Sukses

Lifestyle

4 Alasan Kenapa Pendidikan Sangat Penting Bagi Perempuan

Fimela.com, Jakarta "Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu-ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerda." - Dian Sastrowardoyo-

Itulah kutipan kata mutiara dari seorang aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Mengenai kata mutiaranya, tentu kita setuju ya Sahabat Fimela. Entah nantinya kita berkarir atau menjadi ibu tangga, penting bagi untuk memiliki pendidikan tinggi atau setidaknya pendidikan yang lebih baik. Di Hari Pendidikan Nasional ini, kita harus berpikir lebih kritis bahwa pendidikan bagi perempuan adalah suatu hal yang sangat penting.

Lebih dari sekedar sanjungan dan tittle,pendidikan khususnya untuk kaum perempuan adalah modal awal untuk memberdayakan dan memajukan bangsa. Melansir dari laman Borgenproject.org, inilah alasan kenapa pendidikan sangat penting bagi perempuan.

Menghindari Human Trafficking

Menghindari Human Trafficking

Alasan pertama adalah untuk menghindari human trafficking atau perdagangan manusia. Menurut data dari PBB, perempuan adalah pihak yang rentan diperjual belikan. Menyedihkannya lagi, perempuan yang berpendidikan rendah atau tidak pernah mengenyam dunia pendidikan menjadi korban utama dalam human trafficking ini.

Safe Seks

Pendidikan sangat penting bagi perempuan untuk mencegah beragam risiko kesehatan terkait seks atau hubungan intim. Perempuan dengan tingkat pendidikan tinggi diharapkan lebih cerdas dan hati-hati dalam berhubungan intim. Perempuan dengan tingkat pendidikan tinggi diharapkan bisa membantunya mencegah penyebaran HIV atau penyakit menular seksual lainnya.

Ibu Berpendidikan Melahirkan Anak yang Cerdas

Mengurangi Angka Kemiskinan

Pendidikan yang memadahi bagi perempuan maupun pria akan membantu mengurangi angka kemiskinan dalam suatu negara. Pendidikan yang memadahi juga akan membantu siapapun mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Perempuan yang berpendidikan dan cerdas juga akan lebih pandai mengelola keuangannya maupun keuangan di keluarganya.

Ibu Berpendidikan Melahirkan Anak yang Cerdas

Beberapa penelitian menyebutkan jika ibu berpendidikan akan melahirkan anak-anak yang cerdas. Penelitian juga menyebutkan jika ibu berpendidikan akan menurunkan angkat kematian pada anak atau bayi. Ibu berpendidikan juga akan membentuk anak-anak menjadi pribadi yang lebih berpendidikan, mengesankan dan mengagumkan di dunia akademis maupun non akademis.

Itulah beberapa alasan pentingnya pendidikan bagi perempuan. Selagi masih ada kesempatan, gapailah pendidikanmu setinggi mungkin. Pendidikan tak hanya bisa didapatkan di sekolah tetapi di banyak tempat di sekitarmu. Pengalaman tidak jarang menjadi pendidikan terbaik bagi setiap orang. Selamat Hari Pendidikan Nasional, gapailah pendidikan terbaikmu dan berikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati kita.

Simak Juga Video Berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading