Sukses

Lifestyle

Tips Bersihkan Karat Pada Peralatan Dapur Berbahan Besi di Rumah

Fimela.com, Jakarta Baik peralatan berkebun atau peralatan memasak di dapur, serta benda lain yang berbahan besi sangatlah mudah berkarat. Apalagi jika mereka terkena kontaminasi-kontaminasi tertentu. Mengenal serta memahami cara untuk mengangkat karat dapat membuat peralatan-peralatan tersebut dapat digunakan dengan baik, tahan lama, serta terlihat mengkilap. Untungnya pengangkat karat saat ini sudah banyak dan tersedia. “Sehingga kita tidak perlu khawatir akan kerepotan dengan masalah karat yang ada karena banyaknya langkah untuk membersihkan peralatan dapur berkarat.” ujar Jamie Penney, ahli peralatan rumah dan CEO The Backyard Pros. 

Layaknya peralatan dengan bahan kuningan, pengangkat karat dengan bahan kimia dapat dijumpai di toko manapun. Meskipun begitu, bahan-bahan berikut ini sangatlah mudah ditemukan di rumah sekalipun. Bahan-bahan seperti baking soda, perasan lemon, cuka, bahkan cola itu sendiri bisa membersihkan peralatan dari karat. 

Bagaimana cara membersihkan karat pada peralatan dapur serta cara menghindari adanya karat pada peralatan dapur? Berikut tips dari ahli yang dikemas informasinya dari Ad It Yourself yang bisa kamu ikuti secara mudah. 

Mengapa peralatan besi mudah berkarat dan bagaimana cara agar terhindar dari karat membandel?

Beberapa jenis metal yang sering digunakan dapat terkikis sehingga menyebabkan munculnya warna kemerahan dengan bau yang khas yang disebut dengan karat. Tidak hanya itu, proses besi berkarat ini juga disebabkan karena kontak antara besi yang bertemu dengan cairan seperti air, dan oksigen. Karat yang sudah mengering lama akan sulit untuk dibersihkan sehingga harus memakan waktu yang lama untuk menghilangkannya.

Untuk menghindari peralatan berbahan besi agar tidak terkena karat hindari menaruh peralatan di dekat tempat yang lembab dan berair. Peralatan dapur juga harus segera dikeringkan setelah digunakan agar tidak terlalu lama kontak dengan air. Simpan peralatan pada penyimpanan yang benar-benar kering dan kelembaban yang rendah sehingga kamu tidak harus membersihkan karat dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat menggunakan cairan pelindung antikarat pada peralatan dapurmu. Misalnya pada pisau dapur dapat kamu tuang sedikit cairan dan aplikasikan secara merata. Kamu juga bisa mengoleskan cairan pelindung tersebut sebanyak 2-3 kali/ setiap tahunnya. Namun jika kamu lebih memilih bahan-bahan yang lebih aman, berikut rekomendasi bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan karat pada peralatan dapurmu.

Cara membersihkan karat pada peralatan dapur dengan bahan yang mudah didapatkan

1) Bersihkan karat membandel dengan cuka putih

Cuka putih memang terkenal akan kegunaannya dalam peralatan rumah tangga, ternyata cuka juga dapat membantu untuk membersihkan karat pada peralatan dapur sekalipun. “Cuka putih menjadi salah satu bahan yang mudah ditemukan.” kata Steve Elliott, pemilik perusahaan yang bergerak dibidang pemeliharaan kerusakan akibat air bernama Restoration. “Kamu tinggal masukkan saja peralatan dapur yang berkarat pada sebuah wadah yang sudah diberikan rendaman cuka putih. Diamkan selama 24 jam untuk hasil yang maksimal.” tambahnya. 

Setelah direndam semalaman bisa keluarkan dan gunakan kuas untuk mengangkat sisa-sisa karat yang masih menempel. Jika masih belum hilang bisa ulang kembali proses perendaman dengan waktu yang lebih lama dan kuas kembali. Setelah seluruh karat menghilang, bilas peralatan dapur dan keringkan. Peralatan dapur yang berkilau serta tanpa karat siap kembali untuk digunakan. 

2) Bersihkan karat membandel dengan soda kue 

Soda kue juga bagus untuk membersihkan peralatan dapur berbahan besi seperti pisau. Untuk menggunakannya kamu bisa campurkan soda kue bersama dengan air sampai membentuk tekstur pasta. Setelah itu gunakan tangan atau sikat gigi untuk mengoleskan soda kue ke peralatan dapur yang ingin kamu bersihkan. Pastikan juga sudah dioleskan secara merata dan tertutup. Biarkan campuran soda kue tadi menempel selama beberapa jam. Kemudian gunakan kain berbahan wool atau kuas untuk mengangkat serta membersihkan karat. Cuci bersih dan keringkan. Peralatan dapurmu bisa kamu gunakan kembali.

3) Bersihkan karat membandel dengan lemon dan garam 

Kedengarannya malah seperti komposisi membuat salad, terdengar aneh namun ini juga cara efektif untuk bersihkan karat yang menempel. Ketika lemon dikombinasikan dengan garam khususnya garam kosher akan menciptakan peralatan dapur menjadi kinclong kembali. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu lapisi peralatan dapur yang berkarat dengan garam kemudian peras lemon di atas peralatan yang sudah terlapis dengan garam tadi. Biarkan campuran keduanya menyatu selama 2 jam kemudian gunakan sisa-sisa lemon untuk mengangkat karat yang menempel. Jika masih ada, kamu bisa gunakan kain atau kuas untuk mengangkatnya. Kemudian cuci bersih dan keringkan.

4) Membersihkan karat dengan sabun cuci piring dan kentang

Terdengar aneh tapi kamu tidak salah baca. Kentang juga bisa membantu atasi karat membandel. Kentang mengandung asam oksalat yang dapat membersihkan karat. Caranya potong kentang menjadi 2 bagian kemudian lapisi seluruh bagian kentang dengan sabun cuci piring dan taburkan garam atau baking soda jika punya. Garam dan baking soda tadi akan berperan sebagai bahan penggosok untuk mengangkat dan membersihkan karat. Gosokan permukaan berkarat dengan kentang tadi hingga karat menghilang, cuci bersih dan keringkan. 

5) Bersihkan karat dengan asam sitrat 

Terakhir kamu bisa membersihkan peralatan dapur berkarat dengan asam sitrat. Asam sitrat mudah ditemukan di mana saja. Meskipun begitu, asam sitrat ini tidak direkomendasikan untuk peralatan dapur yang memiliki tekstur tertentu karena dapat merusak tekstur tersebut.

Untuk menggunakannya, kamu bisa tuang 3 sendok teh asam sitrat ke dalam wadah atau mangkuk yang terisi dengan air hangat kemudian masukkan peralatan dapur yang berkarat dan biarkan semalaman. Setelah semalaman, kamu bisa sikat atau gosok permukaan yang berkarat tersebut hingga karatnya menghilang, kemudian cuci bersih, dan keringkan. 

Penulis: Tisha Sekar Aji

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading