Sukses

Lifestyle

5 Tips Membuat Kacang Telur Kriuk Renyah

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat kacang telur yang renyah untuk disajikan saat hari raya lebaran? Kacang tanah dengan lapisan telur dan tepung tipis ini juga bisa jadi camilan favorit karena rasanya yang gurih. Untuk membuatnya sebenarnya cukup mudah, tapi kalau ingin hasilnya lebih kriuk dan renyah ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan.

Kacang telur bisa jadi pendamping untuk aneka kue kering yang kita buat untuk lebaran. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dicoba untuk membuat kacang telur yang renyah dan kriuk. 

1. Gunakan Kacang Tanah Kupas yang Disangrai Sebentar

Pernah makan kacang telur yang rasanya pahit? Salah satu penyebabnya adalah karena kulit ari kacang yang tidak dibuang. Untuk membua kacang telur yang renyahnya maksimal dan tidak pahit, disarankan menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas. Selain itu, kacang perlu disangrai sampai aroma khasnya keluar. Baru setelah itu, kacang sangrai yang sudah diangin-anginkan bisa digunakan untuk bahan kacang telur.

2. Bumbui Kacang secara Merata

Bawang putih, garam, dan gula yang dihaluskan bisa jadi bumbu dasar untuk kacang. Kacang yang sudah disangrai bisa dilumuri dengan bumbu tersebut sampai merata. Kita juga bisa menggunakan tambahan margarin pada bumbu untuk meningkatkan cita rasa gurihnya.

3. Pakai Rasio 4:1 untuk Tepung Terigu dan Tepung Tapioka

Bila kita menggunakan campurang tepung terigu dan tepung tapioka, disarankan dengan rasio 4:1. Dengan kombinasi kedua tepung tersebut kita bisa menghasilkan kacang telur dengan tepung yang kriuk.

4. Lapisi Kacang dengan Balutan Tepung Tipis-Tipis

Masukkan kacang ke dalam adonan tepung, aduk-aduk dengan menggunakan tangan. Cukup balut kacang dengan adonan tepung tipis-tipis asalkan merata. Sehingga nantinya ketika digoreng hasilnya bisa renyah dan cepat matang.

5. Gunakan Banyak Minyak

Disarankan agar kacang kacang benar-benar terendam dalam minyak saat digoreng. Jadi, gunakan banyak minyak ya. Saat digoreng gunakan api kecil saja supaya kacang tidak gosong. Goreng kacang sampai berubah warna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu untuk menghasilkan kacang telur yang gurih dan renyah ya. Semangat menyambut lebaran dengan sajian bikinan sendiri.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading