan letakkan tangan lurus ke depan atau di belakang ke kepala
  2. Posisikan bokong ke belakang dan tekuk lutut, seperti akan duduk jongkok
  3. Pandangan lurus ke depan dan jaga agar dada dan punggung tetap dalam keadaan lurus
  4. Melompatlah ke udara dan mendaratlah pada posisi squat yang sama seperti sebelumnya
  5. Lakukan gerakan ini sebanyak 15-20 kali

Push up

Push up menjadi salah satu pilihan cara membentuk otot perut bagi perempuan. Bukan hanya push up biasa, namun kamu bisa juga melakukan weighted push up, plyometric push up, rotation push up dan archer push up.

Crunches

Cara membentuk otot perut bagi perempuan bisa juga dengan melakukan crunches. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Berbaringlah telentang dengan posisi lutut menekuk sehingga berbentuk sudut 90 derajat
  2. Letakkan tangan di kepala, jangan mengunci jari-jari ataupun mendorong kepala ke atas. Kamu juga bisa menyilangkan lengan di depan dada
  3. Angkat bahu menuju langit-langit menggunakan otot perut, lalu tahan dalam beberapa detik
  4. Kamu bisa menurunkan kembali badanmu dengan perlahan sambil mengambil napas.

Cara Membentuk Otot Perut dengan Cepat

Setiap orang menginginkan usahanya memberikan hasil yang cepat, begitu pula dengan usaha membentuk otot perut. Berikut akan kami berikan tips cara membentuk otot perut dengan cepat.

Latihan kardio

Salah satu cara membentuk otot perut dengan cepat yakni dengan melakukan latihan kardio. Latihan kardio sangat efektif menghilangkan lemak perut.

Untuk memperoleh hasil yang cepat, lakukan latihan kardio tiga sampai empat kali dalam seminggu dengan durasi waktu selama 20-40 menit. Kamu bisa mempraktikkannya dengan berenang maupun bersepeda.

Meningkatkan asupan protein

Menurut studi, meningkatkan asupan protein bisa memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot, serta membantu pemulihan otot; sehingga cukup efektif bila dijadikan sebagai cara membentuk otot perut dengan cepat. Asupan protein tinggi bisa kamu peroleh dari daging, unggas, telur, makanan laut, susu dan kacang-kacangan.

Latihan interval intensitas tinggi

Latihan interval intesitas tinggi bermanfaat untuk menjaga detak jantung dan meningkatkan pembakaran lemak, sehingga bisa kamu jadikan alternatif cara membentuk otot perut dengan cepat.

Lakukan latihan ini selama 20 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu, cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan ialah dengan jogging yang diselingi dengan sprint.

Mengurangi konsumsi junk food dan karbohidrat olahan

Mengurangi konsumsi junkfood dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak di perut, sedangkan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan akan membuat kamu tidak mudah lapar. Kedua metode ini bisa kamu jadikan alternatif pilihan cara membentuk otot perut dengan cepat.

Cara Membentuk Otot Perut dan Dada

Seringkali, saat membentuk otot perut kamu juga tergiur untuk membentuk otot dada. Berikut adalah rekomendasi cara membentuk otot perut dan dada secara bersamaan.

Pull up

Pull up bisa kamu jadikan salah satu cara membentuk otot perut dan dada. Saat melakukan pull up, beban tubuh akan ditumpukan ada otot tubuh bagian atas. Berikut adalah tahapan cara membentuk otot perut dan dada dengan cara pull up.

  1. Posisikan tubuh di bawah palang, kemudian genggam palang menggunakan kedua tangan
  2. Angkat tubuh secara perlahan sampai bahu sejajar dengan palang
  3. Tahan posisi tersebut dalam beberapa saat, lalu turunkan tubuh secara perlahan
  4. Lakukan pengulangan sebanyak 20 kali 3 set secara rutin.

Chair dips

Salah satu cara membentuk otot perut dan dada yakni dengan melakukan chair dips, latihan ini menggunakan media kursi atau benda lain yang dapat digunakan untuk menopang berat badan. Cara yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Posisikan tangan selebar bahu pada kursi
  2. Angkat badan secara perlahan menggunakan tangan
  3. Tekuklah lutut ke arah belakang, lalu turunkan tubuh secara perlahan
  4. Ulangi sebanyak 5 kali dan lakukan dalam 4 set.

 

Demikianlah beberapa cara membentuk otot perut yang bisa kamu praktikkan. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading