Sukses

Lifestyle

5 Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Lebih Cepat Mengalami Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Hampir semua orang tentu ingin terlihat awet muda meski usia telah tua. Namun, ada banyak usaha yang bisa kamu lakukan untuk terlihat awet muda, misalnya memulai melakukan pola hidup sehat, melakukan perawatan diri dan lainnya.

Namun, tak jarang juga kita menjumpai sejumlah orang yang malas bahkan kerap melakukan kebiasaan buruk dalam melakukan perawatan tubuh terutama kulit yang oada akhirnya menyebabkan mereka terlihat tua jauh dari usia yang sebenarnya.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuatmu mengalami penuaan dini. Seperti pola hidup yang tidak sehat, kurangnya asupan makanan dan sulitnya untuk mengelola stres dapat menjadi penyebab penuaan dini. Nah, apa saja kebiasaan buruk yang bisa membuatmu mengalami penuaan dini lebih cepat? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terlalu Sering Terpapar Matahari

Matahari memang memberikan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang kita. Namun, terlalu sering terpapar sinar UV matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan kerutan serta flek hitam. Pastikan selalu menggunakan tabir surya sebelum keluar rumah, dan hindari paparan sinar matahari yang berlebihan terutama saat siang hari.

2. Merokok

Baik perokok pasif aatau aktif, sebaiknya berhenti merokok dan menghindari asap rokok menjadi langkah penting untuk menjaga kulit tetap muda. Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak kolagen kulit, menyebabkan penuaan dini, dan meningkatkan risiko keriput. Selain itu, merokok juga merusak kesehatan secara keseluruhan.

3. Pola Makan Tidak Sehat

Konsumsi makanan tinggi gula dan lemak jenuh dapat merusak elastisitas kulit dan menyebabkan jerawat. Makanan tinggi gula juga dapat menyebabkan proses yang disebut glikasi, yang dapat merusak kolagen dan membuat kulit terlihat kusam. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang, banyak sayuran, buah-buahan, dan protein sehat.

4. Stres Berkepanjangan

Stres kronis dapat meningkatkan produksi hormon stres, seperti kortisol, yang dapat merusak kolagen kulit dan menyebabkan keriput. Cobalah teknik-teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau berolahraga secara teratur untuk mengurangi stres. Selain itu, pastikan kamu tidur cukup untuk memulihkan diri dari stres sehari-hari.

5. Kurangnya Tidur

Tidur adalah waktu ketika tubuh kita melakukan perbaikan dan regenerasi sel-sel kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit terlihat pucat, mata bengkak, dan dark circle di bawah mata. Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam setiap malam.

Menjaga penampilan awet muda bukan hanya tentang merawat kulit secara eksternal, tetapi juga menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan kulit dari dalam. Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan di atas dan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, kamu dapat menjaga penampilan awet muda dan merasa lebih baik dalam kulitmu.

Ingatlah, bahwa setiap usia memiliki keindahannya sendiri, dan merawat diri sendiri adalah cara terbaik untuk merayakan setiap tahap kehidupan dengan percaya diri. Semoga artikel ini membantu kamu menjaga kulit dan penampilan yang cantik selamanya! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading