Sukses

Lifestyle

7 Tanda Orang Merasa Iri dan Dengki dengan Kehidupanmu

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup ini, kita bisa saja bertemu dengan banyak orang dengan beragam kepribadian, tidak terkecuali bertemu dengan seseorang yang iri dan dengki kepadamu. Tentu kita tak akan bisa mencegah hal itu terjadi karena perasaan setiap orang berada di luar batas kendali kita.

Bisa jadi perasaan itu dipicu oleh kecemburuan akan pencapaian, keberhasilan, penampilan atau hal-hal sepele seperti kemudahan dalam menjalani hidup. Bahkan tidak perlu menjadi kaya raya dan terkenal agar orang lain iri. Kamu bisa saja pintar, memiliki pasangan yang penuh cinta, atau sekadar berbahagia agar seseorang bisa merasa iri. Terkadang sekadar bersikap positif bisa membuat seseorang iri.

Namun kita bisa paling tidak mengenali siapa saja orang yang merasa iri dan dengki kepada kita sehingga bisa lebih berhati-hati menyikapinya. Ini beberapa pertanda seseorang merasa iri dengki kepada kita.

1. Pujian dan sanjungan palsu

Orang yang iri denganmu bisa menunjukkan berbagai macam sikap, salah satunya adalah berpura-pura baik dengan memuji dan menyanjung tapi tidak tulus. Tujuannya adalah memberi tahu orang-orang bahwa dia sebenarnya tidak iri kepadamu. Jadi cara terbaik menyembunyikan kecemburuannya adalah dengan bersikap suportif dan memberikan basa-basi palsu kepadamu. Tapi sebenarnya kamu bisa melihat dari tatapan mata mereka untuk tahu ketulusannya.

2. Bermuka dua kepadamu

Orang-orang yang iri dan dengki kepadamu akan mudah mengkhinatimu. Ia akan berpura-pura bersikap baik di depanmu, tapi buruk di belakangmu. Ia bisa saja menjelek-jelekkanmu di depan orang lain tanpa kamu ketahui, menyebar rumor tidak benar bahkan menciptakan gosip yang akan membuat namamu buruk di mata orang lain. Tapi ketika bertemu tatap muka denganmu ia akan melempar senyum dan menanyakan kabarmu seakan tidak terjadi apa pun.

3. Meremehkan pencapaianmu

Kecemburuan seseorang bisa memengaruhi tingkat security dalam diri mereka. Ketika melihat keberhasilan seseorang, mereka akan mencoba mencari kesalahan dan perbandingan yang lebih baik daripada pecapaianmu. Bahkan mereka akan mengkritik pencapaianmu dari sisi mana pun. Ketika itu terjadi, mereka ingin membuat diri mereka merasa lebih baik sekaligus menghancurkan kesenanganmu. Mereka menolak mengakui bahwa sebenarnya kamu lebih baik dari mereka.

4. Melebih-lebihkan pencapaiannya

Sebaliknya, ketika mereka sukses, kamu akan melihat bagaimana sikapnya begitu berlebihan. Ia akan mencoba pamer ke semua orang bahwa prestasinya begitu mengagumkan. Saat kamu menikmati pencapaianmu dalam keheningan yang rendah hati, orang yang iri dan dengki mencoba membuat dirinya merasa lebih baik dengan mengecilkan pencapaianmu. Jangan heran pula jika mereka memuji diri sendiri, karena tanda utama seseorang iri padamu adalah ketika mereka memuji dirinya sendiri secara berlebihan.

5. Sengaja memberi nasehat menyesatkan

Jangan tertipu dengan saran atau nasehatnya seolah-olah ia sangat peduli dan perhatian padamu. Bagi kamu yang tidak pandai menilai seseorang, perlu diingat bahwa percaya pada seseorang secukupnya saja, jangan terlalu mengumbar masalah pribadi atau menceritakan aib, kamu tak akan tahu kapan itu akan menjadi belati untuk dirimu sendiri. Termasuk ketika kamu sudah menganggap ia teman baikmu ternyata ia masalah memberi nasehat menyesatkan karena mereka tidak ingin kamu lebih sukses.

6. Mencoba menirumu

Hal lucu yang sering dilakukan orang iri dan dengki denganmu adalah mereka mencoba menirumu. Itu karena mereka menginginkan apa yang kamu miliki. Ia akan berusaha melakukan apa yang kamu lakukan, jika bisa ia lebih ahli darimu, dengan begitu ia merasa lebih unggul darimu. Bahkan jika mereka tak suka hal-hal yang mereka tiru, tapi untuk menyaingimu, mereka akan berusaha keras mengikuti apa yang kamu lakukan.

7. Merayakan kegagalanmu

Hal yang paling menyakitkan dari orang yang membenci dan iri denganmu adalah mereka merayakan kegagalanmu. Ia bahagia di atas penderitaanmu. Mungkin mereka akan dengan sengaja menghubungimu dan menenangkanmu, ikutan sedih atas kegagalanmu. Tapi di balik semua itu ia tersenyum senang dan suasana hatinya menjadi lebih baik. Jangan tertipu dengan penghiburan palsu yang mereka berikan. Akan lebih baik jika mereka terus terang tidak berpura-pura baik padamu.

Itu dia sekian pertanda seseorang iri dan dengki padamu, Sahabat Fimela. Tentu kita tak bisa menilai seseorang secara sekilas dan mencurigai kebaikan setiap orang, tapi kamu perlu belajar bahwa tidak semua orang akan merayakan keberjasilan denganmu, melainkan sebaliknya.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading