Sukses

Lifestyle

5 Tanda Orang Iri dan Dengki dengan Kamu

Fimela.com, Jakarta Iri dan dengki merupakan sebuah perasaan yang terbentuk akibat seorang individu tidak memiliki kualitas superior, prestasi, atau kepemilikan. Terkadang orang-orang yang memiliki perasaan ini merasa kalau orang lain tidak seharusnya mendapatkan kesempatan itu dan berharap kalau apa yang terjadi dengan orang lain seharusnya dia yang miliki atau rasakan.

Jika seseorang merasa iri dan dengki yang tinggi, orang tersebut akan merasakan berbagai macam permasalahan mental, seperti gangguan kecemasan, kurang percaya diri, dan memiliki permasalah sabotase diri secara emosional. Bahkan jika rasa iri dan dengki tinggi, seseorang akan melakukan berbagai macam tindakan yang di luar pemikiran akal sehat. Beberapa perilaku di luar akar pemikiran sehat adalah melukai diri, melukai orang lain secara diam-diam, bahkan sampai membunuh orang tersebut. Dilansir oleh Psychcentral.com, mengungkapkan ada satu kasus dari Illinois, USA yang dibunuh karena temannya merasa iri dan dengki.

Apalagi sekarang ini kita tinggal di dunia di mana bersosialisasi atau membangun hubungan dengan orang baru merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Saat melakukan interaksi tersebut pastinya kita akan bertemu dengan orang yang memiliki intensi buruk dengan diri kita, yaitu iri dan dengki. Dimana jika dibiarkan begitu saja, perasaan ini dapat menimbulkan banyak sekali dampak negatif untuk diri kita maupun orang lain.

Maka dari itu, kita harus hati-hati dengan orang di sekeliling kita. Terkadang merasa iri dan dengki bukanlah tindakan yang baik. Demi menghindari tindakan buruk terjadi kepada diri kita, berikut adalah tanda-tanda orang memiliki rasa iri dan dengki menurut Minimalismmadesimple.com.

Selalu membanding-bandingkan

Orang yang iri dan dengki dengan dirimu akan melakukan berbagai macam tindakan agar kamu bisa merasakan kalau kamu tidak berhak mendapatkan sesuatu. Bahkan orang tersebut akan berhenti memandang apa yang sudah orang tersebut capai dan lebih memfokuskan apa yang telah kamu capai. 

Di titik itu mereka akan mencari kesalahan atau kelalaian yang mereka buat dan membandingkannya dengan pencapaian kau. Dimana mereka akan membuat seolah-olah jika dia tidak melakukan kesalahan itu mereka akan bisa lebih baik. Jadi intinya mereka akan membuatmu terlihat kalau kamu tidak berhak, tetapi tidak buka-bukaan. 

Selalu memotong pembicaraan

Siapa sih yang tidak suka bercerita tentang dirinya sendiri. Orang yang iri dan dengki dengan dirimu tidak akan suka mendengar kamu cerita tentang dirimu dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan. Mereka pastinya akan memotong pembicaraanmu dan mencoba mengalihkan pembicaraan agar kamu berhenti bicara tentang dirimu dan mulai berbicara tentang topik yang ingin dia bahas. Mereka tidak akan membiarkanmu sesuai dengan cerita tersebut. 

Selalu meremehkan kamu dengan pujian

Orang yang memiliki rasa iri dan dengki dengan dirimu akan melakukan berbagai macam cara untuk membuatmu merasa rendah. Mereka akan melakukan tindakan ini agar mereka bisa merasa kalau diri mereka lebih baik dan pada dirimu. Biasanya orang iri dan dengki akan memberikanmu pujian, tetapi pujian tersebut adalah pujian yang tidak membangun atau pujian negatif.

intinya mereka akan memuji tetapi akan merendah kamu tanpa kamu Sadari. Bahkan mereka yang iri akan mencoba membuatmu percaya kalau orang lain yang memujimu secara tulus sebenarnya tidak memberikan pujian yang tulus, singkatnya mereka akan memutar balikkan fakta.

Terlalu posesif

Orang yang iri denganmu, apalagi mereka adalah sahabatmu biasanya akan melihat dunia dan persahabatan dalam kacamata hitam putih. Ada 2 kemungkinan, mereka akan 100% selalu bersamamu atau yang tidak, tetapi biasanya orang yang dengki dengan kita adalah bagian dari orang terdekat. Mereka akan selalu posesif, sampai kehidupanmu juga akan diatur-atur. 

Bahkan cara kamu bersikap, berpakaian, berbicara, dan lain-lain akan mereka kontrol. Artinya orang yang akan melakukan berbagai macam cara untuk membuat mu tergantung dengan dia dan tidak bisa lepas dengan dirinya. 

Selalu meremehkan pencapaianmu

Dalam menjalani kehidupan pasti setiap orang akan merasakan sebuah pencapaian. Namun, orang yang iri dan benci dengan dirimu akan mengucap sembilan apa pencapaian yang mereka dapatkan dan selalu iri dengan pencapaian yang kamu dapatkan atau keuntungan yang kamu biasakan selama kamu menjalankan hidup. 

Segala macam pencapaian kecil atau besar yang kamu dapatkan dalam kehidupan mereka mereka akan selalu meremehkan pencapaian tersebut. 

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading